15 Spot Instagramable di Malang yang Bikin Kamu Makin Cinta sama Kota Sejuk Satu Ini

Malang mungkin sebuah kota yang tidak tergolong besar. Namun jangan salah, kota sejuk yang satu ini menyimpan sejuta surga tersembunyi yang tak banyak orang ketahui. Beragam potensi alam telah dimiliki kota Malang, mulai dari pegunungan, hutan, pedesaan, hingga pesisir, semua ada di Malang Raya. Berikut adalah spot instagramable yang dijamin akan membuat Dolaners semakin mencintai kota Malang. Jadi buat yang ngaku anak hits, wajib banget kalian datengin. Eits, tapi jangan dirusak ya!

1. Apa bedanya Labirin Coban Rondo sama kamu? Kalo labirin muter muter di taman kalo kamu muter muter di hati aku

Labirin Coban Rondo Labirin Coban Rondo - Dolan Dolen

Labirin Coban Rondo via dianrika90.blogspot.co.id

Selain menikmati wisata alam air terjun yang indah, di Wahana Wisata Coban Rondo Malang ini Dolaners juga bisa melakukan beragam kegitan yang mengasyikan lainnya. Salah satu kegiatan favorite disini adalah berkunjung ke taman labirin. Labirin (maze) adalah permainan yang sudah tidak asing di telinga. Labirin adalah jaringan jalan yang rumit dan berliku-liku. Pada umumnya, labirin dibuat untuk tujuan hiburan. Tujuan permainan ini adalah Dolaners harus menemukan jalan keluar dari sebuah pintu masuk. Bisa juga kondisi pemain menang yaitu ketika dia mencapai suatu titik di dalam labirin tersebut. Yang unik tepat di tengah taman labirin ini dibangun air mancur yang eksotis. Di sini juga dihadirkan lengkap dengan bangunan semacam tower beranak tangga yang difungsikan bagi Dolaners yang ingin berfoto dengan background labirin. Bagi Dolaners yang mencoba berpetualang masuk kedalam Labirin Coban Rondo di Malang ini, kemudian Dolaners bisa mencapai titik tengah dan difoto dari atas tower merupakan spot paling menarik disini.

Penginapan Disekitar

 

2. Penasaran gimana rasanya tinggal di rumah pohon? Yuk mari datang dan rasakan sensasi bermalam di Omah Kayu Wisata Gunung Banyak

Omah Kayu Wisata Gunung Banyak Omah Kayu Wisata Gunung Banyak - Dolan Dolen

Omah Kayu Wisata Gunung Banyak via titofebrian.com

Gunung Banyak, terletak di dataran tinggi kota wisata Batu termasuk juga masuk dalam lingkup Malang Raya, gunung yang satu ini terkenal dengan ragam wisatanya yang ditawarkan. Wisata Rumah Pohon atau Omah Kayu berada di Gunung Banyak ini menjadi fenomenal sejak kemunculannya di social media. Pohon yang digunakan sebagai hotel berada di atas Gunung Banyak (1.340 mdpl). Di Omah Kayu ini menghadirkan suasana yang sangat alami, sejuk, dan dingin khas pegunungan. Pesona yang luar biasa ini membuat banyak orang tertarik untuk menginap dan memesan kamar hotel tersebut jauh hari. Saat malam hari, suasananya sangat indah, kelap kelip lampunya seperti hamparan permata. Apalagi jika tepat pada bulan purnama, pemandangannya luar biasa indah. Dolaners bisa bersantai-santai di teras Omah Kayu, atau sekedar duduk-duduk di kursi kayu yang sengaja dibuat menghadap tebing oleh pengelola. Selain kursi kayu, ada pula tempat perapian dan ‘hammock‘ yang semakin mengesankan tempat ini sebagai tempat peristirahatan yang tenang dan damai. Jika beruntung, dari atas rumah pohon Dolaners bisa melihat orang-orang yang sedang melakukan paralayang.

