20 Tempat Kuliner di Semarang yang Terkenal Akan Kelezatannya

Berbicara soal kuliner memang serasa tidak ada matinya. Indonesia patut bersyukur, sebab di setiap bagian belahan wilayahnya memiliki keragaman kuliner yang berbeda. Mulai dari kota Sabang hingga Merauke, semua tak luput dari kekayaan kulinernya yang khas. Begitu juga dengan kota Semarang. Sebuah wilayah di tanah Jawa ini memiliki aneka kuliner yang kelezatannya patut diadu dengan cita rasa kuliner di negara bagian lain. Mau tahu apa saja yang dimiliki kota Semarang? Yuk mari merapat!

1. Rasakan kelezatan icon kuliner Semarang di Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok Lumpia Gang Lombok - Dolan Dolen

Lumpia Gang Lombok via goodindonesianfood.com

Semarang memang sangat terkenal dengan kuliner lumpianya. Kuliner khas peranakan China ini telah melekat kuat sebagai icon dari kota Semarang. Sebenarnya di kota Semarang sendiri telah banyak tempat yang menjual jajanan satu ini, hanya saja ada satu tempat yang di klaim sebagai warung lumpia tertua yakni Lumpia Gang Lombok No. 11. Hingga kini warung lumpia legendaris ini telah dikelola oleh generasi ketiga. Warung Lumpia Gang Lombok terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, yang berlokasi di sekitaran Pasar Johar Semarang dan tidak buka cabang. Disini tersedia dua jenis lumpia, yakni basah dan goreng. Lumpia yang dijual sungguh lezat dengan kulitnya yang terasa lembut dan isiannya yang padat. Perpaduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau, ditambah lagi jika dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Ingin membawa pulang sebagai oleh oleh juga bisa kok. Dolaners tinggal datang ke Lumpia Gang Lombok No. 11, yang buka sejak pukul 8 pagi.

 

2. Mau yang asem asem seger tapi tetep menyehatkan? Dateng aja ke Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem Rumah Makan Asem Asem Koh Liem - Dolan Dolen

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem via infomakan.com

Semarang memang menyimpan sejuta kuliner yang lezat. Nah kali ini tempat makan yang menyediakan menu lezat tersebut salah satunya adalah Rumah Makan Asem asem Koh Liem. Ya, dari namanya mungkin Dolaners sudah bisa menebak bahwa sajian kuliner andalannya adalah asem asem. Asem-asem ala Koh Liem ini sendiri merupakan sebuah sajian masakan yang di terdiri dari daging sapi yang di potong kotak-kotak, kemudian di mix dalam kuah yang rasanya masin asam. Meski menu andalah di Rumah Makan Koh Liem ini adalah asem asem, namun jangan salah, disini juga masih tersedia aneka menu makanan lain seperti kikil lombok ijo, bandeng sarden dan lontong cap gomeh. Penasaran ingin mencoba? Silahkan saja datang langsung ke Jalan Karang Anyar, Semarang.

 

3. Berdarah Tionghoa dan sedang berada di Semarang? Wah udah fix Dolaners wajib baget cobain Mie Siang Kie

Mie Siang Kie Mie Siang Kie - Dolan Dolen

Mie Siang Kie via blog.tripvisto.com

Nah kalo kuliner yang satu ini tidak untuk dicoba bagi kalian para Dolaners yang beragama muslim ya! Tempat kuliner yang ini cocoknya buat kalian yang gemar menikmati olahan daging babi. Bernama Mie Siang Kie merupakan sebuah rumah makan yang menghadirkan menu olahan babi sebagai primadonanya. Menu apa itu? Namanya mie pangsit. Nah cuman mie pangsit disini menggunakan olahan daging babbi. Kuliner Mie Siang Kie sendiri terdiri dari olahan mie, yang diberi toping ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus dan krupuk pangsit yang isinya adalah daging babi. Jika mau mencoba silahkan datang ke kawasan Gang Lombok, Semarang.

