10 Tempat Wisata Penuh Mitos Percintaan Berikut Wajib Untuk Kamu Datengi!

Jodoh memang sebuah hal yang tak bisa dianggap mudah untuk didapat. Dan bagi setiap orang juga tak dianggap sulit. Jadi, intinya susah susah gampang gitu deh ya. Ada yang sejak abg sudah punya pasangan serius, adapula yang sampai berumur belum mendapatkan seseorangpun yang pas di hati. Semua tergantung pada diri masing masing individu. Jika kebanyakan status jomblo sering dihina dan menjadi bahan guyonana. Sebenarnya Dolaners yang jomblo tak selamanya harus berkecil hati. Jomblo hanya status saja, malahan menyandang status tersebut juga memiliki keuntungan yang tak bisa dirasakan oleh mereka yang sudah mempunyai pasangan. Misalnya Dolaners yang jomblo masih bisa travellig sendiri dengan tujuan kemanapun sesuai keinginan hati. Nah berikut ini kita akan membahas tempat tempat wisata di Indonesia yang bisa Dolaners kunjungi, dan uniknya memiliki mitos dimana yang yang kesini masih sendiri akan bertemu dengan sang kekasih hati loh! Apa tau dimana saja itu? Yuk, mari kita jalan jalan.

1. Duduk di antara dua Pohon Cinta Atau Pohon Jodoh Bogor dipercaya akan menuntun kamu menemukan sang pujaan hati.

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor via sportourism.id

Siapa yang tak tahu tempat wisata Kebun Raya Bogor? Meski belum pernah menginjakkan kaki disana, setidaknya pasti Dolaners sudah sering mendengar namanya bukan? Tman seluas 87 hektare ini memiliki 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang menjadi daya pikat tersendiri bagi para Dolaners. Yang istimewa, ada sebuah twmpat dimana dikabarkan memiliki mitos yang dipercaya sebagaian masyarakat. tempat wisata tersebut bernama Pohon Cinta atau juga disebut Pohon Jodoh. Konon ceritanya siapapun yang berkenalan atau duduk dengan pasangan lawan jenis disitu maka huubungan mereka akan sampai ke jenjang pernikahan. Mitos tersebut bersumber dari dua pohon yang hampir mirip dan letaknya berdekatan. Kedua pohon tersebut terlihat seperti pohon kembar, padahal kedua pohon yang memiliki tinggi belasan meter ini memiliki jenis yang berbeda. Pohon tersebut tergolong pohon yang tinggi besar, dan usianya sekitar 140 tahun. Diantara kedua pohon tersebut dibuat kursi panjang sebagai tempat duduk setiap Dolaners yang datang. Karena keserasiannya ini lah kedua pohon tersebut sering disebut sebagai lambang cinta dari Bogor.

 

2. Mendayung perahu bersama sang permaisuri hati mengelilingi Pulau Asmara yang ada di Situ Patenggang merupakan hal wajib ketika kamu sedang berlibur di tanah Pasundan.

Pulau Asmara Situ Patenggang Pulau Asmara Situ Patenggang - Dolan Dolen

Pulau Asmara Situ Patenggang via membelipengalaman.blogspot.co.id

Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat untuk berwisata. Salah satu tempat wisata yang namanya telah termasyur adalah Situ Patenggang. Tempat wisata yang satu ini juga bisa disebut Situ Patengan. Berlokasi di dekat tempat wisata alam Kawah Putih, Bandung, Situ Patenggang memiliki sebuah mitos yang tergolong positif. Spot tersebut adalah Pulau Asmara. Disebut demikian karena memang bentuknya menyerupai bentuk love atau hati. Pulau Asmara berada tepat di tengah tengah Danau Situ Patenggang. Di tengah Pulau Asmara terdapat sebuah Batu Cinta. Mitosnya adalah siapa saja yang berkeliling Pulau Asmara ini bersama pasangan kemudian datang ke Batu Cinta, disebut sebut hubungan mereka akan menjadi abadi tak termakan usia.

