10 Tempat Wisata Terkutuk yang Membuatmu Bisa Putus Dengan Pacar! Mitos atau Fakta?

Cinta memang bisa dikatakan bagian dari kehidupan insan manusia. Kisah cinta yang harmonis bersama sang kekasih hati merupakan impian setiap orang. Apalagi jika kisah cinta itu cepat berakhir di pelaminan. Wah.... bisa dikatakan ini impian setiap sepasang kekasih. Tapi bagaimana jika sebuah impian itu ternyata berakhir di tengah jalan? Tentu saja akan membuat kecewa dan remuk hati. Dan tahukan kamu bahwa di Indonesia ada beberapa tempat wisata yang sebaiknya kalian hindari untuk dikunjungi bersama sang kekasih hati. Kenapa demian? Karena tempat tempat tersebut diyakini memiliki mitos dimana jika kamu pergi kesana bersama pasangan, maka hubungamu bersama dia dipastikan akan berakhir atau putus. Pasti gak mau kan kejadian kayak gitu? Penasaran dimana saja tempat tempat berikut? Ini dia jawabannya.

1. Tahukah kamu bahwa Pohon Beringin Kembar di Alun-Alun Kidul Yogyakarta ternyata juga menyimpan mitos percintaan loh?

Alun-Alun Kidul Alun Alun Kidul - Dolan Dolen

Alun-Alun Kidul via klikhotel.com

Bagi Dolaners yang sedang berkunjung ke kota gudeg Yogyakarta, maka jangan lewatkan untuk singgah di Alun alun kidul. Di sana ada sebuah spot dimana sudah terkenal akan keunikan dan cerita yang tersimpan di dalamnya. Ya, pohon beringin kembar yang terletak tepat di tengah Alun alun Kidul Jogjakarta. Tempat wisata yang satu ini memiliki mitos tersendiri dimana sebuah mitos yang sangat terkenal tersebut mengatakan bahwa bagi siapa saja yang berhasil melewati celah di antara dua pohon beringin tersebut dengan menutup mata, maka segala permintaan mereka akan terkabul. Permintaan tersebut juga termasuk masalah jodoh, yakni bila menginginkan pacar Dolaners menjadi jodoh maka akan terkabul. Namun demikian sebaliknya, bila Dolaners gagal melewati tempat wisata beringin kembar tersebut, maka kisah cinta Dolaners juga akan gagal alias putus ditengah jalan.

 

2. Dibalik kemegahan air terjun Coban Rondo, terselip sebuah cerita tragis yang membuat bulu kuduk merinding

Coban Rondo dan Labirin Coban Rondo dan Labirin Cover - Dolan Dolen

Coban Rondo via anekatempatwisata.com

Kota Malang memang sudah dikenal menyimpan sejuta tempat wisata alam. Salah satu yang namanya cukup terkenal di kalangan para Dolaners adalah air terjun Coban Rondo. Tempat wisata yang satu ini terletak di wilayah Pujon, Kabupaten Malang. Nama Coban Rondo sendiri berasala dari sebuah cerita legenda yang berkembang di masyarakat tenatng seorang putri bernama Dewi Anjani yang merenungi nasibnya dengan sering melamun di sebuah batu besar di bawah air terjun, dia selalu murung dan bersedih hati setelah menjadi seorang janda, yang dalam bahasa Jawa disebut rondo, karena ditinggal mati sang suami Raden Baron Kusumo. Nah sejak itulah banyak cerita berkembang di masyarakat bahwa Tempat Wisata Coban Rondo sering disebut angker bagi mereka yang datang bersama pasangan. Mitosnya, mereka yang menginjakkan kaki di sini akan berakhir putus. Jadi mau percaya atau tidak? Yang jelas banyak yang mengaku hubungan mereka putus setelah berkunjung ke tempat wisata air terjun setinggi 84 meter ini bersama pasangan.

 

3. Kamu perlu tau mitos turun-temurun tentang Pemandian Wendit Malang yang masih diyakini hingga saat ini

Wendit Waterpark Wendit Waterpark Cover - Dolan Dolen

Wendit Waterpark via anekawisata.com

Pemandian Wendit atau yang kini beralih nama menjadi Wendit Waterpark Malang merupakan salah satu tempat wisata rekreasi yang dimiliki Malang Raya. Keberadaan Pemandian Wendit ini telah ada sejak zaman dahulu kala. Berlokasi di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, lokasi Pemandian Wendit berada tepat di pinggir jalan raya arah ke Gunung Bromo, jaraknya sekitar 8 Km dari Alun alun Kota Malang. Pemandian Wendit sendiri merupakan areal kolam renang, yang bagi masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan mendit. Pemandian ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan, seperti diantaranya Perahu Dayung, Kolam Gelombang dan Arus, Waterboom, Bom-bom Car, Worm Coaster, Carousel dan Sepeda Air, Restoran Apung, Arena Outbound, Sepeda Trail, hingga ATV, semua ada di tempat wisata yang satu ini. Salah satu hal yang sangat dikenal dari tempat wisata yang satu ini adalah di Wendit ini terdapat banyak hewan kera yang berkeliaran bebas seperti di alam. Dan yang paling menyeramkan adalah mitosnya jika Dolaners berkunjung ke Wendit Waterpark ini bersama pasangan, maka hubungan Dolaners tidak akan bertahan lama alis putus ditengah jalan.