 

4. Bingung mau ngajak diner si dia dimana? Uda ajakin ke Rumah Makan Kampung Laut aja, suasananya romantis banget tau!

Rumah Makan Kampung Laut Rumah Makan Kampung Laut - Dolan Dolen

Rumah Makan Kampung Laut via diahdidi.com

Nah yang satu ini adalah tempat kuliner yang pas banget buat kalian yang punya pasangan. Eits, tapi buat yang masih jomblo juga boleh kok dateng rame rame bareng keluarga atau para sahabat. Ya, biar hidupmu gak sepi sepi banget gitu. Bernama Rumah Makan Kampung Laut, tempat makan yang satu ini mengahadirkan suasana yang sangat romantis. Dilengkapi dengan kolam pemancingan, Rumah Makan Kampung Laut ini menjadi salah satu tempat kuliner favorite bagi Dolaners yang mempunyai hobi mancing. Rumah Makan Kampung Laut sendiri menghadirkan aneka macam menu olahan seafood yang bisa Dolaners nikmati. Bagi Dolaners yang tidak suka dengan olahan hasil laut, tenang, Dolaners masih bisa memesan aneka menu olahan ayam dan juga iga sapi. Tempat makannya yang berada di tengah dananu seakan mengapung di air menjadikan suasana makan malam romantismu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

 

5. Hujan hujan begini enaknya makan yang berkuah deh ya, semacam kayak Soto Bangkong gitu

Soto Bangkong Soto Bangkong - Dolan Dolen

Soto Bangkong via resepmasakanpopular.blogspot.co.id

Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang hampir semua orang menyukainya. Nah kota Semarang juga punya nih kuliner soto yang rasanya lezat banget. Bernama Soto Bangkong, kuliner yang satu ini disebut sebut telah ada sejak 1950 an. Dan hingga saat ini Soto Bangkong masih bisa bertahan ditengah persaingan para kuliner lain. Hal ini tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. Terkenalnya Soto Bangkong dikarenakan memang sajian sotonya yang istimewa dan menggunakan bumbu rahasia. Sajian Soto Bangkong sendiri terdiri dari bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng kriuk. Cita rasa kelezatannya yang khas siap untuk memanjakan lidah setiap penikmatnya. Selain menu soto, rumah makan yang satu ini juga menyediakan sajia menu lain seperti garang asem dan ayam goreng rempah. Mau mencoba? Yuk merapat ke Jalan Setiabudi No, 229, Semarang.

 

6. Jalan jalan berdua sama pasangan sambil jajan Pisang Plenet, sapa yang gak mau coba

Pisang Plenet Pisang Plenet - Dolan Dolen

Pisang Plenet via menikmatiindonesia.com

Salah satu kuliner jajanan di kota Semarang yang tak kalah lezat adalah Pisang Plenet. Kata Plenet berarti penyet dalam bahasa Jawa. Diplenet berarti dipenyet atau ditekan. Begini cara pembuatannya, pisang dipilih dari jenis pisang kepok raja yang sudah benar benar matang dan berwarna kuning agar rasanya manis, kemudian dibakar diatas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan, lalu diplenet menggunakan papan kecil seperti talenan. Kemudian pisang dioles margarin dan iolesi dengan beragam variasi pilihan rasa, seperti cokalt, keju, selai strawberry,selai nanas, kacang dan gula putih. Selanjutnya,satu persatu pisang plenetnya ditangkupkan seperti sandwich. Jika ingin mencoba Kuliner Pisa Plenet Semarang, Dolaners bisa menemukannya di sekitar kawasan Gajah Mada, Semarang dengan harga Rp. 6.000,- per porsinya.