 

3. Tak hanya cepat mendapatkan hati si doi, kesegaran air di Umbul Jumprit Jawa Tengah, bisa menjadikanmu awet mudah juga loh!

Umbul Jumprit Temanggung Umbul Jumprit Temanggung - Dolan Dolen

Umbul Jumprit Temanggung via instagram.com/sulthoncahya

Satu lagi sebuah tempat wisata alam yang menyimpan keunikan tersendiri. Bernama Umbul Jumprit, tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di lereng Gunung Sindoro, yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo. Berada pada ketinggian ketinggian 2.100, Umbul Jumprit berjarak sekitar 26 kilometer dari kota Temanggung, Jawa Tengah ke arah barat laut. Umbul Jumprit sendiri merupakan sumber mata air Sungai Progo. Salah satu keunikan yang dimiliki tempat wisata yang satu ini yakni mata air Jumprit tidak pernah kering meskipun saat kemarau panjang. Airnya juga bisa dikatakan selalu dingin segar meski pada siang hari sekalipun. Kejernihan mata air Umbul Jumprit berasal dari sumber air pegunungan. Hebatnya, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa air yang ada di Umbul Jumprit dipercaya akan membuat awet muda, enteng rezeki, dekat jodoh, dan sarana membuang sial, bagi setiap Dolaners yang mandi, membasuh muka, atau meminumnya secara langsung. Berada di kawasan Tempat Wisata Umbul Jumprit, Dolaners akan dimanjakan dengan hamparan panorama hijau yang alamai, apalagi ketika pagi hari saat matahari terbit. Tak lupa juga udara sejuk khas pegunungannya semakin menjadikan tubuh serta pikiran Dolaners semakin fresh.

 

4. Kamu yang sedang liburan di Bandung, bisa cobain dateng dan berendam di Mata Air Gunung Putri. Kemurnian airnya bisa menjadikanmu enteng jodoh.

Mata Air Gunung Putri Mata Air Gunung Putri - Dolan Dolen

Mata Air Gunung Putri via sys1726.wordpress.com

Gunung Putri merupakan sebuhah objek wisata alam yang ada di Cililin, Bandung Barat. Tempat wisata alam yang satu ini semakin menarik untuk dikunjungi, pasalnya adala sebuah mitos yang mengatakan bahwa siapa pun yang meminum air yang keluar secara langusng dari mata air gua Gunung Putri ini dipercaya akan mudah dalam mendapatkan jodoh yang diinginkan. Jika, Dolaners masih ragu untuk meminum, Dolaners cukup membasuh muka saja dengan mata air Gunung Putri ini. Selain sebagai enteng jogoh, mata air tersebut juga dipercaya bisa menjadikan tubuh sehat. Selain mitos unik tersebut, alam yang disuguhkan di Gunung Puteri ini pun cukup menarik dan masih asri. Deretan tebing yang menjulang dengan mengapit Sungai Cibitung yang ada di Desa Mukapayung, Cililin Bandung seolah berdiri dengan gagahnya. Aliran sungainya juga begitu tenang dan membuat hati damai bagi siapa saja yang melihatnya. Selain itu, Dolaners juga akan disuguhi pemandangan air terjun. Bagaimana penasaran untuk mencoba mitos enteng jodoh di Gunung Puteri ini? Terletak 35 km dari kota Bandung, disarankan Dolaners membawa kendaraan pribadi agar lebih menikmati perjalanan.

