20 Spot Terbaik di Bali yang Siap Menambah Koleksimu di Akun Instagram

Bali merupakan sebuah kata yang pas untuk menggambarkan keindahan surga yang dapat dilihat secara nyata. Bali seakan mendapatkan keistimewaan tersendiri dari Sang Pecipta. Seakan dibuat ketika Tuhan sedang tersenyum, pulau cantik satu ini memiliki semua keindahan yang sering digambarkan di negeri dongeng. Seakan tak ada celah sekecil apapun untuk mengecilkan pulau para dewa ini. Berikut adalah spot terbaik yang ada di Pulau Bali yang wajib kamu upload di akun instagram.

1. Menjadi saksi moment indah muculnya sang surya dari balik peraduaanya di Pantai Karang, Sanur

Pantai Karang Sanur Pantai Karang Sanur - Dolan Dolen

Pantai Karang Sanur via sukandia.com

Selain Pantai Sanur ada lagi sebuah pantai yang tak kalah indah untuk menyaksikan sunrise di pagi hari. Pantai Karang, begitu memasuki area pantai, Dolaners akan melihat air laut yang tenang dengan riak-riak kecil di tepi pantai. Pantai Karang yang berpasir putih dilengkapi dengan pohon pelindung. Disini Dolaners dapat bersantai sambil menikmati keindahan panorama yang ditawarkan. Jika ingin berjemur, menikmati sinar matahari dipantai ini, pasir putihnya yang lembut bisa digunakan sebagai alas. Sementara di pinggir pantai payung-payung pantai dengan kursi santainya terlihat berjejer dengan rapi. Nah jika Dolaners ingin cara lain menikmati pantai karang di Bali ini, Dolaners bisa menyusuri bebatuan,memancing kepiting disela-sela batu karang. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah di pagi hari dimana sinar matahari akan muncul dari ufuk timur. Warna sang surya yang orange ke kuning kuningan menjadi background foto favorite bagi Dolaners.

 

2. Menyaksikan Sunset di Tanah Lot, seakan menjadi hal wajib bagi setiap Dolaners yang pergi ke Bali

Sunset Tanah Lot Sunset Tanah Lot - Dolan Dolen

Sunset Tanah Lot via individualbali.com

Tanah Lot merupakan sebuah pantai yang sudah menjadi tempat wajib dikunjungi jika Dolaners sedang berwisata ke pulau Dewata Bali. Yang unik disini adalah terdapatnya sebuah pura di tengah laut. Pura tersebut menjadi salah satu spot favorite bagi para pecinta fotografi. Eits, tapi tidak berhenti sampai disitu. Pemandangan matahari terbenam di tempat wisata ini turut menjadi objek foto yang banyak diincar para fotografer amatir dan profesional. Pura Tanah Lot dengan latar senja kemerahan akan membuat foto Dolaners menjadi sangat cantik untuk dipamerkan ke teman dan keluarga saat pulang nanti.

 

3. Garuda Wisnu Kencana, mahakarya sang tangan kreatif yang keindahannya mendunia

Garuda Wisnu Kencana Garuda Wisnu Kencana - Dolan Dolen

Garuda Wisnu Kencana via giriota.wordpress.com

Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah objek wisata yang berada di area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Disebut sebut patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan Patung Liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan. Kawasan seluas 250 hektar ini merangkum berbagai kegiatan seni budaya, tempat pertunjukan serta berbagai layanan tata boga. Sebagaimana istana-istana Bali pada jaman dahulu, pengunjung GW K akan menyaksikan kemegahan monumental dan kekhusukan spiritual yang mana kesemuanya disempurnakan dengan sentuhan modern dan berbagai fasilitas. Jadi jangan ngaku ke Bali kalo belum berkunjung dan berfto dengan sang Garuda Wisnu Kencana.

 

4. Mau menikmati sensasi pool party? Yuk datang ke El Kabron Restaurant

El Kabron Restaurant El Kabron Restaurant - Dolan Dolen

El Kabron Restaurant via elkabron.com

El Kabron merupakan sebuah tempat makan yang masuk dalam kategori Beach Club and Resto. El Kabron Restaurant ini salah satu tempat yang lasgi fenomenal di Bali loh! Resto yang satu ini menyajikan ragam kuliner bercita rasa Spanyol. Keistimewaan yang menjadi ciri khas dari El Kabron Restaurant ini adalah adanya kolam renang air tawar yang berada tempat di tengah tengah restorannya. Selain itu yang menjadi sangat spesial adalah lokasinya yang berada di dekat dengan pantai dan disebut sebut sebagai spot paling indah untuk melihat sunset. Hal ini karena lokasi dari El Kabron Restaurant ini berada di atas bukit yakni di Bukit Pecatu. Pemesanan tempat disini juga unik, yakni dibagi dalam 3 kategori :

