15 Spot Fotogenic di Semarang yang Bikin Instagrammu Makin Dibanjiri Para Fans

Semarang merupakan sebuah kota yang indah di Jawa Tengah. Tak banyak orang tahu bahwa kota cantik yang satu ini menyimpan sejuta pesona keindahan pariwisatanya. Mulai wisata alam hingga wisata modern semua sengaja dihadirkan guna memanjakan setiap kamu kamu yang datang berlibur ke kota Lumpia ini. Berikut adalah tempat tempat fotogenic yang wajib Dolaners jelajahi dan abadikan momentnya.

1. Romantisme mendayung perahu bersama pendamping hidup di Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang Waduk Jatibarang - Dolan Dolen

Waduk Jatibarang via hellosemarang.com

Waduk Jatibarang merupakan sebuah waduk yang memakan waktu selama kurang lebih 4 tahun dalam masa pembangunannya. Kini waduk dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai beroperasi sebagaimana fungi sebenarnya. Beberapa fungsi utaman dari waduk dengan daya tampung 20,4 juta meter kubik ini selain untuk mengatasi masalah banjir, juga menjadi spot memancing yang digemari para pemancing mania. Dan tak disangka, Waduk Jatibarang ini bahkan sekarang menjadi salah satu objek wisata baru di kota Semarang yang sering dijadikan jujugan bagi para pecinta fotografi. Hal ini karena pemandangan yang ditwarkan begita menyejukkan mata, hijaunya hamparan perbukitan semakin indah dilihat ketika sore hari. Yang menjadi lebih istimewa adalah di bagian tengah waduk terdapat Gia Kreo yang menjadi hunian bagi para kera.

 

2. Mau tahu gimana keindahan Grand Canyon ala Indonesia? Yuk mari ke Brown Canyon

Brown Canyon Brown Canyon Cover - Dolan Dolen

Brown Canyon via semarangplus.com

Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi karena memang lokasinya sangat instagram able sekali. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi. Ketika Dolaners berkunjung ke tempat ini Dolaners layaknya sedang berada di luar Negeri, hal ini karena panoramanya yang menakjubkan. Jika Dolaners berkunjung di siang hari di jam jam kerja, Dolaners akan bisa melihat kegiatan para pekerja tambang di lokasi ini, karena memang ini lokasi penambangan yang masih aktif. Jadi disarakan Dolaners lebih baik berkunjung di sore hari.

 

3. Swimming Pool tertinggi di Indonesia? Ya… Sky Pool Star Hotel dong

Sky Pool Star Hotel Sky Pool Star Hotel Cover - Dolan Dolen

Sky Pool Star Hotel via booking.com

Sky Pool merupakan sebuah kolam renang yang menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki dari Star Hotel Semarang. Sesuai dengan namanya kolam renang ini seakan melayang, bagaimana tidak kolam ini berada di ketinggian yang bisa dikatakan sebagai kolam renang tertinggi yang ada di Indonesia. Jika Dolaners datang ke Sky Pool tak sekadar berenang, tapi juga dapat menikmati barbeque dan seafood di Sky Pool Bar, atau bersantai sambil menikmati minuman anggur di wineshop. Dari area Sky Pool ini terbentang pemandangan cantik kota Semarang ke semua arah. Selain menikmati sensasi berenang di ketinggian puncak hotel, sangat mengasyikkan berfoto-foto di Sky Pool Hotel Star Semarang. Area Sky Pool ini juga dapat Dolaners manfaatkan untuk event ulang tahun, wedding, live music, atau sekedar kongkow dengan teman dan relasi.

 

4. Yakin deh ribuan spot menarik di Kawasan Kota Lama ini akan membuat Dolaners jadi anak hits di Instagram

Kota Lama Semarang Kota Lama Semarang Cover - Dolan Dolen

Kota Lama Semarang via klikhotel.com

Bagi Dolaners yang mempunyai hoby fotografi, Kota Lama Semarang wajib untuk Dolaners kunjungi. Pertama-tama Dolaners bisa mengunjungi Stasiun Tawang yang masih nampak megak dengan kubah besar di tengahnya. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Di seberangnya terdapat Pabrik Rokok Praoe Lajar yang merupakan pabrik rokok indie yang beroperasi sejak jaman pemerintahan Belanda sampai sekarang. Bangunannya pun masih terawat sampai saat ini. Tidak jauh dari situ terdapat gedung Marabunta dengan ciri khas semut besar di kedua atapnya. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertunjukan. Ada juga gedung Marba yang terdapat di salah satu sudut area Kota Lama ini dengan ciri khas warna merah marun di dinding luarnya. Dari situ sudah nampak Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad. Berjalan ke arah Barat Dolaners akan menemui Jembatan Berok yang dulunya merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke kawasan gedung-gedung “Belanda” ini.

