11 Wisata di Garut Ini Akan Meyakinkanmu Bahwa Liburan Itu Suatu Keharusan

Di zaman sekarang arti liburan sudah tidak hanya sebagai mengisi waktu luang yang panjang saja, melainkan sudah menjadi sebuah keharusan, bahkan rutinitas bulanan ataupun mingguan yang harus dipenuhi setiap orang. Berwisata pun tak perlu jauh jauh ke luar negeri untuk mendapatkan kesenangan yang maksimal. Di Indonesia sendiri memiliki banyak tempat yang tak kalah menyimpan keindahan yang mempesona. Salah satu tempat di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan destinasi liburan adalah Garut.

Ya, sebuah kota di Jawa Barat ini mungkin masih asing ditelinga para pecinta travelling. Namun tahukah kamu jika Garut memiliki potensi pariwisata luar biasa yang belum banyak diketahui khalayak ramai. Ada wisata apa aja di Garut? Dan seberapa istimewanya Garut di kancah pecinta wisata? Simak penjelasan berikut degan seksama ya.

1. Talaga Bodas yang semakin romantis jika kamu nikmati bareng pacar

Talaga Bodas di Garut Talaga Bodas - Dolan Dolen

Talaga Bodas via kompasiana.com

Jika kawasan Ciwidey Bandung memiliki Kawah Putih Ciwidey, maka di wilayah Garut juga tak mau kalah dengan Talaga Bodasnya. Sekilas, Talaga Bodas memang bisa dikatakan tampak mirip dengan Kawah Putih Ciwidey. Talaga Bodas merupakan sebuah kawah belerang yang membentuk danau besar dengan airnya yang berwarna putih. Telaga atau orang sunda yang biasa menyebut dengan talaga, ini berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke Talaga Bodas Garut ini adalah di pagi hari, dimana saat kabut tipis masih menyelimuti kawah. Sinar mentari yang perlahan mulai muncul semakin menambah kehangatan yang menjadi kolaborasi sempurna di Talaga Bodas. Selain menikmati keindahan yang dihadirkan di kawasan wisata alama ini, kegiatan wajib yang harus Dolaners lakukan adalah hunting foto. Setelah puas, Dolaners bisa kembali meneruskan petualangan dengan mengunjungi ke pemandian air panas alami yang ada di sekitar Talaga Bodas  Garut ini.

 

2. Berpose cantik dengan view ala film Twilight di kawasan Hutan Mati Papandayan

Hutan Mati Papandayan Garut Hutan Mati Papandayan - Dolan Dolen

Hutan Mati Papandayan via farahqoon.blogspot.co.id

Kawasan Hutan Mati Papandayan adalah salah satu tempat yang selalu diburu para pecinta travelling yang berkunjung ke Garut. Hutan Mati Papandayan  Garut memiliki keistimewaan yang tak bisa Dolaners temukan di hutan lain. Jika pada umumnya hutan berwarna hijau lebat, maka lain halnya dengan hutan yang ada di Papandayan ini. Kawasan hutan mati menyajikan panorama pohon-pohon kering menghitam tanpa daun. Terkesan suram memang, apalagi saat berkabut. Namun dibalik itu semua, Hutan Mati memiliki daya tarik tersendiri. Hutan Mati Papandayan Garut sering dijadikan tempat pengambilan foto prewedding, sekedar hunting foto untuk koleksi pribadai atau bahkan sebagai lokasi syuting. Untuk bisa sampai ke lokasi hutan mati ini, dari pos pendaftaran pintu masuk Dolaners bisa berjalan menuju ke sisi kawah, jalan terus hingga menemukan Gober Hut. Di Gober Hut, ada pos pendaftaran lagi, warung dan juga tempat untuk beristirahat. Perjalanan bisa Dolaners tempuh 15 menit hingga samapai di Londok Saladah. Nah Pondok Saladah sendiri tempat yang sering digunakan untuk berkemah, selain nyaman, juga terdapat sumber air melimpah. Lokasi utama hutan mati terletak tak jauh dari Pondok Saladah Garut ini. Disarankan untuk Dolaners yang akan berkunjung ke kawasan Hutan Mati Papandayan agar membawa masker untuk menutupi hidung, karena mau belerang di kawasan ini sangat menyengat. Dan waktu yang terbaik untuk berkunjung adalah dipagi hari. Berfoto dengan ditemani cahaya matahari terbit di Hutan Mati Papandayaan adalah sesuatu yang menakjubkan.