  • Kursi Kayu dibarisan paling belakang, minimum order IDR 100.000
  • Kursi Sofa dibarisan tengah kolam renang, minimum order IDR 200.000
  • Kursi Sofa dibarisan paling depan (Golden View), minimum order IDR 300.000

 

5. Melihat hamparan birunya laut dari sisi yag berbeda di Bukit Asah Karangasem

Bukit Asah Karangasem Bukit Asah Karangasem - Dolan Dolen

Bukit Asah Karangasem via indahjayanthi.blogspot.co.id

Bukit Asah Karangasem, mungkin belum banyak Dolaners yang tahu tentang wisata yang satu ini. Wisata Bukit Asah terletak di Desa Bugbug, Karangasem, Bali merupakan sebuah tempat yang indah yang kini sedang naik daun berkat kemunculannya di social media. Dari atas Bukit Asah ini Dolaners bisa melihat hamparan air berwarna biru muda yang luas da menyejukan mata. Pemandangan Bukit Asah bisa memberikan suasana tenang setelah Dolaners melakukan kesibukan setiap harinya. Yang menjadi istimewa adalah dari sini Dolaners bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan sempurna. Dolaners hanya perlu datang sebelum jam 6 pagi, dijamin dari atas Bukit Asah Karangasem ini pemandangan terbitnya sang surya yang gagah dari ufuk timur denan gradasi warna kuning orangenya akan menyapa awal hari Dolaners.

 

6. Berkunjung ke Bali rasa Inggris ya cuman ada di Taman ala Stonehenge, Pantai Purnama

Taman Stonehenge Pantai Purnama Taman Stonehenge Pantai Purnama - Dolan Dolen

Taman Stonehenge Pantai Purnama via theroyalpurnama.com

Pantai Purnama merupakan salah satu pantai di Pulau Dewata Bali yang berlokasi di Sukawati, Gianya. Pantai ini menjadi jujugan objek wisata baru karena memiliki keunikan yang tak dimiliki pantai pantai lain di Bali. Pantai Purnama memiliki sebuah sebuah taman cantik yang akan mengingatkan Dolaners pada Stonehenge yang ada di Inggris.Stonehenge sendiri merupakan batu berdiri, di sini tidak hanya ada satu dua melainkan banyak. Sebenarnya tumpukan batu ini sendiri sebenarnya adalah pelinggih yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk menaruh sesajen sembahyang. Pantai Purnama juga bisa menjadi lokasi menangkap foto sunset yang cantik. Karena tempatnya lengang dan belum banyak orang yang datang, yaps jadi Dolaners tidak perlu takut dong pemandangan sunset-mu “dirusak” oleh banyaknya orang lalu lalang yang tertangkap kamera.

 

7. Ke Bali tapi bosen wisata pantai? udah kesini aja Ekowisata Mangrove Wanasari

Ekowisata Mangrove Wanasari Ekowisata Mangrove Wanasari Cover - Dolan Dolen

Ekowisata Mangrove Wanasari via anythingbali.com

Di Ekowisata Mangrove Wanasari ini Dolaners bisa jalan-jalan santai di atas jembatan kayu, memanjang diantara pohon-pohon bakau. Jembatan kayu sepanjang 2 km ini akan membawa Dolaners sampai ke menara pandang. Kalau merasa belum puas mengelilingi hutan bakau, Dolaners bisa lanjutkan dengan mempergunakan kano, sebuah perahu kecil dan dayung yang bisa Dolaners manfaatkan untuk menjelajahi hutan mangrove. Arahkan juga kano Dolaners sampai ke tempat penangkaran kepiting atau ke restoran hutan mangrove dan nikmati kepiting saus tiram atau kepiting goreng. Di sini Dolaners bisa melihat habitat pohon bakau yang sangat banyak dan indah, tak heran lokasi ini selalu dijadikan tempat latar belakang pembuatan foto prewedding. Dan jika Dolaners beruntung Dolnaers bisa melihat kawanan biawak yang sedang mencari makanan di sela-sela hutan bakau.

