11 Tempat di Indonesia yang Dijadikan Lokasi Syuting Film-Film Hollywood Ternama

Keindahan Indonesia memang sudah tidak bisa disangkal lagi oleh siapa pun. Ya, tak hanya populer di negaranya sendiri, alam Indonesia bahkan telah dikenal luas hingga ke mancanegara. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang selalu membuat takjub setiap insan yang melihatnya. Tak hanya asyik jika dijadikan sebagai destinasi wisata untuk berlibur, kaindahan alam Indonesia bahkan telah diburu oleh para sineas terkemuka untuk berlomba lomba memproduksi hasil karya dengan menjadikannya sebagai latar setting tempat. Yang membuat lebih bangga lagi, film-film tersebut selalu menembus tangga box office hoolywood. Mau tau film film apa saja yang menjadikan Indonesia sebagai latar backgroundnya? Ini dia jawabannya.

1. King Kong yang mengangkat keindahan Pulau Mursala di Tapanuli Selatan berhasil mengangkat nama Indonesia di kancah dunia

Pulau Mursala Pulau Mursala - Dolan Dolen

Pulau Mursala via neerjafjalanjalan.wordpress.com

King Kong sebuah film ternama yang hingga saat ini masih tertancap di ingatan para penikmatnya ini memang cukup fenomenal. Film yang menceritakan tentang kisah asmara makhluk raksasa King Kong yang memiliki keterikatan batin dengan seorang gadis cantik bernama Ann Darrow (Naomi Watts). Yang menarik dari film ini, selain hubungan absurd itu adalah latar syuting yang digunakan sang sutradara. Film Hollywood yang rilis tahun 2005 ini menggunakan Pulau Mursala, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Indonesia sebagai lokasi awal penemuan sang King Kong, dan beberapa warga pribumi yang mendiami pulau tersebut. Dalam film garapan Peter Jackson ini, Pulau tersebut disebut sebagai Pulau Tengkorak alias Skull Island. Gimana, Dolaners sudah pernah menginjakkan kaki di Mursala Island belum? Masak kalah sama si King Kong (hehe).

 

2. Pasti uda pada tau dong kalo film Anaconda – The Hunt of Blood Orchid mengambil latar Hutan Mangrove di Kalimantan?

Hutan Mangrove Kalimantan Hutan Mangrove Kalimantan - Dolan Dolen

Hutan Mangrove Kalimantan via lautkita.blogspot.co.id

Anaconda, siapa yang tidak tau film hoolywood yang satu ini? Apalagi bagi Dolaners para pecinta reptil, pasti sudah hafal dengan alur ceritanya. Film besutan Dwight H. di Little ini menceritakan tentang petualangan sebuah rombongan dalam mencari bunga anggrek dengan jenis tertentu yang dipercaya akan bisa membuat awet muda dan abadi. Film yang masuk ke dalam box office internasional ini melakukan syuting di Hutan Mangrove yang ada di Kalimantan, Indonesia. Keindahan alam Borneo sangat apik dibingkai disini, lengkap dengan sungainya yang khas dan atmosfir hutan tropisnya yang lembab. Gimana jadi pingin nonton film ini lagi kan?

 

3. The Fall, film luar negeri yang menjadikan Ubud, Bali sebagai lokasi pengambilan gambar

Ubud Bali Ubud Bali - Dolan Dolen

Ubud Bali via inbali.org

The Fall merupakan sebuah film garapan tahun 2006 yang juga dikerjakan di Indonesia. Film garapan sutradara Tarsem Singh ini mengangkat keindahan Ubud di Pulau Bali sebagai latar dalam pembuatan filmnya. Film yang bercerita tentang cinta dan balas dendam. Diceritakan seorang pemuda bernama Roy (Lee Pace) yang membalas dendam kepada gadis kecil bernama Alexandria (Catinca Untaru). Dalam cerita yang dikisahkan oleh Roy, ada sebuah momen di mana para pemburu sang Gubernur diktator berjalan melewati hamparan sawah yang menghijau, di Indonesia. Sempat juga mereka menonton penampilan Tari Kecak yang dipimpin oleh penari Bali terkenal, I Ketut Rina. Menurut penuturan sang direktor, Tarsem Singh, dia terinspirasi oleh keindahan Pulau Bali, Ubud khususnya, dalam pembuatan film yang banyak memenangkan penghargaan di tingkat internasional ini. Gimana kamu sudah pernah nonton belum filmnya?