 

4. Mitos ribuan tahun yang tersimpan di balik kemegahan Candi Prambanan

Candi Prambanan Candi Prambanan Cover - Dolan Dolen

Candi Prambanan via landscapes.org

Siapa yang tidak mengenal Candi Prambanan? Tempat wisata yang satu ini memang sudah termasyur, tidak hanya di dalam negeri melainkan di mancanegara. Candi terbesar peninggalan kerajaan hindu ini terkenal dengan cerita legenda Roro Jonggrang yang meminta untuk dibangunkan seribu candi hanya dalam waktu satu malam kepada Bandung Bondowoso yang ingin meminangnya. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan Roro tersebut dengan cara meminta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya. Namun ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut, dan Bandung Bondowoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Bondowoso juga mengutuk semua gadis yang membatu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut. Dari legenda inilah kemudian berkembang sebuah mitos bahwa setiap pasangan kekasih yang berkunjung ke Candi Prambanan ini, maka niscaya hubungan mereka akan putus. Mau percaya atau tidak? Semua keputusan tergantung dari diri Dolaners. Yang jelas sudah sebagain orang yang membuktikan bahwa setelah berkunjung ke tempat wisata Candi Prambanan bersama kekasih, hubungan mereka kemudian berakhir.

 

5. Kesempurnaan yang dihadirkan oleh wisata Baturaden ternyata menyimpan mitos yang telah ada sejak lama

Air Terjun Baturaden Air Terjun Baturaden - Dolan Dolen

Air Terjun Baturaden via anekatempatwisata.com

Siapa yang tak kenal dengan Baturaden? Ya, Baturaden merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Jawa Tengah. Berada di Kecamatan Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Baturaden juga bisa di tempuh dari arah Purwokerto, Jawa Tengah. Selain wahana wisata, Baturaden juga memiliki sebuah air terjun yang indah lengkap dengan goa nya yang sangat cantik. Ada sebuah mitos yang telah diketahui oleh masyarakat sekitar sejaka zaman dahulu, dimana dikatakan bahwa Nama tempat wisata ini berasal dari nama seorang anak bupati yang biasa disebut Raden oleh masyarakat setempat dan kemudian dia diketahui berpacaran dengan seorang anak pembatu yang biasa disebut Batur. Karena hubungan mereka tersebut tidak disetujui, maka mereka berdua memutuskan untuk menyudahi hubungan tersebut di tengah hutan yang hingga saat ini tempat wisata tersebut dikenal dengan nama Baturaden. Nah, sejak saat itu berkembanglah mitos bahwa siapa saja yang berkunjungi ke tempat wisata ini bersama pasangan maka hubungan mereka akan putus. Jadi bagi Dolaners yang sudah tidak jomblo alis punya pacar, mending dihindari deh ke Baturaden bareng si dia. Entah percaya atau tidak, kebanyakan dari mereka yang pernah datang ke tempat wisata Baturaden berdua dengan pasangan maka beberapa hari kemudian hubungan mereka akan berakhir.

 

6. Bersenang senang di Tanah Lot Bali, hati hati pulangnya putus sama pacar loh!

Tanah Lot Tanah Lot - Dolan Dolen

Tanah Lot via mediaforscience.net

Pantai Tanah Lot, siapa yang tak kenal tempat wisata alam yang satu ini? Terletak di salah satu tempat wisata terindah di dunia yakni Pulau Bali, Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata alam yang tak bisa dilewatkan kala sedang berlibur di Bali. Tanah Lot sendiri merupakan sebuah destinasi pantai wisatawan yang sangat difavoritkan. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah terdapatnya sebuah pulau lengkap dengan pura diatasnya yang konon dijaga oleh ular yang suci di dasar pantainya. Konon ular tersebut bisa mengabulkan doa orang yang berkunjung ke sana. Namun dibalik keindahan yang dihadirkan di Pantai Tanah Lot, ternyata tempat wisata ini menyimpan sebuah mitos dimana untuk sepasang kekasih, oleh masyarakat setempat tidak dianjurkan masuk ke dalam pura dan menemui si ular-ular suci tersebut. Hal ini dikarenakan jika Dolaners melanggar maka hubungan percintaan Dolaners akan putus.