 

8. Kesejukan yang dihadirka Pura Ulun Danu lengkap dengan Danau Beratan-nya

Pura Ulun Danu Pura Ulun Danu - Dolan Dolen

Pura Ulun Danu via wikimedia.org

Pura Ulun Danu merupakan salah satu dari sekian banyak purra yang ada di Bali. Pura Ulun Danu adalah selain digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat hindu, juga sering dijadikan jujugan objek wisata Disekitaran areal Pura Ulun Danu terdapat banyak sekali tumbuhan bunga yang tumbuh mekar. Keindahan Pura Ulun Danu dilengkapi dengan adanya Danau Beratan di sampingnya. Pura ini memiliki meru yang menjulang tinggi bertumpuk sebelas akan terlihat indah dari kejauhan. Keindahan pura ini memikat para Dolaners yang ingin berkunjung menikmati keindahan pura dan lingkungan sekitarnya sambil berfoto ria bersama para sahabat. Suasana di sekitaran pura sangatlah sejuk, itu dikarenakan letak pura ini di pinggiran Danau Beratan. Selain itu, karena pura ulun danu ini terletak di dataran tinggi pengunungan sekitar 1.239 meter dari permukaan air laut.

 

9. Tempat paling kekinian yang ada di Bali, ya…. Cocoon Beach Club

Cocoon Beach Club Cocoon Beach Club - Dolan Dolen

Cocoon Beach Club via cocoon-beach.com

Lokasinya yang berada dekat dengan Pantai Seminyak menjadikan Cocoon Beach Club semkain banyak dibanjiri para Dolaners. Selain itu, berbagai makanan yang berkelas juga disertai dengan aneka fasilitas dan hiburan yang menarik siap untuk memanjakan setiap Dolaners yang datang. Cocoon Bar and Restaurant telah berhasil dalam memadukan konsep modern kafe yang berpadu dengan atmosfir tepi pantai yang indah. Adapun fasilitas yang ditawarkannya begitu memanjakan, seperti kolam renang maupun bar and lounge. Cocoon bak bunglon yang mampu merubah suasana dan nuansa antara siang dan malam hari. Cocoon Bar and Restaurant bisa digunakan untuk tempat makanan dengan suasana santai di siang hari, namun berubah menjadi tempat makan yang mewah dan eksklusif dimalam harinya.

 

10. Pantai Gunung Payung, sebuah pantai dengan hamparan padang ilalangnya yang hijau

Pantai Gunung Payung Pantai Gunung Payung - Dolan Dolen

Pantai Gunung Payung via wisatabalilombok.com

Pantai Guntung Payung merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai Gunung Payung ini bisa dikatakan tergolong pantai yang masih sangat alami, dan bekum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai biru dengan putih dan lembutnya pasir pasti akan memanjakan liburan Dolaners. Pantai ini sendiri terletak diantara tebing tinggi dan kawasan sekitarnya yang merupakan kawasan suci dari Pura Dhang kahyanga gunung payung. Selain berjemur dan bermain pasir, kegiatan paling favorit adalah berolah raga surfing. Ombak di Pantai Gunung Payung ini sangat mendukung untuk kalian para surfer mania yang akan berlatih surfing.

 

11. Jangan bilang Bali cuman punya pantai, Air Terjun Sekumpul, destinasi menarik yang harus Dolaners eksplore

Air Terjun Sekumpul Air Terjun Sekumpul - Dolan Dolen

Air Terjun Sekumpul via wijayaryputu.wordpress.com

Tak hanya wisata pantai saja, Bali juga terkenal dengan wisata alam lainnya. Seperti air terjun salah satunya. Air Terjun Sekumpul merupakan salah satu air terjun yang ada di Bali. Air Terjun Sekumpul kini namnya sedang naik daun berkat keunikan yang dimiliki. Bahkan Air Terjun Sekumpul, disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Bali. Untuk melihat Air Terjun Sekumpul dari dekat, memang butuh sedikit usaha dan perjuangan. Lokasinya sendiri berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng . Yang membuat air terjun ini berbeda dari air terjun kebanyakan, Air Terjun Sekumpul bukan hanya terdiri dari satu atau dua air terjun. Setidaknya ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan, yang bisa dilihat dari bale bengong. Tujuh air terjun tersebut tersebar di tebing-tebing yang tinggi dan dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Ketujuh air terjun tersebut memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda.