 

3. Curug Orok yang ampuh menenangkan fikiran kalut seseorang

Curug Orok di Garut Curug Orok - Dolan Dolen

Curug Orok via curugorokdua.wordpress.com

Curug Orok merupakana sebuah air terjun yang berada di kabupaten Garut, Jawa Barat. Berkunjung ke Curug Orok, Dolaners tak akan pernah rugi. Pemandangan di sekitar air terjun setinggi kurang lebih gedung bertingkat 8 lantai ini akan menyejukan mata dan pikiran. Selain air terjun utama, di sekitarnya terdapat air terjun kecil mengalir dari sela-sela tebing yang tertutup perdu, sajian tatanan air terjun ini bagaikan sebuah taman air terjun. Air mengalir deras, menghempas dari atas ceruk bebatuan dan mengalir menuju sungai. Butiran airnya yang tertiup angin menyegarkan udara di sekitarnya. Pelangi-pelangi kecil samar-samar muncul di atas air. Jika Dolaners sudah puas bermain air, maka bisa bersantai di sekitar curug sambil menikmati hangatnya teh atau kopi yang dijajakan di warung yang terdapata di sekitar wisata alam Curug Orok  Garut ini. Oh ya, untuk bisa lebih menikmati suasana, disarankan untuk datang saat hari biasa. Karena pada hari weekend Curug Orok Garut selalu ramai diserbu para pecinta travelling.

 

4. Kampung Sampireun, spot sunda yang terpampang nyata di pelupuk mata

Kampung Sampireun Garut Kampung Sampireun - Dolan Dolen

Kampung Sampireun via lophbiru.blogspot.co.id

Kampung Sampireun adalah salah satu tempat untuk Dolaners yang ingin merasakan atmosfer Sunda yang kental. Seolah sengaja dipersiapkan sesempurna mungkin untuk memanjakan setiap pengjungnya, Kampung Sampireun di Garut adalah miniatur yang nyata dari tanah Sunda. Dengan mengusung konsep tradisional modern, Kampung Sampireun terletak di Desa Sukakarya, Samarang, Garut, Jawa Barat. Suasana sunda sudah kental terasa begitu Dolaners masuk kedalam kawasan ini, akan langsung disambut dengan asrinya pemandangan dan juga iringan musik tradisional yang dimainkan langsung oleh seniman musik dari Sampireun. Ada beberapa type yang bisa Dolaners pilih di Kampung Sampireun untuk menikmati suasana keasrian sunda, yakni bisa pondok yang ditempatkan di dibeberapa tempat di sekitar danau. Dolaners bisa menggunakan sampan kecil untuk menuju pondok tersebut. Atau untuk menciptakan kesan romantis bersama pasangan, Dolaners bisa memiliki resto apung mini di tengah danau dan merasakan sensasi romantis candle light dinner.

 

5. Kamu akan merasakan suasana layaknya surga dunia di Taman Bunga Situhapa

Taman Bunga Situhapa di Garut Taman Bunga Situhapa - Dolan Dolen

Taman Bunga Situhapa via travelingcow.com

Jika kebetulan Dolaners sedang berlibur ke kawasan Kawah Kamojang Garut Jawa Barat, maka tak ada salahnya jika menyempatkan untuk berkunjung ke Taman Bunga Situhapa, Garut. Berjalan jalan sambil mengelilingi Taman Bunga Situhapa dijamin tak akan membosankan. Memandangi kumpulan bunga mawar nan cantik, ditambah bonus sejuknya suhu udara di tempat ini, akan membuat Dolaners sejenak melupakan semua masalah yang ada. Jangan lupa juga untuk membawa kamera kesayangan, guna mengabadikan setiap moment Dolaners ketika berada di Taman Bunga Situhapa, Garut. Bahkan saking menarik dan cantiknya tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto pre wedding.

 

6. Mencoba terbang bebas layaknya merpati dengan Paragliding di Gunung Haruman

Paragliding di Gunung Haruman Garut Paragliding di Gunung Haruman - Dolan Dolen

Paragliding di Gunung Haruman via garut.co

Haruman merupakan gunung dengan permukaan puncak yang datar dan juga mempunyai akses jalan yang cukup mudah. Kontur tanahnya yang keras dengan lahan yang luas, serta berada pada kemiringan yang sangat cocok untuk dijadikan tempat olahraga paragliding. Sudah sejak lama Gunung Haruman Garut dinobatkan sebagai salah satu spot olahraga paragliding yang menjadi favorite. Lahan tanah Gunung Haruman Garut sebenarnya dimiliki oleh masyarakat sekitar sehingga tidak ada pengelola khusus di tempat ini. Bagi para pecinta olahraga paragliding perlu membawa peralatannya masing – masing karena memang tidak ada penyedia alat untuk paragliding di sini. Namun bagi Dolaners yang ingin mencoba, juga bisa mencoba dengan terbang didampingi sang guide. Tentu saja dengan alat keamanan yang telah disediakan pihak profesional.