 

5. Dolaners tau gak kalo Semarang punya duplikatnya Masjidil Haram loh? Yaps, Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Semarang Masjid Agung Semarang Cover - Dolan Dolen

Masjid Agung Semarang via flickr.com/photos/dzaia-bs

Masjid Agung Jawa Tengah atau yang biasa dikenal dengan Masjid Agung Semarang ini memang merupakan masjid kebnaggan Jawa Tengah. Masjid ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya, karena disebut sebut kemegahannya menyerupai Masjidil Haram. Yang membuat demikian adalah terdapatnya payung hidrolik yang akan membuka dan menutup sendiri secara otomatis. Di Masjid Agung Semarang ini Dolaners tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Pasalnya di area masjid ini terdapat sebuah menara yang diberi nama Menara Asmaul Husna yang mana di dalam menara tersebut tepatnya di lantai 3 dan 4 terdapat sebuah perpusatakaan yang berisi banyak buku pengetahuan tenatng islam.Terdapat pula sebuah al-qur’an berukuran raksasa. Tidak hanya itu saja ada juga lantai menara paling atas yang menjadi tempat paling favorite pengunjung. Dari sini Dolaners bisa menikmati pemandangan kota Semarang dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Sungguh wisata religi yang patut untuk Dolaners kunjungi.

 

6. Pesona wisata mistis Lawang Sewu yang ternyata menyimpan kemolekan tersendiri di sisi lain

Lawang Sewu Semarang Lawang Sewu Semarang Cover - Dolan Dolen

Lawang Sewu Semarang via swaralakbok.wordpress.com

Jika Dolaners sedang berkunjung ke Lawang Sewu, mungkin yang terbersit adalah wisata misterinya. Karena memang di lawang sewu ini sering dijadikan tempat untuk syuting film horor. Bagi Dolaners yang ingin berjuji nyali, Dolaners bisa mengunjungi penjara bawah tanah yang terdapat di area lawang sewu ini. Namun tidak hanya wisata mistisnya saja, ada beberapa spot yang sangat bagus untuk berfoto di Lawang Sewu. Salah satunya di lantai 2 pada sebuah teras yang langsung menghadap ke Tugu Muda. Dolaners akan mendapatkan sebuah angle foto berbackground museum Mandala Krida, Wisma Perdamaian dan Tugu Muda akan kelihatan sangat indah. Sebaliknya, jika Dolaners sedang berada di kompleks luar Lawang Sewu, cobalah berpose didekat lampu merah sudut depan pintu masuk Lawang Sewu, dan Dolaners akan mendapat angle keseluruhan lawang sewu yang sangat menarik. Layak untuk dicoba. Tak heran jika di Lawang Sewu ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto pre wedding.

 

7. Kemegahanmu yang menjulang tinggi seakan membuatku tak bisa berhenti mengagumi, oh….Tugu Muda

Monumen Tugu Muda Monumen Tugu Muda Cover - Dolan Dolen

Monumen Tugu Muda via wikimedia.org

Tugu Muda Semarang merupakan tempat favorit bagi masyarakat terutama para kawula muda untuk berkumpul dan menghabiskan malam. Disini Dolaners bisa menikamti indahnya suasana Kota Semarang yang terkenal akan bangunana history nya. Dolaners bisa menikmati aneka bangunana peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Selain berfoto foto ria, disini Dolaners juga bisa bercanda gurau sembari duduk duduk di kursi kursi yang memang sengaja disediakan pemerintah setempat untuk menikmati keindahan icon kota Semarang ini. Tidak hanya itu saja, Dolaners juga bisa berwisata kuliner, karena memang di kawasan Tugu Muda Semarang banyak terdapat tempat kuliner.

