10 Kegiatan Seru yang Bisa Dolaners Lakukan Di Kepulauan Derawan Akan Membuatmu Menikmati Hidup yang Sesungguhnya

Kepulauan Derawan, mungkin ketika mendengar namanya sebagaian dari kamu masih samar samar sedikit asing ya. Kepulauan Derawan merupakan salah satu pariwisata yang dimiliki oleh Kalimantan Timur, letaknya berada di Kabupaten Berau. Untuk bisa sampai Dolaners harus menggunakan jasa speed boat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebagai sebuah kepulauan, Derawan sendiri memiliki 4 pulau yang cukup terkenal yakni Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki. Keempat pulau tersebut memiliki keistimewaan dan keunikan masing masing. Beragam kegiatan yang sangat menyenangkan bisa Dolaners lakukan selama berada di Kepulauan Derawan ini. Baik untuk kamu yang datang bersama para sahabat, bersama pasangan, maupun yang datang sendiri karena bernasib jomblo (hehe). Apa aja kegiatan seru tersebut? Yuk mari kita lakukan satu per satu.

1. Buat kamu yang jago menyelam, diving bersama kawanan penyu di Pulau Derawan adalah hal pertama yang wajib dilakukan!

Pulau Derawan Diving Pulau Derawan Diving - Dolan Dolen

Pulau Derawan Diving via ngulon.com

Salah satu keistimewaan yang dimiliki Kepulauan Derawan adalah banyaknya spesies penyu yang mendiami kawasan ini. Hal ini lah yang menjadikan Kepulauan Dewaran dinobatkan menjadi ekosistem penyu terbesar di Indonesia. Salah satu tempat favorite penyu penyu tersebut nya adalah di Pulau Derawan. Ketika berada di Pulau Derawan, Dolaners tak perlu repot repot menunggu saat yang pas agar bsa melihat kemunculan penyu, sebab Dolaners dapat dengan mudah menemukan banyak penyu yang berkeliaran di Pulau Derawan ini. Bahkan saat arus air sedang aman, Dolaners bisa menceburkan diri ke beningnya laut sembari berenang bersama penyu penyu menggemaskan tersebut. Tenang, Dolaners yang perlu repot repot membawa tabung oksigen sendiri dari rumah, karena di sekitar Kepulauan Derawan ini telah banyak penyewaan alat alat diving yang lengkap. Gimana sudah gak sabar menyelam bersama penyu yang unyu? Jika banyaknya penyu di Pulau Derawan dirasa kurang menantang, Dolaners juga bisa loh mencoba menyelam di Pulau Sangalaki yang memiliki jumlah penyu lebih banyak. Disana juga ada penangkaran penyu yang dilindungi.

 

2. Snorkeling adalah pilihan tepat bagi kamu yang tak bisa berenang, namun tetap ingin menikmati keindahan bawah laut perairan Derawan

Pulau Derawan Snorkeling Pulau Derawan Snorkeling - Dolan Dolen

Pulau Derawan Snorkeling via agushoe.wordpress.com

Jika diving merupakan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh kamu yang jago berenang, terus yang gak bisa berenang berarti gak bisa menikmati keindahan Kepulauan Derawan dari bawah air dong? Tenang, Dolaners yang belum bisa berenang atau yang sudah bisa namun belum berani untuk menyelan, Dolaners tetap bisa kok menikmati keanekaragaman biota laut di Kepulauan Derawan. Caranya adalah dengan bersnorkeling. Setiap sudut di Kepulauan Derawan ini memiliki keindahan bawah laut dengan keistmewaan masing masing. Jika ingin melihat bagaimana bentuk kepiting kelapa, Dolaners bisa pergi ke dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan bulan tertentu dapat Dolaners lihat di sekitar Pulau Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Dan untuk spesies duyung, mereka berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama. Yang unik adalah kuda laut kerdil yang dapat Dolaners temukan di sekitar Pulau Semama dan Derawan. Hal inilah yang menjadikan kepulauan ini memiliki banyak spot favorite untuk snorkeling. Dikabarkan ada hampir 28 titik spot favorite yang ada di Kepulauan Derawan ini.

 

3. Bercengkrama dengan ratusan ubur-ubur tak menyengat di danau Kakaban, menjadikan liburanmu tak terlupakan

Ubur-Ubur Pulau Kakaban Derawan Ubur Ubur Pulau Kakaban Derawan - Dolan Dolen

Ubur-Ubur Pulau Kakaban Derawan via beritadaerah.co.id

Kalau bukan di Pulau Kakaban, dimana lagi Dolaners bisa menemukan sebuah danau raksasa dengan banyak ubur ubur yang hidup di dalamnya. Di salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan ini terdapat sebuah danau yang juga namanya diambil dari pulau tersebut, Danau Kakaban. Di danau ini Dolaners bisa menemukan beragam jenis spesies ubur ubur. Dikabarkan bahwa danau Kakaban termasuk danau ubur ubur raksasa dengan spesies yang paling bergama di dunia. Disini juga ada empat spesies unik ubur-ubur langkah yang jarang sekali bisa Dolaners temukan di tempat lain, yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Hal ini lah yang menjadikan Pulau Kakaban sedang dipertimbangkan untuk menjadi nominasi situs warisan dunia. Uniknya lagi di danau Kakaban ini Dolaners bisa menyentuh dan bermain bersama mereka tanpa perlu takut tersengat. Gimana ingin mencoba berenang bersama ubur ubur? Dijamin deh kamu bakal ogah buat pulang.