 

7. Kamu yang belum halal dengan pasangan, jangan coba coba datang ke Air terjun Grajakan Nglirip di Tuban ini

Air terjun Grajakan Nglirip Air terjun Grajakan Nglirip - Dolan Dolen

Air terjun Grajakan Nglirip via gotuban.blogspot.co.id

Tak banyak yang tahu tentang keberadaan tempat wisata yang satu ini. Air terjun Grajakan Nglirip adalah salah satu wisata alam yang terletak di kota Tuban, atau lebih temaptnya yakni di Kabupaten Tuban, sekitar 36 km dari pusat kota Tuban. Selain panorama alamnya yang indah, air terjun yang satu ini juga terkenal dengan sebuah mitos turun temurunnya dimana dikatakan bahwa kepada siapa saja yang datang ke Grajakan Nglirip ini bersama pasangan yang belum halal, maka hubungan mereka akan putus tidak lebih dar 40 hari setelah kedatangannya di tempat wisata air terjun setinggi 30 meter ini. Mitos tersebut semakin kuat berpengaruh kepada pasangan yang merencanakan akan menikah, dan kepada mereka yang berciuman di air terjun Grajakan Nglirip ini. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, dimana ada yang mengatakan bahwa jika Dolaners sudah bisan dengan pasangan maka ajaklah dia ke tempat wisata air terjun ini, niscaya hubungan kalian akan berakhir seketika.

 

8. Aura mistis Pantai Parangtritis yang tiada pernah ada habisnya

Pantai Parangtritis Pantai Parangtritis Cover - Dolan Dolen

Pantai Parangtritis via telusurindonesia.com

Selain keindahan panorama yang dihadirkan, sudah sejak lama tempat wisata Pantai Prangtritis yang terletak di kawasan Yogyakarta ini menyimpan ragam legenda yang tak berujung. Sebagain besar masyarakat Jawa memeluk erat mitos yang mengatakan bahwa tempat wisata Pantai Parangtritis merupakan daerah kekuasaan atau kerajaan dari Nyi Roro Kidul atau yang biasa disebut dengan Ratu Pantai Selatan. Selain legenda Nyi Roro Kidul, di Pantai Parangtritis ini juga terdapat mitos lain, yakni larangan untuk memakai pakaian hijau selama berada di pantai selatan ini, bagi Dolaners juga dianjurkan untuk tidak datang ke tempat wisata ini bersama pasangan. Dimitoskan bahwa bagi siapa saja yang berkunjung ke Pantai Parangtritis bersama pacar maka hubungan mereka akan putus. Boleh percaya boleh tidak, namun yang pasti Pantai Parangtritis ini memiliki spot romantis ketika sore hari menjelang waktu matahari tenggelam.

 

9. Sebuah kutukan dari Pulau Kemaro Palembang, Sumatera Selatan yang hingga kini masih dipercaya

Pulau Kemaro Pulau Kemaro - Dolan Dolen

Pulau Kemaro via panduanwisata.id

Jembatan Ampera, salah satu icon wisata kota Palembang yang membentang di atas Sungai Musi. Keindahan cahaya yang menyala semakin memperindah kota Palembang di malam hari. Cobalah Dolaners berlayar dengan menggunakan perahu nelayan/boat sejauh kurang lebih 6 km dari jembatan Ampera, maka Dolaners akan menemukan sebuah pulau kecil bernama Pulau Kemaro. Sebuah pulau yang tak berpenghuni tetap ini memiliki banunan berupa kuil dan pagoda sembilan lantai yang megah. Namun di balik itu, terdapat sebuah mitos tentang tempat wisata di Pulau Kemaro dimana setiap pasangan yang datang ke pulau ini maka kisah cinta mereka akan dipisahkan oleh maut. Hal ini berkaitan dengan asal mula adanya pulau ini, yakni ada sepasang calon pengantin yang tercebur di dalam Sungai Musi ini.

 

10. Jangan sekali kali kamu melewati Jembatan Merah Kebun Raya Bogor berdua dengan pacar!

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor Jembatan Merah Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor via trisetie.wordpress.com

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata favorite bagi keluarga yang sanga terkenal. Terletak di jantung kota Bogor, taman wsata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung, terutama jika akhir oekan dan musim liburan tiba. Udaranya yang sejuk dengan panorama pemandangan serta banyak tumbuhan langkah menjadi daya tarik tersendiri. Selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor juga sering dijadikan alternatif belajar tentang alam dan tumbuhan. Dari beragam keindahan yang dihadirkan tersebut, siapa yang menyangka jika Kebun Raya Bogor menyimpan sebuah mitos. Keberadaan jembatan merah yang ada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor ini dipercaya memiliki mitos dimana barang siapa yang melewatinya bersama sang kekasih maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan. Dolaners boleh percaya atau tidak? Yang jelas jangan melewatkan untuk berlibur ke tempat wisata Kebun Raya Bogor ini bersama keluarga ketika sedang berada di Kota hujan tersebut.


Bagaimana, sudah terjawabkan rasa penasaran Dolaners? Tapi tetap, semua kembali kepada diri masing masing. Mau percaya atau tidak? Satu yang pasti, jodoh hanya di tangan Sang Maha Kuasa. Dan yang harus selalu diingat, kita harus tetap selalu melestarikan potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia agar semakin dikenal tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di mancanegara.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.