 

8. Puncak Gunung Ungaran, Spot view paling hits di tahun 2016

Puncak Gunung Ungaran Puncak Gunung Ungaran - Dolan Dolen

Puncak Gunung Ungaran via hidupmulaisekarang.blogspot.co.id

Gunung Ungaran mrupakan salah satu gunung wisata yang namanya sudah sangat terkenal. Jika weekend tiba, para Dolaners berbondong bondong untuk berwisata ke gunung yang satu ini. Hingga kini pengelola terus menambah fasilitas guna menunjang kebutuhan setiap wisatawan yang datang. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Unggaran pun semakin dibenahi hingga menjadikan Dolaners nyaman, walau untuk pendaki pemula sekaipun. Sepanjang perjalanan, dijamin Dolaners akan menemukan banyak spot keindahan yang akan membuat decak kagum. Tentu saja, tak lain dan tak bukan, spot yang paling dicari dalam sebuah pendakian pastilah puncaknya. Puncak dengan ketinggian 2050mdpl ini mempunyai 3 pucuk tugu dan sebuah tiang bendera. Spot ini menjadi semakin padat dan ramai ketika para Dolaners berkumpul menunggu sang surya terbit dari ufuk timur. Namun bukan itu saja, coba pandang dan perhatikan pemandangan di sekelilingnya, banyak sekali spot yang indah untuk jadikan background foto.

 

9. Siapa bilang Taman Mini hanya ada di Jakarta, ini nih Puri Maerokoco, Taman Mini-nya Jawa Tengah

Puri Maerokoco Puri Maerokoco - Dolan Dolen

Puri Maerokoco via semarangplus.com

Puri Maerakaca merupakan salah satu obyek wisata Semarang yang berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Puri Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah ini ibarat taman mini yang dimiliki provinsi Jawa Tengah. Disebut demikian karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 Kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya berisi 35 anjungan itu saja, di Puri Maerakaca ini juga terdapat miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Puri Maerakaca juga dilengkapi dengan beragam wahana rekreasi menarik lainnya seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, area permainan anak hingga area outbond.

 

10. Ngaku anak kekinian tapi belum pernah ke Semarang Contemporary Art Gallery? Ah…. payah kalian!

Semarang Contemporary Art Gallery Semarang Contemporary Art Gallery - Dolan Dolen

Semarang Contemporary Art Gallery via outoftheboxindonesia.wordpress.com

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan sebuah gallery seni yang baru dibuka secara umum pada tahun 2011 lalu. Terletak di pusat kota Semarang, Contemporary Art Gallery ini dibangun dengan maksud untuk mendedikasikan galeri ini sebagai media pengenalan untuk karya-karya seni dari seniman Asia kontemporer, terutama yang berasal dari Indonesia. Pemerintah kota Semarang membuat kawasan ini nyaman dan artistik sehingga tak jarang para pasangan yang hendak menikah melakukan pemotretan pra wedding di kawasan ini. Tak sampai disitu saja, Semarang Contemporary Art Gallery ini terkenal sebagai gallery yang telah berhasil mempromosikan seniman muda berbakat dengan adanya pameran dan event seni yang diadakan di tempat ini. Dengan hanya membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000,- saja, Dolaners sudah bisa menikmati segala keindahan dan keunikan yang dihadirkan di Semarang Contemporary Art Gallery ini.

 

11. Makan yang bukan sekedar makan? Ya disini tempatnya, di Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking Ungaran Gubug Makan Mang Engking Ungaran - Dolan Dolen

Gubug Makan Mang Engking Ungaran via safiamita.blogspot.co.id

Gubug Makan Mang Engking merupakan salah satu rumah makan yang cukup terkenal yang berada di Ungaran, kabupaten Semarang. Rumah Makan yang satu ini menawarkan aneka hidangan khas Sunda. Restoran waralaba ini menempati lahan seluas 1,7 hektare dan dapat menampung hingga 500 orang yang terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian atas restoran adalah gaya kolonial dengan teras taman yang dapat menampung hingga 350 orang. Dan bagian bawah, terdapat gubuk gubuk makan di atas kolam yang dikelilingi oleh sawah hijau. Bungalow dirancang dalam gaya tradisional rumah Jawa dengan bambu dan atap jerami. Selain menikmati makanan lezat khas Gubung Mang Engking, di sini Dolaners juga bisa menikmati pemandagan sembari menghirup udara segar dari sawah sekitar restoran. Pemandangan Gunung Unggaran yang menakjubkan dapat Dolaners saksikan dari sudut manapun di restoran ini. Rumah Makan yang didesain asri dengan dipenuhi dinding bambu, atap dari daun nipah sejenis jerami serta lantai kayu merupakan paduan Sundha, Yogyakarta dan Bali khas sebagai khas Gubung Mang Engking.