 

7. Coba ajakin mantan Dolaners ke Restoran Pesta Keboen, dijamin dia bakal langsung mau diajak balikan

Restoran Pesta Keboen Restoran Pesta Keboen - Dolan Dolen

Restoran Pesta Keboen via yokyasemarang.blogspot.co.id

Restoran Pesta Keboen merupakan salah satu tempat makan di Semarang yang tak pernah sepi dikunjungi para penikmatnya. Restorant ini mengusung konsep tempoe doeloe yang pas untuk dijadikan tempat nostalgia mengenang kenangan manismu. Restoran Pesta Keboen menghadirkan dua pilihan tempat makan yakni indoor dan outdoor. Keduanya sama sama menggunakan ornamen jaman dulu yang unik. Ragam menu kuliner makanan yang dihadirkanpun cukup variatif dan tentu saja sangat lezat. Tak hanya itu di Restoran Pesta Keboen ini juga meyediakan fasilitas live musik yang rutin digelar. Ingin mengulang masa masa indah bersama si dia? Udah ajakin menikmati langsung kuliner yang ada di Jalan Veteran No. 29, Semarang.

 

8. Pecinta olahan daging kambing? Aduh kok sama si kayak aku, sini aku ajakin ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar - Dolan Dolen

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar via munamadrah.com

Daging kambing memang memiliki cita rasa kelezatan yang khas dan tiada duanya. Nah di Semarang ini ada sebuah tempat makan yang menyediakan olahan daging kambing sebagai menu andalannya. Ya, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar merupakan tempat makan yang cukup ternama di Semarang. Tentunya tenpat kuliner di Semarang yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kalian yang gemar mengkonsumsi daging kambing. Meskipun wisata kuliner yang satu ini hanya di buka di tenda bongkar pasang yang terbilang cukupsederhana akan tetapi soal cita rasa bisa diadu dengan restorant ternama. Terbukti dari banyaknya pelanggan yang datang setiap hari untuk menikmati olahan Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini. Dijamin sekali datang ke sini, Dolaners juga akan langsung ketaguhan. Penasaran dengan Gulai Kambing Bustaman ini, silahkan datang ke kawasan Kota Tua, Semarang.

 

9. Kelezatan Bebek Goreng Pak Thori yang tiada duanya

Bebek Goreng Pak Thori Bebek Goreng Pak Thori - Dolan Dolen

Bebek Goreng Pak Thori via wisataterbaru.com

Kali ini kita akan mengupas yang gurih gurih garing lezat di Semarang. Mau tahu apa itu? Adalah sebuah tempat makan di Semarang yang di beri nama Bebek Goreng Pak Thori. Ketika pertama kali datang ke rumah makan yang satu ini, mungkin yang ada di benak Dolaners adalah pertanyaan apa yang membedakan Bebek Goreng Pak Thori dengan bebek goreng pada umumnya. Karena memang sekilas tampilan atau presentasi dari Kuliner Bebek Goreng Pak Thori ini seperti tidak ada bedanya dengan bebek goreng yang di sajikan di restoran atau tempat makan yang lain. Namun begitu mencoba satu gigitan, Dolaners akan bisa menyimpulkan. Hal ini karena memang cita rasa dari kuliner satu ini sangat lezat dan bisa diadu dengan kuliner berjenis sama lainnya. Udah laper? Cus langsung datang ke Jalan Raya Gunung Pati KM 15, Semarang, dijamin Dolaners tidak akan merasa dikecewakan.

 

10. Mau nongkrong tapi kantong lagi kempes? Ya udah sih nongkrong ke Angkringan Gaul Ampiran 3 aja, dijamin tetep kelihatan keren kok

Angkringan Gaul Ampiran 3 Angkringan Gaul Ampiran 3 - Dolan Dolen

Angkringan Gaul Ampiran 3 via semarang101.wordpress.com

Tak hanya tempat makan keluarga, di Semarang juga banyak kok tempat makan yang diperuntukkan bagi kalian para Dolaners yang mengaku anak muda. Salah satunya adalah Angkringan Gaul Ampiran 3. Si sebuat sebagai julukan tempat nongkrongnya para kawula muda karena memang tempat makan yang satu selalu ramai didatangi para ABG setiap harinya. Hal tersebut mungkin karena konsep dari Tempat Kuliner di Semarang ini adalah untuk anak muda, jadi para pengunjungnya juga kebanyakan anak muda. Di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini sendiri menghadirkan ragam menu makanan seperti nasi kucing, aneka baceman, sate dan aneka gorengan. Yang unik meski tempatnya bukan cafe namun di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini Dolaners juga bisa menikmati fasilitas live musik dan juga wifi gratis. Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi di akhir pekan? Silahkan datang ke Jalan Durian Raya No. 29C Banyumanik, Semarang.

