15 Spot Instagram Terbaik di Jakarta yang Akan Menjadikan Kamu Anak Kekinian

Jakarta merupakan ibu kota dari negera kita tercinta, Indonesia. Meski disebut sebagai kota metropolitan yang sangat padat dengan bangunan bangunan perkantoran, Jakarta juga masih menyimpan ragam pariwisata yang menarik. Tak hanya wisata modern, di Jakarta juga banyak wisata bersejarah yang unik. Bahkan ada pula wisata alam yang mungkin tak pernah terbersit bahwa ada di kota metropolitan yang serba modern ini. Berikut adalah spot wisata terbaik yang wajib Dolaners eksplore.

1. Kehadiranmu bagaikan oase di tengah padang pasir, oh…. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove PIK Hutan Mangrove PIK - Dolan Dolen

Hutan Mangrove PIK via ilalangbasah.wordpress.com

Pasti jika mendengar kata Jakarta, yang terbayang di benak Dolaners adalah macet, panas, polusi. Ya kan ? Hayo ngaku? Tapi jangan salah, meski Jakarta adalah kota metropolitan, namun Jakarta juga punya wisata alam yang tak kalah indah dengan kota kota lain. Yap, Hutan Mangrove. Pasti Dtak pernah terbersit di pikiran Dolaners kan kalo Jakarta punya Hutan Mangrove? Namun ini nyata dan benar adanya. Hutan Mangrove Jakarta terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk. Fasilitas di Hutan Mangrove disini bisa dikatakan cukup lengkap, karena terdapat tempat berkemah, kantin, toilet, dermaga untuk pake boat keliling hutan mangrove, dan segal petunjuk nya yang lengkap. Ada pula persewaan boat untuk mengelilingi Hutan Mangrove ini. Di kawasan Hutan Mangrove ini juga terdapat sebuah hutan pengamatan burung, dimana disana terdapat beragam jenis burung yang bisa Dolaners temukan.

 

2. Kemegahan Bundaran Hotel Indonesia yang menjadi icon kota metropolitan

Bundaran Hotel Indonesia Bundaran Hotel Indonesia - Dolan Dolen

Bundaran Hotel Indonesia via youtube.com

Bundaran Hotel Indonesia atau yang lebih sering disebut dengan HI merupakan sebuah tempat dimana tanpa disadari telah menjadi salah satu icon dari kota Jakarta. Hotel Indonesia sendiri merupakan hotel termegah pertama yang diabngun di kawasan Asia Tenggara. Berkunjung ke Bundaran HI akan membuat Dolaners mendapatkan kepuasan tersendiri. Di siang hari Dolaners akan merasakan merasakan bulir bulir cipratan dari air mancur yang tertiup angin. Sungguh di tengah kota metropolitan melihat luasnya kolam air mancur, serasa ingin menceburkan diri. Lain lagi jika Dolaners berkunjung di malam hari. Gemerlap lampu yang menghiasi sir mencur semakin menambah kegagahannya. Tak heran jika di malam hari banyak Dolaners yang berpose di depan air mancur cantik ini sembari mengabadikan moment.

 

3. Sapa bilang Jakarta gak punya tempat seru yang bisa dibuat main main sambil foto foto? Nih buktinya Taman Fatahillah di Kota Tua

Taman Fatahillah Kota Tua Taman Fatahillah Kota Tua - Dolan Dolen

Taman Fatahillah Kota Tua via sunda-spirit.com

Museum Fatahillah meruapakn salah satu museum yang ada di kota Jakarta. Museum Fatahaillah sendiri merupakan sebuah gedung peninggalan zaman penjajahan. Dahulu bangunan ini berfungsi sebagai pemerintahan Belanda. Seperti kebanyakan gedung gedung yang memiliki gaya asitektur Eropa, di depan gedung selalu terdapat taman square atau alun alun. Begitu pun dengan Museum Fatahillah ini, yang memiliki area taman yang cukup luas. Selain Museum Fatahillah, taman di sekitarnya pun kini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di kota Tua Jakarta. Setiap harinya taman ini banyak dikunjungi para Dolaners. Beragam kegiatan menarik bisa Dolaners lakukan disini, seperti berjalan jalan, berkeliling menggunakan sepeda, jogging atau sekedar bercengkrama dengan para sahabat sembari berfoto foto. Karena keindahannya tak jarang yang menjadikan taman ini sebagai lokasi pemotretan.

