10 Tempat Wisata di Lombok yang Masih Belum Terekspose Khalayak Ramai

Setelah Pulau Bali, Lombok memang merupakan salah satu wisata andalan Indonesia yang tak pernah sepi dikunjungi oleh para penikmat wisata setiap harinya. Pulau yang mendapat julukan sebagai “Pulau Seribu Masjid” ini memiliki potensi pariwisata yang beragam. Di setiap sudut yang ada di Lombok seakan menyimpan keistimewaan tersendiri yang selalu membuat penasaran. Salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata cukup beragam adalah kawasan Lombok Timur. Tak banyak yang tahu bahwa Lombok Timur memiliki tempat tempat indah yang belum terjamah dan terekspose. Padahal kawasan ini sangat cocok untuk kamu jadikan destinasi liburan berikutnya. Mau tau tempat apa aja itu? Dan dimana lokasinya? Let’s get your holiday.

1. Merasakan nikmatnya berada di pulau pribadi Gili Kondo

Gili Kondo Gili Kondo - Dolan Dolen

Gili Kondo via twgathering.com

Lombok memang terkenal dengan pantainya yang indah. Tak hanya itu banyaknya gugugsan pulau yang ada di Lombok juga menjadi salah satu daya tarik wisata disini. Berada di Lombok timur, Dolaners jangan lewatkan untuk berkunjung ke Gili Kondo. G0ili Kondo merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Suasananya yang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan, menjadi Gili Kondo cocock untuk dijadikan tempay mengusir kepenatan dari rutinitas hidup yang membebani. Lembutnya pasir putih serta alamnya yang masih sangat terjaga membuat siapa saja betah berlama lama di Gili Kondo. Uniknya jika air laut sedang surut, Dolaners juga bisa bermain di Gili Kapal yakni pulau yang berada dekat dengan Gili Kondo.

 

2. Mengenal dunia bawah laut yang menawan di Gili Petelu

Gili Petelu Gili Petelu - Dolan Dolen

Gili Petelu via phinemo.com

Gili Petelu merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di kawasan Lombok bagian timur. Kawasan Gili Petelu terkenal dengan pesona bawah lautnya yang menawan hati. Untuk menuju ke tempat ini, Dolaners harus menyewa kapal nelayan seharga Rp. 500.000,-. Harga tersebut tentu saja bukan patokan. Bagi Dolaners yang memiliki ilmu tawar mewar, maka bisa mempraktekkannya, siapa tau Dolaners akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Apalagi dalam satu kapa bisa dihuni sampai 10 hingga 12 penumpang, jadi Dolaners bisa patungan untuk membayar harga sewanya. Dan benar saja, begitu sampai di Gili Petelu, dijamin Dolaners akan langsung terpukau dengan beningnya air laut bak cermin tembus pandang. Dari atas kapal Dolaners bisa dengan bebas melihat ikan ikan yang berenang kesana kemari di dalam air. Berkunjung ke Gili Petelu, jangan lupa untuk membawa kamera underwater guna mengabadikan dunia bawah lautnya yang mempesona.

 

3. Berjalan di jembatan alami Tanjung Beloam

Tanjung Beloam Tanjung Beloam - Dolan Dolen

Tanjung Beloam via renjanatuju.wordpress.com

Salah satu tempat wisata yang wajib Dolaners kunjungi ketika sedang berada di Lombok adalah Tanjung Beloam. Tanjung Beloam sendiri merupakan wilayah konservasi penyu yang letaknya memanjang dari ujung selatan sampai ujung utara. Menginjakkan kaki di Tanjung Beloam, Dolaners akan disuguhi panorama indah birunya lautan serta deburan ombak yang menabrak bebatuan cadas. Dan yang lebih unik lagi, terdapat jembatan alami yang terdiri dari karang batu yang bisa Dolaners lewati untuk mengelilingi tanjung tersebut sembari melihat aktivitas nelayan yang sedang memancing ikan. Untuk melihat landscape secara keseluruhan, Dolaners bisa mencoba menaiki bukit batu yang berada di sisi Tanjung Beloam ini. Dari atas sini Dolaners bisa menikmati hamparan pantai yang begitu mempesona lengkap dengan semilir angin yang bertiup sepoi sepoi.

