10 Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dolaners Kunjungi

Bandung merupakan sebuah kota yang sedang bersiap untuk menajadi kota Internasional jujugan para wisatawan. Tanah Pasundan ini memang seakan diciptakan dikala Tuhan sedang tersenyum. Bagaimana tidak beragam potensi keindahan alam lengkap disini. Kota sejuk dengan keanekaragaman budaya serta pariwisata. Berikut ini adalah 10 wisata alam di Bandung yang akan membuat Dolaners seakan sedang berada di luar negeri.

1. Hamparam berwarna hijau yang menyejukkan mata, Kebun Teh Rancabali.

Sebuah wisata alam dengan hamparan kebun teh yang luas, hijau nan asri berada di Bandung. Wisata Alam Kebun Teh Rancabali ini selain mata yang dimajakan, udaranya juga sangat segar dan masih belum banyak tercampur polusi. Hal ini karena Rancabali berada pada ketinggian 1.628 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata berkisar antara 20-22 derajat celcius. Kebun teh rancabali ini sedikit berbeda dengan kebun teh pada umumnya. Posisi kebun teh ini berada lebih rendah dari jalan. Pohon-pohon teh nya berderet tepat di tepi jalan. Banyak wisatawan yang betah berlama-lama di lokasi tersebut untuk menikmati segarnya udara dan berfoto bersama.

Kebun Teh Rancabali Kebun Teh Rancabali Cover - Dolan Dolen

Kebun Teh Rancabali via panoramio.com

Di wisata alam perkebunan Teh Rancabali ini dapat Dolaners manfaatkan untuk sekedar beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan, ataupun bisa Dolaners gunakan untuk berfoto bersama orang-orang tersayang. Pemandangan di lokasi tersebut sangat indah untuk hunting foto.

Alamat :
Jl. Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Gratis

Lihat Detail

 

2. Menuju puncak, menikmati keindahan alam di Tebing Keraton.

Tebing Karaton merupakan sebuah wisata alam yang berada di daerah Dago Bandung. Wisata yang satu ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Nama Tebing Keraton menjadi sangat populer dan fenomenal akhir akhir ini. Hal ini karena ada yang spesial atau cara berwisata yang unik dan berbeda apabila Dolaners datang ke tebing keraton ini. Jika kebanyakan wisata alam seperti Bukit Bintang di dago, atau Caringin Tilu di wilayah Bandung timur, yang mana Dolaners akan disuguhi gemerlap lampu kota metropolitan Bandung yang eksotis dan romantis terutama di senja dan malam hari, maka di Tebing Keraton ini, Dolaners akan disuguhi dengan hamparan pemandangan hijau penuh aura ketenangan serta kenyamanan berupa lebatnya hutan belantara Tahura Djuanda yang begitu spektakuler.

Tebing Keraton Tebing Keraton Cover - Dolan Dolen

Tebing Keraton via landscapes.org

Pemandangan di wisata alam inipun akan semakin bertambah eksotis dan romantis, apabila kita datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi untuk menyambut keindahan hamparan pemandangan saat Sunrise.

Alamat :
Jalan Pakar Barat, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Wisatawan Lokal : Rp. 11.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 76.000,-
Jam Buka :
05.00 – 18.00 WIB

Lihat Detail

 

3. Jangan ngaku ke Bandung kalo belum selfie di Kawah Putih Ciwidey.

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah tempat wisata favorite bagi siapa saja yang berkunjung ke Bandung. Bahkan bisa dikatakan tempat wisata alam ini seperti menjadi icon wisata kota Bandung. Wisata Alam Kawah Putih ini sendiri adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patura. Sebenarnya air danau ini berwarna biru kehijauan, namun di sebut kawah putih karena memang tanah kapur disekitar kawahnya berwarna putih seakan seperti salju yang berkabut. Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya tempat shooting film, melukis, pengambilan foto prewedding, sampai dengan kegiatan hiking pun bisa dilakukan di kawasan wisata bandung selatan ini.

Kawah Putih Ciwidey Kawah Putih Ciwidey Cover - Dolan Dolen

Kawah Putih Ciwidey via jayanjayan.com

Jika weekend tiba, tempat wisata alam ini semakin ramai dikunjungi pecintanya, apalagi akses jalan untuk menuju Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey ini cukup mudah ditemukan.

Alamat :
Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Wisatawan Lokal : Rp. 18.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 50.000,-
Jam Buka :
07.00 – 17.00 WIB

Lihat Detail

 

4. Menikmati keindahan Air Terjun Lapis 7 di Curug Malela.

Wisata Alam Curug Malela merupakan sebuah air terjun yang terdapat pada rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 km. Curug Malela ini letaknya berada paling atas dari ke 6 saudaranya. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk. Semua terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Setiap air terjun tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Curug Malela memiliki air terjun yang terpisah saat jatuh dengan 5 jalur yang ada. Airnya sangat deras dan bila sedang beruntung Dolaners dapat menyaksikan ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) sedang minum air di bawah Curug Malela.