 

4. Rasakan sensasi menginap di Mercure Jakarta Simatupang, sebuah hotel yang memiliki tingkat seni tinggi

Mercure Jakarta Simatupang Mercure Jakarta Simatupang - Dolan Dolen

Mercure Jakarta Simatupang via agusdarmika.com

Mercure Hotel merupakan salah satu hotel berbintang 4 yang ada di Jakarta. Namun hotel ini sangat berbeda dengan hotel kebangyakan pada umumnya. Sengaja didesain secara langsung oleh seniman grafiti, Mercure Jakarta memiliki beragam hal menarik. Interior di hotel ini dipenihi dengan seni. Yang unik terdapat sebuah cafe di lantai dasar yang interiornya full graffiti. Jadi bagi Dolaners yang hobby hunting foto, lounge yang satu ini wajib banget Dolaners dategin. Untuk soal harga tenang aja, cukup ramah di kantong kok. Tak hanya itu, Mercure juga mempunya keistimewaan lain. Tepat di lantai 9 dari hotel ini Dolaners akan mendapatkan panorama kota Jakarta secara menyeluruh. Di pagi, panorama yang ditawarkan adalah birnunya langit luas tak berbatas, sedangkan di malam hari kerlip lampu lampu ibu kota yang cantik seakan menjadi bintang yang menghiasi gelapnya malam.

 

5. Pantai yang ada di tengah kota gak cuman dimiliki Bali aja loh! Jakarta juga punya kok namanya Pantai Ancol

Pantai Ancol Pantai Ancol - Dolan Dolen

Pantai Ancol via covalimawati.blogspot.co.id

Jakarta merupakan sebuah kota metropolitan yang sekaligus menjadi ibu kota dari negera tercinta, Indonesia. Meskipun seagai kota metropolitamn, namun jangan salah, Jakarta juga punya segudang pariwisata yang menarik untuk Dolaners kunjungi loh! Dan siapa sangka, pantai juga ada di kota ‘besar’ ini. Pantai Ancol merupakan sebuah tempat wisata yang sudah terkenal. Beragam lapisan masyarakat bisa berkunjung ke pantai Ancol, hal ini karena memang tidak dipungut biasa sepeserpun untuk berwisata ke sini. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk Dolaners berkunjung. Beragam spot cantik Pantai Ancol siap menunggu kedatangan Dolaners. Disamping sudah tidak ada lagi terik matahari yang panas, deburan ombah seakan memanjakan mata Dolaners. Berkunjung ke Pantain Ancol jangan kupa untuk membawa kamera kesangan guna mengabadikan setiap moment indah disini.

 

6. Tau gak museum itu gak melulu indoor loh! Di Jakarta juga ada museum outdoor, namanya Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti Museum Taman Prasasti - Dolan Dolen

Museum Taman Prasasti via letsgo2museum.blogspot.co.id

Museum Taman Prasasti barangkali adalah satu-satunya museum luar ruangan di Jakarta, dimana hampir semua koleksi prasastinya berada di udara terbuka tanpa pelindung. Mungkin karena sebagian besar prasasti tersebut terbuat dari batu alam, marmer atau perunggu yang tahan terhadap perubahan cuaca. Museum ini menjadi semacam tempat pamer karya seni kubur masa lampau yang keindahannya melebihi seni kubur masyarakat umum sekarang ini, dan menjadi menarik dan informatif jika ada penjelasan di setiap prasasti. Di area depan Museum Taman Prasasti terdapat tugu tengara yang dibuat bagi 30 orang tentara kekaisaran Jepang. Mereka dibunuh militer ketika bala tentara Jepang menyerbu Indonesia.

 

7. Sapa bilang pergi berlibur harus ke tempat tempat mahal? Kesini aja yuk Taman Menteng, dijamin seru tau!

Taman Menteng Taman Menteng - Dolan Dolen

Taman Menteng via forumtempatwisata.com

Taman Menteng merupakan salah satu dari kekian banyak taman kota yang dimiliki Jakarta. Taman Menteng memang dibuat semenarik mungkkin agar bisa dinikmati dengan nyaman oleh setiap Dolaners yang datang. Di Taman Menteng ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Adanya pepohonan yang rimbun menjadikan Taman Menteng lebih rindang dan sejuk. Karena kesejukan dan kenyamana itu lah taman kota ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan di Taman Menteng ini, bahkan Dolaners bisa melakukan olahraga jogging maupun berpiknik ria disini. Selain itu, karena keindahannya Taman Menteng juga sering dijadikan lokasi syuting FTV indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Mari hunting foto di Taman Menteng.