 

4. Hamparan putihnya pasir di Pantai Segui sungguh menyejukkan mata

Pantai Segui Pantai Segui - Dolan Dolen

Pantai Segui via kaktusgenius.com

Mungkin selama ini yang terkenal dari Lombok hanyalah Pink Beach-nya saja. Padahal selain Pink Beach, Lombok masih menyimpan banyak pantai pantai lain yang tak akalah indah. Salah satunya adalah Pantai Segui. Mungkin nama pantai ini masih terdengar asing di telinga Dolaners. Namun ha tersebut bukan berarti bahwa Pantai Segui tak menarik untuk dikunjungi. Justru ketika sedang berada di Lombok, Dolaners harus meluangkan waktu untuk berwisata di Pantai Segui ini. Bahkan banyak orang menyebut tempat ini sebagai Pink Beach Dua karena tekstur pasirnya yang berwarna merah muda mirip seperti pasir yang terdapat di Pantai Tangsi atau Pink Beach. Keunikan lain yang dimiliki Pantai Segui adalah pantai ini terdapat dua buah bukit yang bisa dijangkau cukup dengan berjalan kaki dari bibir pantai. Setelah Dolaners mendaki dan sampai di puncak, panorama birunya gradasi air laut dan pemandangan Gunung Rinjani yang spektakuler adalah hadiah yang akan Dolaners dapatkan.

 

5. Kemolekan Tanjung Ringgit dengan landscape-nya yang menawan hati

Tanjung Ringgit Tanjung Ringgit - Dolan Dolen

Tanjung Ringgit via mutiara-travel.com

Potensi wisata yang dimiliki Lombok tak hanya berada di kawasan sebelah baratnya, cobalah untuk sedikit bergeser ke arah timur. Di Lombok timur ini Dolaners akan menemukan Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit merupakan sebuah tempat mempesona yang menyimpan keindahan tak kalah menariknya dengan tempat tempat lain. Bagaimana tidak, dari Tanjung Ringgit ini Dolaners bisa mengamati indahnya panorama Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dari kejauhan dan Pulau Sumbawa yang berbatasan langsung dengan Selat Alas. Di tempat ini juga terdapat mercusuar sebagai penanda kapal yang lalu lalang di sekitar Tanjung Ringgit. Dan yang membuat Tanjung Ringgit semakin istimewa adalah disini terdapat sebuah meriam peninggalan zaman Jepang pada Perang Dunia II. Dahulu meriam ini digunakan sebagai senjata untuk menyerang sekutu. Selain meriam, di kawasan ini juga ditemukan goa bawah tanah yang memang senagaja dibangun oleh tentara Jepang untuk tempat pertahanan. Hebatnya, hingga saat ini jalur goa bawah tanah tersebut masih bisa dilewati.

 

6. Pantai Tangsi yang terkenal dengan keunikan pasir pink-nya

Pantai Tangsi Pink Beach Pantai Tangsi Pink Beach - Dolan Dolen

Pantai Tangsi Pink Beach via catperku.info

Pantai Tangsi merupakan tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kalian para Dolaners. Ya, Pantai Tangsi lebih dikenal dengan sebutan Pink Beach. Kalau tempat ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan traveler. Pantai yang terletak di Desa Sekaroh Lombok ini memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, pasir pantai di sepanjang Pantai Tangsi Lombok ini memang nyata berwarna merah muda/ pink. Warna pasir yang pink ini terbentuk dari butiran pasir berwarna putih dan bercampur dengan serpihan karang merah muda. Pasir pink akan semakin jelas terlihat ketika pasir terkena oleh air laut, apalagi ketika pagi atau sore menjelang matahari terbenam. Berada di Pantai Tangsi ini sempatkan untuk mendaki bukit tertinggi yang ada di pantai ini. Dari atas bukit tersebut Dolaners bisa melihat keindahan alam di sekitar Pink Beach dengan nyata. Dan tentu saja jangan lewatkan berfoto dengan background indahnya pasir berwarna pink ini ya.

 

7. Berjalan di tengah rimbunnya Hutan Jerowaru

Hutan Jerowaru Hutan Jerowaru - Dolan Dolen

Hutan Jerowaru by @lombokkita

Hutan Jerowaru, pastinya bagi Dolaners yang pernah berkunjung ke Pantai Tangsi, kawasan Hutan Jerowaru sudah tidak asing lagi. Hal ini karena memang setiap Dolaners yang akan berkunjung ke Pantai Tangsi pastilah melewati rindangnya pepohonana Gutan Jerowaru. Hutan Jerowaru sendiri merupakan hutan yang dikelola oleh pemerintah. Ribuan pohon sengon yang berdiri tegak dengan dedaunannya yang sangat rimbun di saat cuaca Lombok yang sedang terik-teriknya menjadikan Hutan Jerowaru sebagai alternatif wisata yang menarik. Berkunjung atau hanya sekedar lewat Hutan Jerowaru, Dolaners bisa melihat aktivitas petani yang sedang menanam jagung di kawasan ini. Bertani memang menjadi sumber mata pencaharian di wilayah ini. Jika berkunjung di musim penghujan, Dolaners akan mendapatkan pemandangan dimana pohon sengon akan terlihat segar dengan daun-daunnya yang lebat. Dan hal berbeda akan Dolaners dapati jika berkunjung ke Hutan Jerowaru ini ketika sedang musim kemarau. Di musim kemarau akan tampak jelas lekukan dari batang pohon dan daunnya yang mengering. Suasana seperti ini sudah pasti akan menambah kesan menarik untuk dijadikan background foto.