 

4. Menyaksikan rombongan ikan pari manta raksasa mencari makan di sekitar permukaan perairan Derawan akan menjadi pengalaman berkesan untukmu

Ikan Pari Manta Pulau Derawan Ikan Pari Manta Pulau Derawan - Dolan Dolen

Ikan Pari Manta Pulau Derawan via almamyfashion.wordpress.com

Di perairan Derawan ini memang menjadi habitat favorite bagi banyak spesies hewan laut. Mulai dari yang sering Dolaners jumpai hingga yang jarang bahkan tidak pernah Dolaners tahu sebelumnya. Salah satu spesies yang mendiami perairan Derawan akan ikan pari manta yang ukurannya tidak kecil. Ikan ikan tersebut hidup berkelompok. Beberapa hari dalam seminggu mereka kerap mucul di sekitar permukaan perairan untuk mencari makan. Tak kunjung kunjung dalam sekali datang, satu rombongan ikan pari manta bisa terdiri dari 50 ekor. Wah… banyak sekali bukan? Dari kejauhan semari duduk duduk di tepi pantai tentu Dolaners bisa menyaksikan kerumunana ikan raksasa tersebut yang sedang hilir mudik muncul di sekitar permukaan. Gimana udah pernah memiliki pengalaman tersebut sebelumnya?

 

5. Menanti sunset tiba di Kepulauan Derawan adalah hal yang tak pernah sia sia, kecantikannya menjadikan kamu melupakan suasana sepinya hati

Sunset Pulau Derawan Sunset Pulau Derawan - Dolan Dolen

Sunset Pulau Derawan via awaluddintahir.wordpress.com

Berlibur ke Kepulauan Derawan tak harus bersama dengan pasangan, Dolaners juga bisa kok menikmati alam cantik ini dengan para sahabat atau bahkan juga bisa kok dateng ke sini sendirian. Setelah lelah seharian beraktivitan seru di tempat wisata yang eksotis ini, luangkanlah waktu untuk menikmati senja di salah satu pulau yang ada disini. Menantikan matahari tenggelam di tempat ini dijamin tak akan sia sia. Ketika sinar orange kemerahan mulai muncul diikuti dengan sang mentari yang sedikit demi sedikit akan kembali ke peraduannya menjadi moment indah tersendiri dimana keindahannya akan menjadikan Dolaners seolah melupakan suasana hati yang sedang sepi. Satu yang pasti, jangan lupa untuk mengabadikan moment cantik tersebut ya. Ini sebagai bukti bahwa kamu pernah menikmati keindahan senja di sebuah pulau cantik yang ada di sebelah timur Borneo. Gimana pingin banget kan menikmati keromantisan ini di Kepulauan Derawan?

 

6. Kamu termasuk pecinta fotografi? Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan fenomena badai petir yang langkah di Kepulauan ini ya!

Badai Petir Pulau Derawan Badai Petir Pulau Derawan - Dolan Dolen

Badai Petir Pulau Derawan via hipwee.com

Kegiatan yang satu ini sedikit agak ekstrim ya, butuh nyali dan keberanian untuk melakukannya. Namun jangan salah, bagi Dolaners yang cinta banget sama fotografer moment yang satu ini harusnya tak dilewatkan begitu saja. Memang sih sangat menantang dan butuh waktu stay beberapa hari di lokasi Derawan untuk menunggu moment tersebut datang. Ya, moment dimana fenomena badai petir terjadi di langit Kepulauan ini. Cobalah mengabadikan fenomena langkah tersebut saat malam hari. Spot pengambilan gambar yang paling baik adalah dari dermaga penginapan. Di sana Dolaners bisa duduk duduk santai terlebih dahulu sembari menunggu datangnya moment langkah ini. Dijamin hasil fotonya sangat bernilai seni tinggi. Punya nyali untuk mencoba?