 

3. Menyelam di surga bawah air Sumber Sirah Gondanglegi seakan mengingatkan Dolaners pada Bunaken

Sumber Sirah Gondanglegi Sumber Sirah Gondanglegi - Dolan Dolen

Sumber Sirah Gondanglegi via Moh. Ainur Risyada

Sumber Sirah merupakan salah satu objek wisata alam yang tergolong baru di Malang Raya. Air yang mengalir di Sumber Sirah sangat jernih dan di dasar sumber air ini terdapat tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil. Karena jernihnya air di sumber sirah ini, ketika masih berada di permukaan, tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan-ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Menuju Sumber Sirah, Dolaners akan ditemani hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar. Disarankan bagi Dolaners agar membawa peralatan snorkling dan kamera underwater, agar tidak terlewat untuk nikmati sensasi wisata biota air tawar yang menghijau. Menikmati indahnya ganggang atau alga hijau, Dolaners juga bisa main river tubbing. Ya, meski lintasan yang ada pendek namun tak kalah seru. Selesai bermain air, cobalah beristirahat di gubug-gubug yang ada di pematang sawah, atau berteduh di bawah pepohonan.

 

4. Kemegahan Museum Angkut, Batu Malang akan mengingatkan Dolaners pada Universal Studio Singapore

Museum Angkut Museum Angkut Cover - Dolan Dolen

Museum Angkut via intaninchan.wordpress.com

Bagi kalian para Dolaners yang ngaku kekinian, wajib banget hukumnnya berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Tau gak? Ini Universal Studio-nya backpaker loh! Benama Museum Angkut, objek wisata ini memiliki keseruan yang taka kalah dengan Universal Studio Singapore. Berdiri di atas lahan seluas 3,7 ha, selain sebagai objek wisata belajar aneka transportasi darat, laut, udara baik yang ada sejak zaman dahulu hingga transportasi modern di Museum Angkut plus Movie Star Studio ini juga terbagi menjadi beberapa zona yang memudahkan Dolaners dalam menikmati fasilitasnya. Yakni terdiri dari zona edukasi, zona jerman, zona batavia, zona gangtser & broadway, zona las vegas, zona italy, zona hollywood, zona prancis. dan ada juga zona pasar apung Nusantara. Dengan hanya membayar tiket masuk seharga Rp. 60.000 untuk wekkday dan Rp. 80.000 untuk weekend, Dolaners bisa menyalurkan hoby fotografi di semua sudut objek wisata.

 

5. Menyeberangi jernihnya air danau di Waduk Selorejo untuk bisa sampai ke Pulau Jambu

Waduk Selorejo Waduk Selorejo Cover - Dolan Dolen

Waduk Selorejo via caderabdul.wordpress.com

Waduk selorejo merupakan salah satu objek wisata legenda yang kini masih eksis keberadaannya. Bendungan yang satu ini termasuk daerah yang masih cukup berhasil menjaga kondisi airnya sehingga terbebas dari limbah air. Taman wisata ini cukup luas dan sejuk. Cocok untuk refreshing bersama para sahabat. Dolaners juga bisa berperahu ke Pulau Jambu yang ada di tengah waduk. Di pulau itu terdapat ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Begitu sampai di Pulau Jambu, Dolaners dapat mendaki bukit kecil dan memasuki sebuah kebun jambu yang sangat rimbun. Selain kegiatan memancing, sarana dan fasilitas pendukung lainnya adalah lapangan golf, taman bermain anak, kolam renang anak dan dewasa, motor boat, dayung, permainana sky air, tempat perkemahan, penginapan, restoran, flying fox hingga arena olah raga. Selain itu, di Taman Selorejo ini ada jembatan gantung yang sekilas mirip jembatan di Amerika. Melewati jembatan gantung ini cukup memacu adrenalin. Pasalnya, jembatan ini tidak memiliki tiang pondasi bawah namun hanya berupa seutas baja yang ditarik di kedua ujungnya. Alhasil, jika dilewati jembatan akan sedikit agak bergoyang – goyang.

 

6. Keeksotisan Alun-alun Tugu lengkap dengan Balai Kota Malang yang memiliki bangunan berarsitek zaman Belanda

Alun-Alun Tugu Alun Alun Tugu - Dolan Dolen

Alun-Alun Tugu via ngemengepe.com

Sebuah tempat dimana telah menjadi salah satu icon wisata utaman dari Kota Malang bernama Alun alun Tugu Kota Malang. Alun alun Tugu atau yang biasa disebut dengan Alun alun bunder ini merupakan tempat diamana juga sering diadalan festival atau event event yang menghibur bagi warga Malang Raya. Salah satu alun alun yang ada di malang ini mempunyai sebuah tugu yang menjulang tinggi di tengahnya, serta dikelilingi kolam yang penuh dengan bunga teratai nan indah. Hal ini lah yang menjadikan tempat ini sering menjadi spot pilihan untuk pengambilan foto, apalagi dengan adanya Balai Kota Malang yang memiliki bangunana berarsitektur Belanda yang semakin menjadikan hasil jepretan Dolaners terlihat lebih indah. Hasil foto di Alun-Alun Tugu Kota Malang akan menjadi menarik, apalagi jika diambil pada saat malam hari, dengan pendaran warna warni lampu serta dekorasi yang mengelilinginya. Pohon-pohon tua nan kokoh yang mengelilingi alun-alun ini juga menambah keromantisan suasana.