 

8. Kesejukan ala Desa Wisata Tete Batu yang tak bisa kamu temukan di tempat lain

Desa Wisata Tete Batu Desa Wisata Tete Batu - Dolan Dolen

Desa Wisata Tete Batu via garudawisatalombok.com

Lombok tak hanya memiliki Desa Sade yang berada di Lombok Tengah saja sebagai desa wisata. Desa wisata Tete Batu bisa menjadi alternatif wisata lain yangmenawarkan pemandangan berbeda yang tak kalah indahnya. Terletak di kaki Gunung Rinjani, desa ini memiliki kontur tanah yang memanjang seperti ngarai dengan persawahan subur dan hijau. Berada di atas ketinggian membuat tempat ini terasa sejuk, menyegarkan, dan tentunya bebas polusi. Dengan banyaknya sawah yang terdapat di tempat ini, menjadikan Desa Wisata Tete Batu menjadi salah satu destinasi yang sedang naik daun. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang ditawarkan, tempat ini juga menyimpan pesona budaya yang masih kental, seperti Tradisi Nyelamet Pengempel yang merupakan tradisi syukuran atas terbentuknya bendungan baru.

 

9. Menikmati hijaunya hamparan sawah dari Bukit Pergangsingan

Bukit Pergangsingan Bukit Pergangsingan - Dolan Dolen

Bukit Pergangsingan via looklombokindonesia.com

Tak selama berlibur ke Lombok hanya bisa menikmati pemandangan indahnya laut saja. Jika Dolaners sedang merasa bosan dengan wisata pantai yang itu itu saja, maka kini ada dalternatif wisata lain yang bisa Dolaners nikmati di Lombok. Dolaners bisa menuju ke sebuah bukit yang menjadi salah satu pintu utama menuju pendakian Gunung Rinjani. Bernama Bukit Pergangsingan, bukit ini terletak di ketinggian 1700 mdpl, dari bukit ini Dolaners bisa menikmati Desa Sembalun dengan puncak Rinjani sebagai background nya. Nama Bukit Pergangsingan sendiri diambil dari nama sebuah mainan pada jaman dulu yang terbuat dari bambu yang diputar menggunakan tali bernama gasing. Konon katanya pada zaman dahulu, di tempat ini terkenal dengan tokoh tokohnya yang menggadu kepintarannya bermain gasing.

 

10. Mitos tentang kesaktian Air Terjun Mangku Sakti yang melegenda

Air Terjun Mangku Sakti Air Terjun Mangku Sakti - Dolan Dolen

Air Terjun Mangku Sakti via diditpharm.blogspot.co.id

Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu objek wisata yang wajib Dolaners kunjungi ketika sedang berada di Pulau Lombok. Meski masih jarang dikunjungi namun keindahan yang dimiliki Air Terjun Mangku Sakti tidak bisa diragukan lagi. Terletak di Desa Sajang, Lombok Timur, untuk menuju ke air terjun mempesona ini Dolaners harus menempuh total 5 jam perjalanan dari pusat kota Lombok dan kemudian dilanjutkan dengan soft trekking untuk bisa sampai ke bibir air terjunnya. Dolaners tak perlu merasa bosan selma di perjalanan. Hal ini karena ketika selama di perjalanan Dolaners akan disuguhi pemandangan alam yang mengagumkan, bahkan Dolaners akan menemukan padang savanna yang luas yang menyejukkan mata dan tentunya tidak boleh luput dari pandangan kamera. Dan tentu saja, segala lelah selama di perjalanan akan terbayar begitu Dolaners sampai di tujuan utama yakni Air Terjun Mangku Sakti dengan segala keindahan yang dimilikinya.


Gimana, sekarang kamu sudah tau kan kalo berlibur ke Lombok gak melulu harus ke pantai? Masih banyak tempat wisata lain yang belum diketahui oleh publik. Buruan rencanakan liburan kamu selanjutnya bersama para sahabat! Ingat, kamu harus tetap menjaga alam ya, jangan buang sampah sembarangan! Selamat berlibur.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.