 

12. Pingin ke puncak gunung tapi mager mau mendaki? Ini nih jawabannya, wisata Umbul Sidomukti, keindahan yang terbentang dari atas gunung

Umbul Sidomukti Umbul Sidomukti - Dolan Dolen

Umbul Sidomukti via youtube.com

Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang. Di kawasan wisata ini selain melihat pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran, Dolaners juga bisa menikmati beragam wahana seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta ada pula Meeting Room. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat Dolaners pilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Terdapat pula lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, tentu saja sudah terbayang view yang akan Dolaners dapatkan ketika sedang berada disini. Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi Dolaners seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm.

 

13. Napak tilas kedatangan kaum bangsawan Tionghoa di Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Po Kong Klenteng Sam Po Kong Cover - Dolan Dolen

Klenteng Sam Po Kong via wisatadisemarang.com

Klenteng Sam Poo Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sinilah Dolaners bisa menyaksikan atraksi atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China. Selain melihat kemegahan bangunan klenteng, Dolaners juga bisa berfoto dengan kostum khas Tionghoa. Dengan menbayar Rp. 80.000,- untuk menyewa kostum dan bisa berfoto di lokasi yang Dolaners inginkan.

 

14. Berwisata religi ke Pagoda Buddhagaya Watugong seakan sedang berada di negari gajah putih Thailand

Pagoda Buddhagaya Watugong Pagoda Buddhagaya Watugong Cover - Dolan Dolen

Pagoda Buddhagaya Watugong via yogyakarta.panduanwisata.id

Pagoda Buddhagaya merupakan sebuah vihara tempat ibadah umat budha yang berlokasi di Kota Semarang. Didalam Vihara ini terdapat Patung Dewi Kwan Im yang besar sekali, disini juga Dolaners dapat melakukan Ciam Si yaitu bertanya kepada Dewi Kwan Im dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan disana. Jika pertama Dolaners melempar sepasang batu, dan apabila posisi batu pada saat jatuh dengan posisi terbuka 1 artinya diijinkan bertanya, namun apabila tertutup berarti tidak diijinkan sedangkan apabila batu posisinya terbuka semua saat jatuh berarti dapat diulang kembali. Di sana Dolaners juga bisa mendengar sejarah awal mula dibangunnya Vihara ini dari sang penjaga Vihara. Tidak lupa di area Pagoda ini Dolaners bisa mengabadikan setiap moment dengan spot spot menarik yang sayang untuk dilewatkan.

 

15. Kamu mau wisata ke pantai tapi pacar kamu mau wisata ke kebun binatang? Gak usah ribet, dateng aja ke Pantai Marina Semarang, pantai indah lengkap dengan penangkaran hewannya

Pantai Marina Pantai Marina Cover - Dolan Dolen

Pantai Marina via tentangnusantara.com

Pantai Marina adalah salah satu pantai yang bisa Dolners temukan ketika berlibur ke Semarang. Di pantai ini, Dolaners bisa naik perahu keliling pantai, memancing atau sekedar sekedar santai beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan deburan ombak. Tk hanya itu Dolaners juga bisa menikmati keindahan tersendiri yang ada di Pantai Marina tersebut sambil menyaksikan kawasan Pelabuhan Tanjung Mas dan hutan bakau yang terlihat dari kejauhan. Di Pantai Marina, berjajar beberapa gazebo lengkap dengan kursi yang memang disediakan khusus bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dari dekat. Jika Dolaners jenuh duduk di kuris gazebo tersebut, Dolaners dapat beralih ke tembok pembatas pantai atau Breakwater. Selain lebih dekat, spot ini juga cukup bagus untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Di sekitar Pantai Marina ini juga terdapat area khusus yang menjadi tempat hidup beberapa satwa seperti rusa dan kancil. Kawasan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang yang cukup unik, letaknya persis di tepi pantai dengan tiket masuk Rp. 30.000,-

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.