 

12. Duduk santai sembari menyaksikan sang fajar kembali ke ufuk barat di Pantai Kelating, Tabanan

Sunset Pantai Kelating Tabanan Sunset Pantai Kelating Tabanan - Dolan Dolen

Sunset Pantai Kelating Tabanan via inibali.com

Sebuah pantai yang terdapat di Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Pantai Kelating. Pantai ini memiliki hamparan pantai pasir hitam yang luas, ombak yang lumayan besar, sehingga cukup bagus untuk anda yang menggemari olah raga surfing. Pantai Kelating menawarkan pemandangan laut dengan suasana sepi yang menjadi nilai plus tersendiri untuk pantai ini. Yang paling menarik dari Pantai Kelating adalah panorama sunset, moment seperti ini merupakan sebuah moment yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pengunjung, setelah melakukan berbagai macam aktifitas seperti berenang, bermain pasir, bersantai, bermain bola bersama keluarga tercinta, lalu kemudian menikmati ujung dari penantian untuk melihat sunset yang indah berwarna kuning keemasan yang dipancarkan oleh matahari.

 

13. Welcome to La Plancha, the best spanish resto in Bali

La Plancha La Plancha - Dolan Dolen

La Plancha via mcisne.wordpress.com

La Plancha adalah sebuah cafe yang kini sedang happening di kalangan para anak muda kekinian. Tempat makan yang satu ini berlokasi di Jalan Dhyanapura, Seminyak, Bali. La Plancha menawarkan Spanish food, seperti tapas. Tapi ada juga steak, pizza atau grilled seafood yang tak kalah menggoyang lidah. Untuk menu minumannya juga bervariasi, yang paling terkenal adalah Mojito, juga ada Jus, kopi sampai minuman beralkohol tersedia disini. Payung-payung, beanbag berwarna mencolok dan lantunan musik chill kini menjadi tujuan utama bagi stiap Dolaners yang datang kesini, terlebih untuk melihat kesempurnaan matahari tenggelam sembari duduk-duduk manis di pantai Double Six, Seminyak.

 

14. Merasakan hangatnya sinar matahari pagi di Pantai Serangan

Pantai Serangan Pantai Serangan - Dolan Dolen

Pantai Serangan via blog.kura2guide.com

Pantai Serangan merupakan pantai yang terletak di sebuah pulau dengan nama yang sama, ya Pulau serangan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Pulau Serangan terkenal dengan pantainya yang indah dan deburan ombaknya yang tinggi. Pantai Serangan salah satunya. Pantai ini memiliki ombak yang bagus untuk Dolaners yang hobby berolah raga surfing. Selain surfing kegiatan lain yang bisa Dolaners lakukan disini adalah memancing dan juga kegiatan umum di pantai lainnya seperti berjemur dan bermain pasir. Namun yang membuat Pantai Serangan istimewa adalah ketika di pagi hari pantai yang satu ini mempunyai pemandagna sunrice yang tak ada duanya.

 

15. Hanging Gardens Ubud, sensasi berenang di tengah hutan belantara

Hanging Gardens Ubud Hanging Gardens Ubud - Dolan Dolen

Hanging Gardens Ubud via hanginggardensofbali.com

The hidden paradise adalah sebutan yang pas untuk Hanging Gardens Ubud. Lokasinya berada di Desa Buahan, Payangan, Gianyar. Berkunjung ke tempat ini, Dolaners akan dimanjakan dengan suara alam yang khas, seperti gemercik air sungai, dan kicauan burung di area tersebut. Salah satu keistimewaan yang dimiliki Hanging Gardens Ubud adalah kolam renangnya. Hotel ini memiliki kolam renang tingkat dua dengan pemandangan hamparan hutan dan gunung yang menakjubkan. Saat berenang, Dolaners akan disuguhi pemandangan Pura Dalem Segara yang penuh dengan tanaman rindang. Saking menakjubkannya, Dolaners pasti tak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan gambar di spot yang dikelilingi deck kayu ini. Area kolam renang ini pun kerap digunakan sebagai tempat romantic dinner. Yang lebih menarik, hotel ini memiliki fasilitas funicular. Fasilitas ini adalah sarana transportasi layaknya kereta gantung. Funicular akan membawa para tamu ke atas dan bawah area yang memiliki delapan level ini, sehingga Dolaners dapat menikmati pemandangan hutan dan gunung.