Penginapan Disekitar

 

7. Air Terjun Coban Kethak, sebuah permata tersembunyi di balik bukit kera

Coban Kethak Ceban Kethak - Dolan Dolen

Coban Kethak via kasembon.com

Air terjun Coban Kethak, sebuah objek wisata baru yang berada di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang dan berada di areal hutan lindung BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Ngantang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat menawan. Berada di antara tebing bebatuan yang tidak terlalu tinggi, deburan air terjun yang membelah tebing memecah kesunyian hutan belantara di kawasan ini. Tidak hanya terdengar keras, aliran arus coban tersebut juga terlihat begitu kencang meliuk di antara bebatuan kali. Buih-buih dari aliran air terjun tampak seperti ribuan pelari yang berkejaran. Menariknya, suguhan keindahan Coban Kethak tidak hanya terletak pada guyuran air terjunnya, tapi juga pada pemandangan alam sekitarnya. Di kawasan coban, terdapat pepohonan yang begitu rimbun, berwarna hijaumenyejukkan mata disertai warna warni bunga bunga yang mekar. Disini Dolaners juga bisa menemukan aneka tanaman buah, salah satunya buah durian.

 

8. Warna warni keindahan Taman Bunga Selecta yang menjadi spot wajib bagi kalian para fotogenic mania

Taman Wisata Selecta Taman Wisata Selecta Cover - Dolan Dolen

Taman Wisata Selecta via jalan2.com

Selecta merupakan sebuah objek wisata yang berada di kawasan dataran sejuk kota wisata Batu. Selain memiliki ragam wahana air yang mengasyikan untuk dicoba, objek wisata yang satu ini juga memiliki spot menarik yang wajib Dolaners singgahi. Kebun Bunga Selecta merupakan salah satu spot di objek wisata ini yang menjadi favorite para Dolaners. Tidak hanya satu atau dua jenis, di sini Dolaners bisa menemukan beragam jenis tanaman hias yang berwarna warni. Yang semakin menabah unik, di kawasan ini juga dihadirkan wahan skybike atau sepeda udara yang mana Dolaners akan bisa berkeliling di atas kebun bunga selecta sembari berselfie ria. Pasti sudah bisa membayangkan dong giman berfoto di udara dengan panorama kebun bunga berwarna warni di bawah kaki Dolaners. Karena ragam keindahan yang ditawarkan inilah, tak heran jika kebun bunga Selecta sering dijadikan tempat pilihan untuk lokasi pemotretan. Bgaimana ingin mencoba? Silahkan Dolaners datang langsung ke Selecta yang berlokasi di Jalan Raya Selecta No. 1, Batu Malang.

 

9. Menelusuri Eco Green Park seolah sedang berada di dunia para jurassic

Eco Green Park Eco Green Park Cover - Dolan Dolen

Eco Green Park via happytravelmates.blogspot.co.id

Eco Green Park, sebuah objek wisata yang masih dalam satu kawasan luas Jawa Timur Park. Objek wisata yang satu ini berbeda dengan yang lain. Di sini selain berlibur, Dolaners juga bisa belajar tentang alam sekaligus. Disini Dolaners bisa tau bagaimana cara menjaga alam, bagaimana cara bertani, berternak bahkan Dolaners juga akan diajarkan bagaimana cara mendaur ulang sampah yang sudah tidak dipakai agar menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi. Yang menarik di Eco Green Park ini atmosfir yang dihadirkan sangat elok, sangat pas untuk berfoto foto. Hijaunya pemandangan alam yang dihadirkan akan membuat Dolaners lupa bahwa ini objek wisata buatan. Beragam wahana yang bisa Dolaners temukan di Eco Green Park ini seperti Zona Miniatur Candi-Candi Terkenal di Seluruh Jawa, Zona Insectarium, Zona Walking Bird, Zona Music Plaza, Zona Jungle Adventure, Zona Animal Farm, Zona Hydroponic, Zona Burung Kakak Tua Sedunia (World Parrots), Zona Kerajaan Bebek (Duck Kingdom), Zona Rumah Terbalik, Zona Water Track, Dome Multimedia, Eco Journey, Eco Science Center.