Curug Malela Curug Malela Cover - Dolan Dolen

Curug Malela via tempatwisatadibandung.info

Di kawasan wisata alam ini juga terdapat air terjun lain, seperti Curug Manglid yang juga memiliki goa di belakang air terjunnya.

Alamat :
Sindangjaya, Gununghalu, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 5.000,-
Anak anak : 3.500,-

Lihat Detail

 

5. Gunung Tangkuban Perahu, sebuah legenda termasyur yang menyimpan banyak keindahan.

Di kawasan Bandung utara terdapat sebuah gunung aktif yang bernama Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini memang sudah tidak asing didengar, hal ini karena gunung ini berkaitan dengan legenda Sangkuriang yang diceritakan sebagai asal usul dari adanya Gunung Tangkuban Perahu ini. Tak seperti gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik. Pada lereng gunung juga terdapat hamparan perkebunan teh yang akan membuat Dolaners ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Tempat wisata alam yang satu ini juga seringkali dijadikan lokasi pemotretan untuk foto prewedding, iklan komersil dan juga pengambilan gambar untuk film. Berwisata ke Gunung yang satu ini sangat mengasikan. Hal ini karena Tangkuban Perahu memilki 3 kawah yang bisa Dolaners eksplore yakni Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas.

Tangkuban Perahu Tangkuban Perahu Cover - Dolan Dolen

Gunung Tangkuban Perahu via desibanjara.com

Jika Dolaners belum puas menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu dalam satu hari, Dolaners juga bisa bermalam. Di sekitar wisata alam gunung ini banyak terdapat hotel yang bisa Dolaners gunakan untuk menginap, tarifnya pun cukup terjangkau.

Alamat :
Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Wisatawan Lokal : Rp. 17.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 75.000,-
Jam Buka :
07.00 – 17.00 WIB

Lihat Detail

 

6. Danau luas dengan pulau cinta di tengahnya, Situ Patenggang.

Sebuah danau luas yang berada di kawasan wisata alam ciwidey ini bernama Situ Patenggang. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Dolaners lakukan di Situ Patenggang ini. Mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, mengelilingi Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau. Inilah sebab mengapa objek wisata Ciwidey yang satu ini disukai sebagai salah satu destinasi wisata alam keluarga favorit di Bandung. Jika Dolaners sedang kemari bersama pasangan, Dolaners harus mencoba mengunjungi batu cinta dan berkeliling di pulau asmara agar kisah cinta Dolaners ever lasting. Meski hanya berangkat dari sebuah mitos lokal, namun hal ini adalah sebuah kegiatan yang menarik untuk melalui waktu bersama pasangan di Situ Patengan.

Situ Patenggang Situ Patenggang Cover - Dolan Dolen

Situ Patenggang via mahdi-news.com

Untuk dapat mengelilingi pulau Asmara, Dolaners harus menyewa perahu. Pulau ini terletak di bangian tengah danau dan terlihat rindang dengan ditumbuhi banyak pepohonan.

Alamat :
Patengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Wisatawan Lokal : Rp. 18.000,- (Weekday) dan Rp. 20.500,- (Weekend)
Wisatawan Mancanegara : Rp. 135.000,- (Weekday) dan Rp. 185.000,- (Weekend)
Jam Buka :
06.30 – 17.00 WIB

Lihat Detail

 

7. Menikmati warna warni pelangi di Kebun Bunga Cihideung.

Taman Wisata Alam Bunga Cihideung terletak di kecamatan Parongpong, Desa Cihideung, kabupaten Bandung yaitu sekitar 20 Km dari kota Bandung. Kebun Cihideung ini merupakan tempat budidaya tanaman hias terbesar dan terlengkap. Desa yang sebelumnya hanya dijadikan tempat bercocok tanam sederhana telah berkembang menjadi Kawasan Wisata Alam Bunga yang produknya telah terkenal hingga ke mancanegara. Di Taman Bunga Cihideung ini selain menikmati pemandangan taman bunga yang indah, Dolaners juga bisa melihat cara petani bunga bercocok tanam. Bagi Dolaners yang memiliki hobby fotografi, Taman Bunga Cihideung sangat cocok untuk dijadikan destinasi.

Kebun Bunga Cihideung Kebun Bunga Cihideung Cover - Dolan Dolen

Kebun Bunga Cihideung via infobdg.com

Selain itu di wisata alam kebun bunga ini, Dolaners juga bisa membeli beraneka macam tanaman hias dengan harga yang berfariasi dari yang murah hingga yang lumayan merogoh kocek.