 

5. Kemegahan Taman Sare Madura yang patut untuk kamu kunjungi bersama sang calon kekasih hati.

Taman Sare Madura Taman Sare Madura - Dolan Dolen

Taman Sare Madura via panoramio.com/user/7004850

Keraton Sumenep, Madura, yang termasuk dalam wilayah Jawa Timur, memiliki banyak sejarah dan peninggalan para raja-raja terdahulu. Bahkan ada beberapa bangunan yang berada di sekitar Keraton Sumenep ini yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat, seperti tempat wisata Taman Sare. Sekilas, kemegahan bangunan Taman Sare akan mengingatkan Dolaners pada Taman Sari yang ada di Yogyakarta. Konon katanya tempat wisata ini memiliki beberapa mitos yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Di bagian dalam tempat wisata Taman Sare ini terdapat sebuah kolam dengan 3 anak tangga pada 3 sisi kolam yang masing-masing memiliki khasiat tersendiri. Pada anak tangga pertama, air disekitarnya dipercaya memiliki khasiat kecantikan, membuat awet muda serta mengentengkan jodoh. Caranya dengan cukup membilaskan air tersebut secara menyeluruh kepada wajah Dolaners.

 

6. Coba ajakin gebetan mu liburan ke Pantai Moli Sahatu Wakatobi, disana ada sebuah mata air yang dipercaya bisa merekatkan suatu hubungan percintaan.

Pantai Moli Sahatu Wakatobi Pantai Moli Sahatu Wakatobi - Dolan Dolen

Pantai Moli Sahatu Wakatobi via travel.detik.com

Jika Dolaners sedang berada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sempatkanlah untuk berkunjung ke Pantai Moli Sahatu. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri sebagai tempat wisata dimana terdapat sebuah mata air tawar, padahal letaknya berada tepat di pinggir laut yang airnya tentu saja memiliki rasa asin. Uniknya tidak hanya satu, tapi terdapat ratusan mata air sekaligus. Pantai Mata Air Seratus itulah nama lain dari Pantai Moli Sahatu yang terletak di Desa Patuno, Kecamatan Wangi wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dan istimewanya lagi, masyarakat setempat meyakini bahwa air yang keluar dari sela sela bebatuan dan pasir tersebut bila dikonsumsi atau di usapkan ke wajah maka akan membuat menjadi awet muda sekaligus enteng jodoh. Tak perlu khawatir air tersebut sangat jernih dan bersih. Selain menikmati mata air tawar, berkunjung ke tempat wisata Pantai Moli Sahatu, Dolaners juga bisa melakukan aktivitas olahraga laim seperti berenang, snorkeling maupun diving. Keindahan view pantai yang berwarna biru dan berpasir putih memang membuat siapa saja yang melihat langsung jatuh cinta.

 

7. Air Terjun Sekar Langit Magelang bisa jadi destinasimu selanjutnya dalam misi pencarian pasangan hidup.

Air Terjun Sekar Langit Air Terjun Sekar Langit - Dolan Dolen

Air Terjun Sekar Langit via dolanmagelang.blogspot.co.id

Siapa bilang Magelang tak memiliki tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi? Bernama, Air Terjun Sekar Langit, tempat wisata alam yang satu ini sungguh aduhai. Tempat wisata Air Terjun Sekar Langit merupakan tetesan mata air yang berasal dari puncak Gunung Telomoyo, gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan kota Magelang di Jawa Tengah. Air Terjun Sekar Langit memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya nanti akan mengalir ke arah barat menuju ke aliran sungai Elo dan selanjutnya bermuara di laut selatan Jawa. Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa air dari tempat wisata Air Terjun Sekar Langit ini memiliki khsiat dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal gatal. Ada pula yang menyebutkan bahwa mandi atau membasuh muka di sisni, dapat menambah aura kecantikan bagi seorang wanita agar awet muda. Dan yang menjadi semakin penasaran adalah mitos bahwa tempat wisata Air Terjun Sekar Langit ini juga dapat membuat seseoranng yang sulit menemukan jodoh akan menjadi gampang.Ritual untuk mendapatkan jodoh biasanya dilakukan dengan meditasi di malam hari, yakni pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon, dengan cara membakar dupa atau kemenyan sambil menghadap ke arah timur laut. Umumnya tempat yang dipilih untuk melakukan ritual tersebut adalah di sebuah batu berdiameter sekitar 5 meter yang terletak di sebelah selatan air terjun.

 

8. Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu siap menjadi saksi pertemuan kamu dengan si dia yang masih terahasiakan.