 

11. Kudapan malam yang mengenyangkan dan bercita rasa lezat, ya cuman Bakmi Jawa Pak Gareng jawabannya

Bakmi Jawa Pak Gareng Bakmi Jawa Pak Gareng - Dolan Dolen

Bakmi Jawa Pak Gareng via goodindonesianfood.com

Mie mungkin salah satu sajian kuliner yang banyak digemari semua lapisan masyarakat. Nah tempat makan berikut ini cocok banget buat Dolaners yang ngaku noodle mania alias penggemar mie. Bernama Bakmi Jawa Pak Gaeang, tempat makan yang satu ini buka setiap hari sejak petang. Kuliner Bakmie Jawa Pak Gareng ini menghadirkan sajian hidanga mie dengan cita rasa khas Jawa. Ada 2 macam variasi menu mie yang menjadi primadona disini yakni bakmi kuah dan bakmi goreng. Sajian Bakmi Jawa ala Pak Gareng ini terdiri dari racikan telor orak arik, sayur kol, sawi dan tak lupa ayam suwir yang tentunya akan membuat rasa bakminya menjadi semakin lezat.

 

12. Dolaners tergolong orang yang suka laper di tengah malam? Tenang, solusinya ada di Waroeng Semawis

Waroeng Semawis Waroeng Semawis - Dolan Dolen

Waroeng Semawis via wisataterbaru.com

Bernama Waroeng Semawis atau yang lebih terkenal dengan nama warung tengah malam. Hal ini karena letaknya yang berada di Pasar Malam Pemawis. Tempat kuliner yang satu ini hanya buka di malam hari adan itu pun hanya di hari har tertentu seperti pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Waroeng Semawis sendiri menghadirkan aneka menu hidangan oriental hingga Nusantara yang dapat memanjakan selera kuliner Dolaners. Bagaimana? Masih sering lapar tengah malam? Uda gak usah ditahan sampai besok pagi, tinggal berkunjung aja ke Waroeng Semawis yang berlokasi di Pasar Malam Pemawis. Dijamin rasa lapar langsung hilang.

 

13. Eh ada yang manis manis nih di Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo Kue Leker Paimo - Dolan Dolen

Kue Leker Paimo via simalesmandi.wordpress.com

Selain lumpia ternyata kota Semarang juga memiliki jajanan lezat yang bercita rasa manis. Bernama kue leker, salah satu yang cukup fenomenal adalah Kuliner Kue Leker Paimo. Salah satu tempat kuliner yang ada did Semarang ini menghadirkan jajanan ringan yang bisa menjadi salah satu cemilan favorite Dolaners ketika sedang nongkrong dan berkumpul bersama para sahabat. Dari namanya, Dolaners sudah bisa menebak bahwa tempat yang satu ini menjual jajan bernama kue leker. Kue Leker sendiri ternyata telah ada sejak zaman Belanda. Mempunyai rasa kuliner yang sangat khas dan berbentuk seperti martabak namun krispy adalah ciri dari kue leker. Berbagai macam rasa yang bisa Dolaners temukan di Kue Leker Paimo ini antara lain rasa coklat, keju, strawberry, pisang, kacang, hingga rasa pedas juga ada. Yuk dateng rame rame ke kawasan SMA Kolose Loyola untuk memborong Kue Leker Paimo.