Alamat :
Jl. Maribaya No. 120A, Langensari, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka :
08.00 – 17.00 WIB

Lihat Detail

 

8. Berendam air panas ditemani suasa alam pegunungan di Wisata Air Panas Ciater.

Sebuah pemandian air panas yang terletak tidak jauh dari wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari kawah aktif gunung tersebut. Dengan kandungan belerang dan komposisi yang sempurna, air panas di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, dan juga sebagai sarana terapi untuk rematik, gangguan syaraf dan tulang. Selain itu, air panas di pemandian ini juga dapat digunakan sebagai penyembuh kelumpuhan akibat penyakit stroke dan darah tinggi. Dengan luas mencapai 30 hektar, pemandian air panas ini dapat dinikmati dalam bentuk kolam sederhana untuk berendam saja, dan juga kolam luas khusus untuk berenang. Dolaners dapat berendam di kolam air panas sembari menikmati keindahan pegunungan nan menyegarkan mata.

Wisata Air Panas Ciater Wisata Air Panas Ciater - Dolan Dolen

Wisata Air Panas Ciater via klikhotel.com

Bagi Dolaners yang menginginkan berendam dengan suasana yang lebih privat, di wisata alam ini tersedia juga kamar-kamar khusus di mana Dolaners bisa berendam dengan lebih leluasa. Sedangkan bagi Dolaners yang ingin bermalam di sini, tersedia juga fasilitas bungalow.

Alamat :
Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Subang, Subang, Jawa Barat
Harga Tiket :
Rp. 15.000,- (tiket masuk)
Rp. 20.000,- sampai Rp. 80.000,- (tiket kolam air panas)
Jam Buka :
Buka selama 24 jam

 

9. Wisata alam Curug Dago Pakar dengan fasilitas modernnya.

Air terjun atau yang biasa disebut dengan Curug Dago Pakar ini berada di kawasan Wisata alam Bandung Dago pakar. Di kawasan ini sendiri ada beberapa air terjun yang bisa Dolaners kunjungi. Curug Dago misalnya, air terjun setinggi sekitar 10 meter ini menawarkan keindahan alam yang masih asri. Udaranya begitu sejuk dan menyegarkan, suara jatuhnya air terjun juga menakjubkan sehingga lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi Dolaners yang menyukai petualangan dan fotografi.

Curug Dago Pakar Curug Dago Pakar - Dolan Dolen

Curug Dago Pakar via sebandung.com

Selain Curug Dago, di wisata alam ini ada beberapa air terjun lain yang bisa ditemukan di Dago Pakar, misalnya Curug Lalay dan Curug Omas. Sama seperti Curug Dago, air terjun lainnya juga masih terlihat natural dan menawarkan panorama alam yang mengagumkan.

Alamat :
Jalan Dago Pojok, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 11.000,- per orang
Jam Buka :
07.00 – 18.00 WIB

Lihat Detail

 

10. Berwisata bersama puluhan rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Ranca Upas merupakan kawasan wisata alam terpadu, memiliki beraneka ragam jasa wisata unggulan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Terkenal sebagai kawasan tempat camping yang sangat luas dengan kapasitas mencapai 10.000 ribu orang, sehingga tempat ini sangat begitu leluasa dan anda bisa memilih lokasi atau tempat camping yang sesuai dengan keinginan anda. Ranca Upas juga adalah salah satu tempat terkenal sebagai konservasi Fauna jenis Rusa yang dibiarkan hidup di alam bebas seperti di habitat aslinya. Menikmati suasana dingin alam pegunungan yang menghampar, sambil melihat serta memberi makanan kepada hewan Rusa bisa menjadi sensasi tersendiri bagi Dolaners. Kawasan wiasta alam yang terkenal dengan hawa dinginnya ini juga sudah tersedia kolam renang serta pemandian air panas dengan fasilitas waterboom. Dolaners bisa menikmati sensasi bermain air dan berenang di kolam pemandian air panas di tengah kawasan hutan yang sangat indah, sejuk dan dingin.

Bumi Perkemahan Ranca Upas Bumi Perkemahan Ranca Upas - Dolan Dolen

Bumi Perkemahan Ranca Upas via initempatwisata.com

Kawasan Wisata Alam di Ciwidey ini juga menyediakan fasilitas Fun Adventure seperti kegiatan Outbond yang sangat menarik.

Alamat :
Jl. Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 10.000,- per orang
Jam Buka :
07.00 – 17.00 WIB

Lihat Detail

Bagaimana Dolaners, tertarik untuk mengunjungi destinasi Wisata Alam Bandung diatas. Yang pasti semua akan terasa begitu indah dan berkesan jika mengunjunginya dengan orang terdekat. Mari tetap jaga lingkungan ketika berwisata! Dolaners punya rekomendasi wisata alam lainnya yang berlokasi di Tanah Pasundan ini dan patut untuk di explore? Bagikan di komentar yuk!

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.