Jembatan Cinta Pulau Tidung Jembatan Cinta Pulau Tidung - Dolan Dolen

Jembatan Cinta Pulau Tidung via kapanwisata.wordpress.com

Tak perlu jauh jauh untuk mencari tempat wisata untuk mengisi akhir pekan Dolaners. Di Kepulauan Seribu yang masih masuk dalam wilayah DKI Jakarta terdapat sebuah pulau yang unik. Bernama Pulau Tidung. Pulau yang satu ini masih memiliki kekayaan alam yang terjaga dan cukup bersih. Ada sebuah spot di Pulau Tidung ini dimana dikabarkan menyimpan mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Jembatan Cinta di Pulau Tidung, memang sudah terkenal akan keromantisannya. Tak hanya di kalangan turis lokal melainkan juga mancanegara. Mitosnya adalah barang siapa yang melewati tempat wisata jembatan ini bersama sang kekasih, maka kisah cinta mereka akan langgeng dan abadi selamanya.

 

9. Buat kamu yang sudah mantap menentukan hati kepada si dia, cobalah ajak berlibur ke Air Terjun Kalijodoh, Pinrang, agar hubungan kalian tak lekang oleh waktu.

Air Terjun Kalijodoh Air Terjun Kalijodoh - Dolan Dolen

Air Terjun Kalijodoh via anekawisatanusantara.blogspot.com

Tak hanya di Pulau Jawa saja, sebuah tempat dengan mitos yang unik juga ada di Sulawesi Selatan. Tempat wisata tersebut bernama Air Terjun Kalijodoh. Terletak di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, air terjun yang satu ini menyimpan mitos positif tentang keabadian cinta anak manusia. Di namakan Air Terjun Kalijodoh juga tanpa sebab, hal ini karena dahulu disini menjadi tempat wisata dipertemukannya sepasang muda mudi yang kemudian menjalin hubungan hingga menuju me jenjang pernikahan dan membina rumah tangga. Selain mitos menarik tersebut, Air Terjun Kalijodoh juga menghadirkan panorama pemandangan alam yang mempesona, udara yang masih sangat bersih dan asri serta rimbunya pepohonan berwarna hijau yang menyejukan mata.

 

10. Cobalah berenang bersama sang kekasih di Pemandian Yeh Sanih, Bali. Siapa tau mitos tentang keabadian cintanya berhasil di hubunganmu.

Pemandian Yeh Sanih Pemandian Yeh Sanih - Dolan Dolen

Pemandian Yeh Sanih via mybookarticle.blogspot.co.id

Bali memang sudah terkenal sebagai tujuan tempat wisata yang romantis, bukan begitu? Sebutan tersebut pastinya akan semakin menjadi dengan adanya sebuah tempat wisata yang dipercaya dapat membuat hubungan sepasang kekasih menjadi abadi. Tempat Wisata Pemandian Yeh Sanih namanya. Berlokasi di kawasan Buleleng Bali, Pemandian Yeh Sanih sudah ada dan dikenal sejak tahun 1930. Ada beberapa keunikan yang dimiliki pemandian yang satu ini. Yang pertama, pemandian Yeh Sanih memiliki air yang tawar, padahal lokasinya sangat dekat dengan Pantai Lovina yang seharusnya mempengaruhi rasa air pada pemandian ini menjadi asin. Dan mitos yang paling unik adalah dipercaya bahwa sepasang kekasih yang mandi berendam di tempat wisata Pemandian Yeh Sanih ini akan memiliki kisah cinta yang tak lekang oleh waktu alis abadi.


Bagaimana, Dolaners tertarik untuk mengunjungi tempat tempat wisata dengan mitos positif seperti diatas? Silahkan saja mencoba ya. Namun yang terpenting tetap kita harus meminta segala sesuatunya hanya kepada Tuhan. Termasuk urusan mengenai jodoh. Karena seperti yang kita tahu, bahwa rezeki, jodoh, maut adalah rahasia Sang Ilahi.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.