 

14. Kenikmatan Tahu Gimbal yang akan mengggugah selera makanmu

Tahu Gimbal Taman KB Tahu Gimbal Taman KB - Dolan Dolen

Tahu Gimbal Taman KB via pbianda.wordpress.com

Tahu Gimbal memang sudah terkenal menjadi salah satu kuliner yang ada di Semarang. Mungkin memang sudah banyak tempat makan yang menyajikan menu satu ini. Namun ada sebuah tempat makan Tahu Gimbal yang cita rasanya sungguh aduhai. Berlokasi di Jalan Menteri Supeno yang berada di wilayah daerah taman KB Semarang, rasanya memang pantas jika wisata kuliner yang satu ini selalu diburu oleh para pelanggan setianya setiap hari. Tahu Gimbal sendiri merupakan sajian makanan berupa campuran dari irisan lontong, sayur kol, telor yang dimix dan digoreng bersama potongan tahu, tauge dan tak lupa taburan bawang goreng beserta kerupuk. Yang menjadikan Tahu Gimbal Taman KB ini berbeda adalah terdapat udang berukuran besar di racikan tahu gimbalnya. Satu lagi yang menarik, sembari menyantap kelezatan sajian kuliner Tahu Gimbal, di tempat ini Dolaners juga bisa menikmati sajian musik bergenre reggae.

 

15. Cuma di Soto Pak No, kelezatan si kuah kuning yang tak ada duanya

Soto Ayam Pak No Soto Ayam Pak No - Dolan Dolen

Soto Ayam Pak No via anggielian.blogspot.co.id

Soto mungkin kuliner yang umum dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Namun di kota Semarang terdapat tempat makan yang menghadirkan menu sajian soto dengan cita rasa yang unik. Berbeda dengan tempat lain yang menghadirkan sajian soto, di Soto Pak No ini racikannya sangat spesial karena menggunakan rempah rempah tradisional yang terpilih. Hal ini dapat dibuketikan dari ramainya Kuliner Warung Soto Pak No ini setiap harinya. Bahkan disebut sebut menu Soto Pak No merupakan salah satu makanan favorite di Semarang. Hingga kini Soto Pak No telah memiliki dua cabang yang ada di kota Semarang, yakni di kawasan Jalan Sukun No. 4 Banyumanik dan di Jalan MH. Thamrin No. 28, Semarang.

 

16. Nasi Kucing Pak Gik, eitss jangan mecela! Cobain dulu rasanya baru komentar

Nasi Kucing Pak Gik Nasi Kucing Pak Gik - Dolan Dolen

Nasi Kucing Pak Gik via hellosemarang.com

Satu lagi wisata kuliner yang dimiliki kota Semarang adalah nasi kucing. Nah salah satu tempat makan nasi kucing yang selalu ramai di datangi pembeli adalah Nasi Kucing Pak Gik. Bagi Dolaners para pemburu kuliner malamwajib hukumnya menikmati sajian di Nasi Kucing Pak Gik. Selain cita rasanya yang lezat, aneka menu yang dihadirkan di Nasi Kucing Pak Gik ini juga dibandrol dengan harga yang cukup murah. Beberapa menu yang ada di Nasi Kucing Pak Gik seperti nasi, aneka gorengan, sate, telor dan sajian lainnya hanya dihargai mulai dari Rp. 1.000,- hingga Rp. 5.000,- saja. Namun jangan salah, meski harganya terbilang cukup murah, soal rasa kelezatannya bisa di adu dengan menu mahal di tempat lain. Jika Dolaners ingin mencoba, silahkan datang ke Jalan Wotgandul atau yang sering disebut kali Semarang pada jam 9 malam hingga 4 pagi.