 

8. This’s it, Monumen Nasional (Monas), sebuah icon wisata kota Jakarta

Monumen Nasional (Monas) Monumen Nasional Monas - Dolan Dolen

Monumen Nasional (Monas) via maselly2000.wordpress.com

Mengunjungi Monas di sore hari dengan berjalan – jalan atau bersepeda menyusuri taman yang ada di Monas merupakan kegiatan mengasyikan yang bisa Dolaners lakukan, Dolaners juga bisa menghabiskan waktu dengan berfoto – foto sambil melihat pemandangan sekitar. Tidak hanya itu, Dolaners juga bisa melihat keindahan pemandangan Ibu Kota Jakarta dari atas Monas dengan menaiki lift untuk mencapai puncaknya. Pengelola Monas juga menyediakan teropong yang bisa Dolaners gunakan untuk melihat panorama Kota Jakarta lebih jauh lagi. Di puncak monas juga terdapat api kemerdekaan yang terbuat dari lembaran emas yang melambangkan semangat bangsa Indonesia yang menyala – nyala. Dolaners juga bisa berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Indonesia yang letaknya masih satu kawasan dengan Monumen Nasional.

 

9. Menelisik jejak kedatangan kaum Tionghoa di Petak 9 Glodok

Petak 9 Glodok Petak 9 Glodok - Dolan Dolen

Petak 9 Glodok via photobucket.com/user/inais_photo/library

Sudah sejak lama kawasan Petak Sembilan Glodok dikenal dengan kawasan Chinatown yang ada di Jakarta. Selain itu kawasan petak 9 juga dikenal dengan pusat kuliner yang ada di Ibu Kota Jakarta, disini Dolaners bisa menemukan aneka macam hidangan makanan terutama masakan khas Tionghoa. Satu lagi hal menarik yang ada di Petak Sembilan Glodok ini adalah adanya Klenteng Petak Sembilan atau dikenal juga dengan Vihara Dharma Bakti yang menjadi tempat ibadah dan juga terbuka menjadi tempat wisata dimana Dolaners bisa berfoto dengan bebas disana. Dibangun pada tahun 1650 oleh seorang letnan berkebangsaan Cina, Kwee Hoen, vihara ini dinamakan Koan Im Teng termasuk dalam kategori vihara tertua di Jakarta. Selain itu, di Petak 9 ini juga terdapat sebuah gereja Katolik kuno dengan arsitektur Tionghoa yang ternyata jarang diketahui oleh masyarakat Jakarta.

 

10. Welcome to Disneyland ala Indonesia

Dufan Jakarta Dufan Jakarta - Dolan Dolen

Dufan Jakarta via romlah.com

Indonesia memiliki Disneyland sendiri di mana Dolaners dapat merasakan perjalanan budaya Indonesia dan banyak negara lainnya. Dengan atraksi menarik termasuk wahana permainan halilintar yang mendebarkan, arung jeram, wahana simulasi perang, bom bom car, tornado serta banyak permainan hiburan lainnya yang menarik dengan penambahan wahana terbaru Hysteria di mana Dolaners dapat merasakan sensasi gravitasi nol ketika Dolaners dijatuhkan dari ketinggian. Dunia Fantasi sendiri dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Sengaja memakai konsep mebagian kawasan tersebut dimaksudkan agar Dolaners lebih bisa berimajinasi dan lebih menikmati sensasi seperti di tempat aslinya yakni di kawasan Jakarta tempo dulu, Amerika, Asia, Yunani dan lain lain.

 

11. Ini nih tempat paling kekinian yang wajib Dolaners datengin, Hauwke’s Auto Gallery

Hauwke’s Auto Gallery Hauwke   s Auto Gallery - Dolan Dolen

Hauwke’s Auto Gallery via riantiendah.wordpress.com

Bagi Dolaners pecinta segala sesuatu yang berbau vintage, wajib banget dateng ke Hauwke’s Auto Gallery, Jakarta. Ketika pertama kali datang ke Hauwke’s Auto Gallery ini, Dolaners akan langsung merasakan atmosfir 60 an. Nuansa klasik akan sangat kental terasa, ditambah lagi deretan mobil tua antik bejajar dengan rapih lengkap dengan desain interior yang mendukung. Hauwke’s Auto Gallery ini sendiri terbagi menjadi dua area, yakni area indoor dan outdoor. Di area outdoor, Dolaners dapat menemukan beberapa mobil klasik yang berjajar anggun, mulai dari Chevrolet Bel Air, Chevrolet Impala, Austin Seven keluaran 1937 hingga mobil Formula 1vintage. Sebagai aksen untuk lebih memberikan kesan klasik, di area ini juga dibuatkan sebuah pompa bensin Texaco model lawas. Memasuki ruang indoor, Dolaners akan dibuat terkesima dengan koleksi yang dimiliki Hauwke, mulai dari Chevrolet Corvette, Mustang Boss, hingga mobil eks-Presiden Soekarno pun terpajang rapih di ruangan ini. Naik ke lantai dua, Dolaners dapat melihat dinner set Amerika seperti tahun ’50-an, yang di penuhi dengan furniture serta beragam perak-pernik yang khas di eranya.