 

10. Kemegahan Museum Satwa yang menyiratkan tentang Yunani

Museum Satwa Museum Satwa Cover - Dolan Dolen

Museum Satwa via septarius.wordpress.com

Memasuki Museum Satwa, Dolaners akan disambut megahnya bangunana mewah berwarna putih bergaya Yunani. menyajikan beragam fosil hewan purba yang diawetkan dari berbagai negara. Tidak hanya fosil awetan saja, disini juga terdapat miniatur binatang yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran sesungguhnya satwa tersebut yang berasal dari berbagai belahan dunia, seperti Amerika, Afrika, Asia. Australia, Eropa, Artik, hingga Antartika. Anda tidak hanya bisa menikmati figure binatang masa kini disini, namun juga dimanjakan dengan fosil replica dari hewan purba. Beberapa pilihan binatang purba yang tersedia di Jatim Park 2 antara lain, Apotosaurus, T-Rex, Stegosaurus, dan Mammoth. Di Museum raksasa ini, juga terdapat Insectarium yang memamerkan ratusan koleksi serangga mulai dari jenis kumbang, laba-laba, kupu-kupu, belalang, dan serangga lainnya yang dapat Anda ketahui dan pelajari. Selain menambah ilmu pengetahuan, di Museum Satwa ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi pengambilan foto dikarenakan banyak spot spot yang menarik.

 

11. Menjelajahi Masjid Megah Tiban Malang yang konon hanya dibangun semalam dengan bantuan tangan tangan jin

Masjid Tiban Turen Malang Masjid Tiban Turen Malang - Dolan Dolen

Masjid Tiban Turen Malang via blog.ub.ac.id

Masjid Tiban yang berada di Turen Malang merdadak fenomenal, hal ini karena selain memiliki kemegahan seperti kebanyakan masjid di negara Timur Tengah yang tiada duanya, masjid ini juga disebut sebut dibangun dengan bantuan jin. Di sebut demikian karena masyarakat tidak tahu menahu mengenai awal mula pembangunannya. Padahal masjid ini menang murni dibangun oleh orang biasa pada umumnya tepatnya para santri yang tinggal di pondok pesantren Salafiyah Bihaaru ini dan pembangunannya pun menggunakan biaya pribadi pihak pesantren. Masjid ini terdiri dari lantai 9 yang dapat anda jelajahi dengan menggunakan lift ataupun dengan melalui anak tangga yang telah disediakan. Pada lantai dasar yang, pintu masuk dibuat berlorong dan dihiasi dengan lampu yang memberikan kesan tersendiri. Di lantai sembilan Dolaners dapat melihat pemandangan yang indah baik itu didalam komplek atau diluar kompleks pendok pesantren.Puas menjelajahi masjid hingga lantai sembilan Anda bisa keluar dan juga bisa mendapatkan kaset cd yang berisikan tentang pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. Selain itu disalah satu tempat terdapat area yang digunakan khusus untuk satwa, seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan dan beberapa macam satwa lainnya.

 

12. Mengeksplore keindahan Desa Sumber Brantas Batu yang menyimpan banyak potensi wisata

Desa Sumber Brantas Batu Desa Sumber Brantas Batu - Dolan Dolen

Desa Sumber Brantas Batu via panoramio.com/user/7004850

Kawasan Desa Sumber Brantas Batu sudah sejak dulu memiliki banyak potensi wisata alam yang mendukung. Letaknya yang berada di pegunungan dan perbukitan membuatnya berhawa sejuk, cocok untuk kalian para Dolaners yang inigni melepaskan kepenatan hidup dengan berefreshing sejenak. Di desa wisata ini Dolaners dapat menemukan hetaran perkebunana hijau yang terhampar di kanan kiri jalan. Perkebunana buah,sayur mayur dan bunga ada lengkap disini. Ada pula pabrik jamur yang memang sengaja dihadirkan sebagai wisata edukasi, jadi disni Dolaner bisa elihat bagaimana cara budicaya tanaman jamur. Terdapat pulau rumah ramah lingkungan bernama green house yang di dalamnya terdapat banyak tanaman. Dan yang sudah sangat terkenal aadalah pemandian alam air panas cangar, Di mana disini terdapat sebuah kolam alami yang airnya langsung bersumber dari kaki gunung. Tak hanya bisa berendam, di objek wisata yang satu ini Dolaners juga bisa menjelajahi goa jepang yang masih berada dalam satu kawasan dengan pemandian air panas.