 

17. Mau cemilan enak, murah tapi tetep bikin sehat? Cobain deh jajan Tahu Pong

Tahu Pong Jalan Gajah Mada Tahu Pong Jalan Gajah Mada - Dolan Dolen

Tahu Pong Jalan Gajah Mada via goodindonesianfood.com

Tahu Pong merupakan salah satu kuliner jajanan yang cukup favorite di semarang. Selain rasanya yang gurih dan enak, harganya juga cukup terjangkau yakni hanya Rp. 1.000,- saja per potongnya. Disantap sebagai cemilan teman minum teh hangat juga sangat nikmat. Diberi nama Tahu Pong karena memang jajanan yang satu ini di dalamnya tak ada isi apa apa alis kosong atau dalam bahasa Jawa disebut kopong. Tahu Pong enak dinikmati ketika msaih hangat dengan dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulegan kasar cabai hijau. Salah satu tempat menjual Tahu Pong yang paling terkenal di Semarang adalah yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel. Tempat kuliner ini mudah dicapai dari Simpang Lima karena hannya berjarak dua kali perempatan lampu merah saja.

 

18. Kemewahan rasa Mie Kopyok Pak Dhuwur yang wajib Dolaners nikmati

Mie Kopyok Pak Dhuwur Mie Kopyok Pak Dhuwur - Dolan Dolen

Mie Kopyok Pak Dhuwur via wardhanahendra.blogspot.co.id

Mie Kopyok Pak Dhuwur merupakan salah satu kuliner yang pas untuk disantap di siang hari. Mie Kopyok sendiri bisa dikatakan termasuk dalam kategori kuliner legendaris yang ada di Semarang. Hidangan Mie Kopyok Pak Dhuwur ini terdiri dari campuran mie, lontong, tahu, tauge dan disiram dengan kuah yang mempunyai rasa kelezatan yang khas. Biasanya Mie Kopyok Pak Dhuwur juga bisa di santap bersama dengan kerupuk beras yang bisa menambah rasa gurihnya dan tak ketinggalan juga bagi olaners penikmat cita rasa pedas, maka bisa menambahka sambal kacang yang semakin akan menambah keragaman cita rasa yang bersatu dimulut. Mie Kopyok Pak Dhuwur beroprasi setiap harinya di Jalan Tanjung No. 18, Semarang sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore.

 

19. Mari berburu oleh-oleh khas Semarang, seperti Tahu Baxo Ibu Pudji contohnya

Tahu Baxo Ibu Pudji Tahu Baxo Ibu Pudji - Dolan Dolen

Tahu Baxo Ibu Pudji via tentangindonesiaku.com

Selain tahu pong dan tahu gimbal, kota Semarang juga masih mempunyai sajian olahan tahu lain. Salah satunya adalah kuliner bernama tahu baxo. Nah tempat yang menjual jajanan tersebut adalah Tahu Baxo Ibu Pudji. Tahu baxo ini berupa tahu coklat tebal yang tengahnya diisi dengan adonan bakso sapi yang lezat. Kuliner Tahu Baxo Semarang ini bisa dinikmati secara langsung dengan cara digoreng ditempat atau dijadikan buah tangan dari kota Semarang. Harganya juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 30.000,- per kotaknya untuk yang masih mentah dan Rp. 32.000,- untuk yang sudah digoreng. Penasaran ingin membeli sebagai oleh oleh? Silahkan saja datang ke Jalan Kutilang Raya No. 56, Semarang.

 

20. Bandeng Juwana, si gurih yang pas untuk dijadikan lauk

Bandeng Juwana Bandeng Juwana - Dolan Dolen

Bandeng Juwana via javafoodie.co

Bandeng merupakan salah satu makanan yang bisa Dolaners bawa sebagai oleh oleh dari kota Semarang. Salah satu pusat oleh oleh yang menyediakan menu olahan bandeng adalah Toko Bandeng Juwana. Produk andalan dari Bandeng Juwana adalah Bandeng Duri Lunak yang di proses dari Bandeng pilihan sehingga menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Tak hanya dijual sebagai oleh oleh, Kuliner Bandeng Juwana juga mempunyai warung yang menyediakan aneka olahan ikan bandeng. Di Warung Bandeng Juwana ini menu kuliner yang dihadirkan cukup beragam seperti Bandeng Tauco, Sate Bandeng, Gudeg Bandeng dan lain-lain. Bagi Dolaners yang ingin mencoba kuliner ini? Silahkan datang ke Jalan Pandanaran No. 57, Semarang.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.