 

7. Pantai Sayang Heulang yang akan membuatmu semakin sayang dengan ciptaan-Nya

Pantai Sayang Heulang di Garut Pantai Sayang Heulang - Dolan Dolen

Pantai Sayang Heulang via tipswisata.com

Pantai Sayang Heulang merupakan sebuah tempat wisata alam pesisir yang sedang naik daun. Pantai ini memiliki keistimewaan dimana terdapat batuan dan tebing indah yang cukup tinggi. Ombak Pantai Sayang Heulang yang cukup tinggi yakni sekitar 2 hingga 3 meter, sangat cocok untuk dijadikan spot berselancar. Keindahan tak berhenti sampai disitu, berada di Sayang Heulang Garut, coba rasakan kesegaran air laut yang disuguhkan Pantai menawan ini. Air lautnya yang berwana biru kehijauan yang jernih menjadi salah satu nilai plus dari pantai ini adalah kebersihannya yang cukup terjaga ini. Pantai Sayang Heulang sendiri terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

 

8. Pantai Puncak Guha yang menjadi saksi kesunyian hatimu

Pantai Puncak Guha di Garut Pantai Puncak Gua - Dolan Dolen

Pantai Puncak Guha via indahnya-ibupertiwi.blogspot.co.id

Pantai Puncak Guha merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan panorama pesisir yang bisa dilihat dari atas tebing. Sedangkan jika berjalan menuruni bawah tebing, Dolaners bisa melihat dan bercengkama dengan ratusan kelelawar. Pantai Puncak Guha Garut sangat cocok bagi Dolaners yang benar benar ingin menenangkan fikiran. Hal ini karena suasana di sekitar kawasan wisata alam ini masih sangat asri, alami dan menenangkan. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, karena di sekitar pantai Puncak Guha belum terdapat warung yang menjual dagangan. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment Dolaners selama berada di Pantai Puncak Guha Garut ini dengan kamera kesayangan.

 

9. Mengarungi Jeram Sungai Cimanuk seolah belajar mengarungi hidup

Arung Jeram Sungai Cimanuk, Garut Arung Jeram Sungai Cimanuk - Dolan Dolen

Arung Jeram Sungai Cimanuk via muhdhito.wordpress.com

Salah satu olahraga yang bisa Dolaners lakukan bersama dengan para sahabat ketika liburan tiba adalah arung jeram. Dan salah satu spot arung jeram yang bisa Dolaners coba untuk tahklukan adalah Sungai Cimanuk Garut. Selain memiliki pemandangan alam yang menawan dan akan membekas di hati, sembari memacu adrenalin, Dolaners akan disuguhi rute melintasi areal hutan bambu, tebing-tebing yang indah dan hijaunya daerah pesawahan yang luas. Sungai Cimanuk Garut sendiri memiliki lebar sampai 8 meter dengan kedalaman yang lumayan yakni mencapai sekitar 6 meter. Sepanjang aliran sungai Dolaners akan berhadapan dengan jeram-jeram cadas dan deras, sangat cocok bagi pecinta olahraga ekstrem. Meski demikian, jeram Cimanuk Garut tak berbahaya dan terbukti banyak orang yang ingin menjajal jeram yang ada disini.

 

10. Menikmati penorama Situ Bagendit bersama pasangan itu impian setiap orang

Situ Bagendit Banyuresmi Garut Situ Bagendit - Dolan Dolen

Situ Bagendit via pancensondel.blogspot.co.id

Situ Bagendit Garut adalah salah satu wisata alam yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap harinya. Meskipun begitu, namun soal kebersihan tak perlu khawatir, karena pihak pengelola sangat menjaganya. Selain cocok untuk Dolaners yang sedang berlibur berdua bersama pasangan, Situ Bagendit juga cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat atau orang orang terdekat. Menaiki sampan sambil berkeliling danau, bermain sepeda air, atau sekadar bersantai di tepi danau sembari menyegarkan mata dan pikiran adalah beberapa kegiatan favorite yang dapat Dolaners lakukan di tempat wisata ini. Wisata alam Situ Bagendit sendiri terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat.

 

11. Mendaki tangga menuju puncak Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje Garut Curug Sanghyang Taraje - Dolan Dolen

Curug Sanghyang Taraje via garutan.com

Curug Sanghyang Taraje merupakan salah satu wisata alam yang masih jarang dikunjungi di Garut. Puncak air terjun yang memiliki tinggi sekitar 90 meter ini terdiri atas dua jalur tumpahan air terjun, hal ini yang membuatnya juga dijuluki curug kembar. Air terjun kembar ini diapit dua bukit yang masih sangat rimbun. Air dari curug ini mengalir ke Sungai Cikandang melewati kolam air terjun dan sungai berbatu. Jika beruntung, Dolaners bisa, melihat lengkung pelangi tipis yang terbentuk akibat butiran air dari Curug Sanghyang Taraje Garut dan terpaan sinar matahari. Curug Sanghyang Taraje sendiri terletak di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.