 

7. Bersepeda sembari menikmati alam Pulau Derawan yang menawan adalah salah satu cara menikmati liburanmu disini

Bersepeda di Pulau Derawan Bersepeda di Pulau Derawan - Dolan Dolen

Bersepeda di Pulau Derawan via jurnaland.blogspot.co.id

Selain menyelam dan bermain pasir, kegiatan lain yang bisa Dolaners lakukan ketika sedang berlibur ke kawasan Derawan ini adalah bersepeda. Ya, Dolaners bisa menjelajahi setiap sudut Pulau Derawan dengan mengendarai sepeda. Tak perlu repot membawa sepeda dari rumah, disini Dolaners bisa menyewa sepeda sepuasnya dengan hannya membayar Rp. 25.000,- saja. Sunggu murah bukan? Saat yang tepat untuk bersepeda adalah ketika pagi atau sore hari. Berkeliling menikmati keindahan yang ada di pulau ini, Dolaners dijamin akan dibuat kagum dengan jalanannya yang tertata rapi dan sangat bersih. Nyaris tak ada sampah satu pun disini. Belum lagi penduduknya yang akan menyambut kedatangan Dolaners dengan ramah dan bersedia berbagi cerita tentang pulau cantik ini. Tak hanya itu, disini juga banyak berjajar warung warung makan yang menjajakan aneka jajanan bahkan makanan khas wilayah setempat. Sempatkanlah singgah ya. Tenang harganya terjangkau kok, dijamin ramah dikantong deh.

 

8. Berlibur ke Kepulauan Derawan, jangan lupa sekalian berwisata kuliner ya!

Kuliner Pulau Derawan Kuliner Pulau Derawan - Dolan Dolen

Kuliner Pulau Derawan via borukaro.com

Ketika berkunjung ke sebuah tempat, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah berwisata kuliner. Begitupun ketika Dolaners sedang berlibur ke Kepulauan Derawan. Sempatkalan untuk menikmati kuliner khas dari wilayah ini, yakni Tehe tehe, Kima-kima, dan Elai. Tehe tehe sendiri adalah makanan yang terbuat dari bulu babi yang di dalamnya diisi dengan beras ketan. Sementata Kima-kima atau yang lebih familiar disebut Kima adalah potongan ikan kering yang dimasak dengan campuran bumbu asam pedas atau semacam balado. Kemudian sebagai pencuci mulut, Dolaners bisa menikmati Elai. Yakni merupakan buah yang berbentuk seperti durian, hanya saja warna daging buahnya oranye dan rasanya agak lebih creamy jika dibanding durian. Awas ngiler loh ya bacanya, pasti udah gak sabar kan buat mencoba?

 

9. Buat kamu yang mau honeymoon bareng pasangan? Pulau Maratua adalah pilihan yang tepat

Pulau Maratua Pulau Maratua - Dolan Dolen

Pulau Maratua via maratua.com

Bagi yang sudah memiliki pasangan dan sedang bingung mencari tempat untuk honeymoon, Pulau Maratua adalah solusi yang tepat. Passirnya yang lembuh dan berwarna putih, biru beningnya air laut, serta panorama pemandangan langit yang cerah, seakan menjadi kesatuan yang cocok untuk menjadi saksi kemesraan waktu honeymoon bersama sang pilihan hati. Selain itu. Di Pulau Maratua ini, Dolaners juga bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling bersama dengan pasangan agar lebih romantis tentunya. Tak perlu khawatir masalah perlengkapan keamanan, karena di pulau romantis yang satu ini tersedia banyak jasa dive operator yang siap membantu dan meleyani kebutuhan perlengkapan menyelam. Tak hanya cocok untuk Dolaners yang aktif, Pulau Maratua ini juga sangat pas bagi Dolaners dan pasangan yang memiliki hobby membaca. Membaca buku sembari menikmati keindahan panorama laut dari jendela penginapan metupakan kenikmatan tersendiri, apalagi jika ditemnai dengan secangkir teh hangat di sore hari. Uda gak ada yang lebih romantis deh dari ini.

 

10. Menikmati hangatnya sang mentari pagi dari balkon penginapan akan menjadi kegiatan yang istimewa loh!

Sunrise Pulau Derawan Sunrise Pulau Derawan - Dolan Dolen

Sunrise Pulau Derawan via wijayaryputu.wordpress.com

Di Pulau Derawan ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memanjakan Dolaners. Salah satunya adalah fasilitas akomodasi. Terdapat penginapan yang bisa Dolaners sewa di Pulau Derawan ini. Yang menjadi favorite adalah resort berupa bungalow yang memiliki bentuk rumah bergaya kalimantan. Yang lebih unik lagi, bungalow tersebut langsung menghadap ke laut. Dolaners sudah bisa membanyangkan dong bagaimana keindahannya? Cobalah bangun di pagi hari, ketika matahari mulai memancarkan sinarnya yang hangat. Berdiri di teras penginapan sembari melihat sunrise yang berpadu dengan riak riak ombah kecil dan birunya laut, dijamin akan sangat menyejukkan mata dan menenangkan hati dan fikiran Dolaners. Pagi mu akan disambut dengan ceria di Pulau Derawan, dan siap untuk kamu isi dengan cerita baru.


Gimana puas banget kan liburan di Kepulauan Derawan? Banyaknya kegiatan seru yang beragam akan mejadikan kamu memiliki pengalaman baru dalam hidup. Apalagi jika melakukannya bersama para sahabat atau pasangan. Dijamin deh gak bakal lupa seumur hidup. Kenangannya itu loh, gak bakal terulang dua kali. Ya gak?

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.