 

4. Sebuah cinta telah dipertemukan di Pulau Bali lewat film Eat, Pray, Love

Pulau Bali Pulau Bali - Dolan Dolen

Pulau Bali via ribuanwallpaper.blogspot.com

Eat, Pray, Love, sebuah film hollywood yang rilis pada 2010 ini diperankan oleh aktor kenamaan Hollywood, Julia Roberts. Seorang wanita Amerika yang telah mapan dari segi karir, memutuskan untuk meninggalkan suami dan pekerjaannya sebagai penulis. Liz (Julia Roberts) memutuskan untuk pergi ke luar negeri, mengelilingi beberapa negara, Indonesia salah satunya. Nah, ketika mengunjungi Bali, Liz bertemu dengan Gilbert (Javier Baldrem). Daaan, di Balilah cinta sejati itu bersemi. Gimana, Dolaners yang menyandang status jomblo abadi buruan dateng ke Bali deh, biar dapet cinta sejati kayak si Liz (hehe).

 

5. Amphibious, film tahun 2010 yang kembali menjadikan lautan Sumatera sebagai latar pembuatannya

Ombak Laut Sumatera Ombak Laut Sumatera 1 - Dolan Dolen

Ombak Laut Sumatera via ksmtour.com

Amphibious sebuah film yang juga memiliki judul Angkara Murka ini merupakan film 3D pertama yang menjadikan Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambarnya. Film Amphibious sendiri bercerita tentang sebuah binatang amfibi raksasa yang mulai mengusik ketenangan di perkotaan. Berlokasi syuting di perairan Pulau Sumatera, film yang satu ini berhasil membuat penontonnya terpukau. Yang membuat Indonesia lebih bangga lagi, 100% film ini berlatar Indonesia, lengkap dengan masyarakat pribumi aslinya. Meski dialog dalam Film Amphibious menggunakan bahasa Inggris, namun tak mengurangi rasa bangga sebagai orang Indonesia sedikitpun. Jadi gimana kamu masih malu jadi orang Indonesia?

 

6. The Savage, menjadi film berikutnya yang mengambil latar kepulauan Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambarnya.

Pulau Moyo Pulau Moyo 1 - Dolan Dolen

Pulau Moyo via ayokesumbawa.wordpress.com

Sebuah film hollywood berjudul The Savage menjadikan Pulau kecil di Nusa Tenggara Barat Indonesia, bernama Pulau Moyo, sebagai salah satu lokasi syutingnya. Film garapan Oliver Stone yang dirilis pada tahun 2012 ini juga bisa dikatakan sukses menarik penonton. Selama beberapa hari di Pulau Moyo, Oliver Stone bekerja sama dengan beberapa aktor kenamaan seperti Jhon Travolta, Salma Hayek, dan Blake Lively dalam menggarap The Savage.

 

7. Lagi-lagi Bali dilirik sebagai lokasi syuting, kali ini berjudul Alex Cross.

Pulau Dewata Bali Pulau Dewata Bali - Dolan Dolen

Pulau Dewata Bali via boozemagazine.com

Siapa yang tak kenal dengan Sutradara kenamaan bernama Rob Cohen. Ya, beliau merupakan sutradara dari film Mummy dan XXX. Dan pada project filmnya yang berjudul Alex Cross, Rob Cohen memilih Pulau Dewata bali sebagai lokasi syutingnya. Film yang dirilis pada tahun 2012 lalu ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris hollywood seperti Tyler Perry, Matthew Fox, Edward Burns,Rahel Nichols, dan Jean Reno. Kesemua pemain beradu peran di kawasan Karangasem dan Nusa Lembongan, Bali, Indonesia. Film yang menceritakan tentang perjalan detektif ini sangat mengangkat keindahan Bali dengan sempurna. Gimana, Dolaners juga mau coba dateng ke lokasi syutingnya?