 

13. Take pictures di tengah hamparan Padang Savana Bromo seakan sedang berada di negeri dongeng Teletubbies

Padang Savana Bromo Padang Savana Bromo - Dolan Dolen

Padang Savana Bromo via bromotour1.com

Padang Savana Bromo adalah sebuah hamparan padang rumput yang luas yang berada di sisi selatan Gunung Bromo. Hamparan padang savana bromo ini berupa bukit – bukit hijau nan indah yang menyerupai bukit Teletubbies dalam film anak – anak. Padang Savana Bromo di kenal dengan nama Lembah Jemplang. Disana Dolaners akan merasa begitu tenang sejuk dan nyaman karena bisa merasakan pesona keindahan padang rumput savana yang begitu indah. Menyaksikan padang savana bromo yang menghijau, akan membuat Dolaners seolah tak memiliki beban hidup. Menyaksikan bentuk gunung bromo bertautan pada lembah serta berdiri tegak kaldera dan lautan pasir seluas lebih kurang 10 km persegi, ditambah lagi Dolaners disambut padang rumput savana bromo yang dipenuhi dengan jenis bunga indah membuat siapa saja berfikir bahwa ini seperti di negeri dongeng yang tak memiliki celah kecatatan sedikit pun.

Penginapan Disekitar

 

14. Kemolekan Air Terjun Banyu Anjlok yang seakan melayang di atas birunya laut

Pantai Banyu Anjlok Pantai Banyu Anjlok Cover - Dolan Dolen

Pantai Banyu Anjlok via ayukurniapuspasari.blogspot.co.id

Air Terjun Banyu Anjlok merupakan sebuah mahakarya Sang pencipta yang luar biasa. Bagaimana tidak , sebuah air terjun indah yang berhadapan langsung dengan bibir pantai. Di wisata alam Banyu Anjlok ini Dolaners bisa berenang di pinggiran pantai yang airnya jernih, atau hanya sekedar berjemur menikmati hangatnya sinar matahari sembari ditemani dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk bisa sampai ke air terjunnya, Dolaners harus memajat ke atas tebing terlebih dahulu. Bagi Dolaners yang hoby fotografer, Pantai Banyu Anjlok sangat cocok untuk memuaskan hasrat Dolaners dalam berburu gambar. Di sini terdapat banyak spo spot menarik dan mengagumkan untuk di abadikan. Salah satu spot terfavorite adalah mengambil foto dari atas air terjun ini dengan pemandagan alam sekitar seolah birunya air pantai sedang menanti Dolaners di bawah kaki.

 

15. Berpose cantik di atas Tebing Pantai Batu Bengkung akan menjadikan Dolaners semakin hits

Tebing Pantai Batu Bengkung Tebing Pantai Batu Bengkung - Dolan Dolen

Tebing Pantai Batu Bengkung via triptrus.com

Pantai Bengkung atau juga dikenal sebagai Pantai Batu Bengkung ini memiliki 3 pesisir pantai. Di pesisir pertama Dolaners akan melihat panorama yang mirip dengan Green Bay yang ada di Banyuwangi. Terdapat banyak terumbu karang dengan keanekaragaman flora dan fauna khas laut. Untuk pesisir pantai yang kedua, Dolaners akan disuguhi pemandangan yang juga tidak kalah eksotis. Laut biru yang dihiasi dengan beberapa batu karang besar yang tersebar di dekat pantai. Tidak jauh dari pesisir kedua, sampailah Dolaners di Panti Bengkung yang sebenarnya. Pantai Bengkung ini memiliki keindahan alam yang juga tidak kalah dengan kedua pesisir lainnya. Atmosfirnya yang masih asri dan perawan, dapat membuat Dolaners merasa menyatu dengan alam. Banyak spot spot menarik yang pas untuk dijadikan pengambilan foro di Pantai Batu Bekung ini. Salah satu spot favorite yang kini telah melejit dan sedang hits di kalangan anak muda adalah spot tebing yang ada di Pantai Batu Bengkung ini. Berpose di atas terbing tersebut menjadi kegiatan yang wajib dijajal. Namun ingat, Dolaners harus tetap hati hati.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.