 

12. Mari mari menjelajah Indonesia lewat Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah Taman Mini Indonesia Indah - Dolan Dolen

Taman Mini Indonesia Indah via youtube.com

Taman Mini Indonesia Indah merupakan sebuah taman rekreasi dimana Dolaners bisa belajar sekaligus berwisata di sana. Di TMII Jakarta ini Dolaners bisa mengagumi, mempelajari arsitektur dan desain di dalam taman. Untuk anak-anak ada Istana Anak-anak, Istana Anak-anak Indonesia, menyajikan dongeng dari berbagai pulau di Indonesia begitu juga dongeng dari seluruh dunia, tersedia taman hiburan untuk anak-anak dan kapal angsa untuk menjelajahi kepualauan di danau. Sedangkan untuk anak yang lebih besar dan dewasa ada Imax Theather di Keong Emas, panggung untuk pertunjukan musik, dan Snowy Bay, rekreasi air. Untuk Dolaners yang pecinta alam, ada taman anggrek, cacti, herba, taman bunga dan ada juga Taman Burung. Teater Tanah Airku adalah teater pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi panggung seni. Teater Tanah Airku adalah perpaduan estetika antara Indonesia dan Internasional.

 

13. Mengorek kejayaan Pelabuhan Sunda Kelapa di masanya

Pelabuhan Sunda Kelapa Pelabuhan Sunda Kelapa - Dolan Dolen

Pelabuhan Sunda Kelapa via dronestagr.am

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tertua yang ada di Indonesia. Selain itu Pelabuhan ini juga merupakan cikal bakal terbentuknya kota Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa sempat berganti nama beberapa kali namun berdasar SK Gubernur DKI Jakarta tanggal 6 Maret 1974 nama Sunda Kelapa ditetapkan sebagai nama resmi pelabuhan ini. Kini, Pelabuhan Sunda Kelapa tidak terlihat sesibuk saat masa jaya nya. Namun karena mengingat nilai sejarah yang dimilikinya tinggi, Pelabuhan Sunda Kelpa kini dialihfungsikan menjadi salah satu tempat bersejarah yang ada di Jakarta. Beragam bangunana peninggalan Belanda yang ada di sekitar pelabuhan ini pun kini dijadikan sebagai museum.

 

14. Cafe Batavia yang mencerminkan Djakarta Tempoe Doeloe

Cafe Batavia Cafe Batavia - Dolan Dolen

Cafe Batavia via happyduckling.wordpress.com

Siapa yang tak kenal Cafe Batavia? Sebuah tempat yang tak hanya berfungsi untuk mengisi perut saja, melainkan juga mengenal sejarah dengan cara yang berbeda. Cafe Batavia yang hadir dengan konsep tempoe doeloe-nya Jakarta akan membawa Dolaners seolah kembali ke pada zaman dahulu. Selain menghadirkan aneka menu makanan yang menggugah selera, Batavia Cafe juga menghadirkan nilai history dari kawasan kota tua, yang notabene menjadi letak daripada cafe ini. Bangunana Cafe Batavia ini konon dibangun selama 45 tahun di tahun 1850 yang kemudian digunakan sebagai kantor administrasi pada zaman VOC. Jadi apa salahnya mengisi perut sembari menambah ilmu sejarah temtang kota Jakarta di Cafe Batavia, jangan lupa foto foto juga buat nambah koleksi di instagram.

 

15. Yuks belajar dulu ke Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia Museum Nasional Indonesia - Dolan Dolen

Museum Nasional Indonesia via wikimedia.org

Museum Nasional Indinesia merupakan sebuah wisata bersejarah yang masih berada dalam satu kawasan dengan Monumen Nasional. Di Museum Nasional Indonesia di Jakarta ini Dolaners bisa mengenal sejarah bangsa Indonesia lebih dalam lagi. Beragam history dan peninggalan bangsa ini ada di dalamnya. Museum ini menampung pengunjung kurang lebih 500 orang. museum ini berisikan sejarah Indonesia mulai dari jaman prasejarah sampai masa Orde Baru. Didalam museum Dolaners akan menemukan 51 diorama dengan ruangan yang berlapiskan marmer. Setelah puas belajar sejarah di museum. Dolaners juga bisa bersenang senang sambil menikmati suasa berlibur di Monumen Nasional yang memang masih masuk dalam satu kawasan.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.