 

8. The Philosophers – After the Dark, tak sekedar lokasi syuting, bahkan pemerannya pun aktris tanah air.

Pulau Belitung Pulau Belitung - Dolan Dolen

Pulau Belitung via kelilingnusantara.com

The Philosophers, sebuah film yang baru dirilis 2013 lalu ini ternyata tak cuma berlokasi syuting di Indonesia, film garapan John Huddles ini ternyata juga dibintangi oleh aktris asal tanah air loh! Ya, si cantik Cinta Laura. Film Philosophers ini mengisahkan tentang 20 remaja yang terkumpul dalam kelas filosofi di sekolah internasional Jakarta. Film ini dibintangi oleh para aktris dan aktor muda yakni James D’Arcy, Bonne Wrigth, Freddie Stroma, James D Arcy, Daryl Sabara, Sophie Lowe, Rhys Wakefield, dan Cinta Laura. Nah, yang membuat bangga adalah film ini berlatar syuting di Tanah air loh, tak hanya satu bahkan ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi pengambilan gambarnya yakni Pulau Belitung, Sumatera, Bromo, Candi Prambanan, dan juga di Jakarta.

 

9. Keistimewaan Yogyakarta terbingkai apik di film Java Heat.

Candi Borobudur Candi Borobudur Cover - Dolan Dolen

Candi Borobudur via dheatransportjogja.com

Sudah sejak lama bahwa kota Jogja selalu memiliki magnet untuk memikat setiap wisatawan yang datang. Saking terkenalnya Jogja akan keindahannya, sebuah film ternama bahkan dibuat disini loh. Mengusung judul Java Heat, film yang mengambil latar Candi Borobudur sebagai lokasi syutinya ini berhasil menghipnotis penontonnya. Mencaritakan tentang terorisme dan perebutan tahta kerajaan, Java Heat juga memakai aktor Indonesia bernama Ario Bayu dan Atikah Hasiholan sebagai salah satu pemainnya. Bahkan di film Java Heat ini juga ditampilkan acara kebudayaan untuk memperingati Hari Raya Waisak yakni acara penerbangan 1000 lampion.

 

10. Dead Mine, sebuah film action yang juga memilih Indonesia sebagai latar tempatnya.

Pulau Batam Pulau Batam - Dolan Dolen

Pulau Batam via funtasyisland.com

Dead Mine sebuah film action yang menjadikan Pulau Batam, Indonesia sebagai latar syutingnya. Tak hanya itu saja, film yang satu ini juga banyak melibatkan aktor serta aktris dalam negeri seperti Joe Taslim, Ario Bayu, Mario Lewis, dan Bang Tigor. Yang lebih kerennya lagi, mereka gak cuman jadi cameo, tapi juga menduduki peran peran yang penting. Keren banget kan? Gimana kamu udah nonton belum?

 

11. Dan yang terbaru, Blackhat yang dibintangi Chris Hemsworth memilih Ibukota Jakarta sebagai lokasi syuting andalan.

Ibukota Jakarta Ibukota Jakarta - Dolan Dolen

Ibukota Jakarta via anekawisatanusantara.blogspot.com

Siapa yang nggak kenal Chris Hemsworth? Aktor Hollywood yang berperan sebagai Thor dalam film The Avengers ini datang ke Indonesia sebagai Nicholas Hathaway dalam film yang rilis 2015 lalu. Film berjudul Blackhat ini sukses menarik banyak perhatian penonton movie lovers. Uniknya, film ini lebih banyak menonjolkan budaya dan landmark Indonesia di Ibu kota Jakarta. Jadi gimna, jangan bilang kamu belum nonton?

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.