 

16. Art Center Bali, tempatnya Dolaners belajar tentang semua hal berbau Bali

Art Center Bali Art Center Bali - Dolan Dolen

Art Center Bali via ksmtour.com

Terkenal dengan keaneka ragaman budayanya yang kental yang masih dijunjung tinggi hiingga sekarang membuat daya tarik tersendiri bagi Dolaners yang sedang berlibur di Bali. Bagi Dolaners yang ingin belajar budaya dari nenek moyang wilayah ini, Dolaners bisa berkunjung ke Art Center Bali. Di sini Dolaners bisa menyaksikan beragam kebudayaan dan pentas seni yang dipertunjukkan. Sebagian besar yakni seperti pagelaran kolosal Bali maupun tarian tarian khas Bali. Selain itu Dolaners juga bisa belajar tentang sejarah Bali di Perpusatakaan yang ada disini. Di kawasan Art Center Bali ini terdapat beragam tempat seperti Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, Perpustakaan Widya Kusuma, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan, Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa.

 

17. Pantai Bali Cliff, pantai istimewa menyerupai mangkuk hijau

Pantai Bali Cliff Pantai Bali Cliff - Dolan Dolen

Pantai Bali Cliff via flickr.com/photos/autumnolivefarms

Jika Dolaners ingin mencoba berlibur dengan penuh privasi, silahkan berkunjung ke Pantai Green Bowl atau sering disebut juga Bali Cliff Beach. Pantai yang satu ini terletak tersembunyi di wilayah Unggasan. Mengunjungi Pantai Green Bowl sebenarnya cukup dekat dengan dengan obyek wisata taman Garuda Wisnu Kencana. Dari taman tersebut, Dolaners hanya perlu meneruskan perjalanan sekitar 2,5 kilometer saja. Namun yang menjadi unik, pantai ini letaknya berada tersembunyi di balik bukit. Dolaners butuh mengeluarkan tenaga ekstra untuk menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai bibir pantai yang paling menarik di Bali ini dari atas bukit tempat memarkirkan kendaraan. Pantai yang bagaikan mangkuk berwarna hijau (green bowl) terlihat sangat eksotis saat Dolaners menuruni tangga. Namun kelelahan tersebut dijamin terbayarkan dengan keindahan yang terhampar di depan mata.

 

18. Haaaa??? Ini apa? Kok ada pesawat mendarat di bukit Jimbaran?

Bangkai Pesawat Bukit Jimbaran Bangkai Pesawat Bukit Jimbaran - Dolan Dolen

Bangkai Pesawat Bukit Jimbaran via baliseru.com

Dolaners sedang berada di Bali? Tapi bosan mau berwisat ke pantai? Kini ada solusinya. Wisata anti mainstream yang kini sedang buming di instagram ini ada di kawasan Jimbaran atau dekat dengan Pantai Pandawa. Wisata bangkai pesawat, terdapat sebuah pesawat yang sedang ‘parkir’ di Desa Kutuh, Jimbaran, Kuta Selatan. Sebenarnya bangkai Boeing 737 ini rencananya akan disulap menjadi sebuah restoran oleh pemiliknya. Namun, entah kapan burung besi ini rampung bermetamorfosis menjadi restoran, karena sampai sekarang pesawat ini masih parkir cantik begitu saja. Dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya dan hijaunya pemandangan perbukitan semaikn menambah lokasi bangkai pesawat ini dibanjiri para pecinta fotografi setiap harinya. Kapan lagi gak ngisi koleksi foto di instagram dengan background pendaratan pesawat di tempat yang tidak biasa kek gini?

 

19. Pulau Menjangan, salah satu gugusan pulau cantik milik Bali

Pulau Menjangan Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Pulau Menjangan via magazine.happyholiday.travel

Pulau Menjangan merupakan wujud nyata dari kesempurnaan dan keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah. Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya Dolaners bisa menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik. Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Yang menarik di Plau Menjangan ini cukup terkenal dijadikan jujugan bagi para pecinta olahraga snorkeling dan diving.

 

20. Pantai Pura Batu Mejan, permata dari kuta timur yang menyilaukan mata

Pantai Pura Batu Mejan Pantai Pura Batu Mejan - Dolan Dolen

Pantai Pura Batu Mejan via karobby.com

Pantai Pura Batu Mejan merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang berada di kawasan Kuta Utara. Pantai Pura Batu Mejan atau yang lebih terkenal dengan sebutan Echo Beach ini berada diatas karang namun pada sisi pantainya terdapat pasir yang landai. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Canggu. Sebuah pantai yang memiliki garis pantai menyerupai Pantai Kuta dan Legian ini sering menjadi jujugan para Dolaners untuk berjemur, berenang maupun berselancar sambil menikmati indahnya panorama alam saat matahari terbenam (sunset). Suasana pantainya yang relatif sepi dan tenang, sangat cocok bagi siapa saja yang sedang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan dalam berlibur.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.