4 Umbul Bersaudara dari Klaten dengan Keindahan yang Mempesona Untuk Spot Foto Underwater

Berbicara tentang tempat wisata tak lengkap rasanya jika belum menyebutkan kota Jogja. Ya, jogja memang memiliki sejuta pesona yang mampu memikat setiap orang. Mulai dari peningglan purbakalanya yang merupakan terluas di dunia, wisata pesisir pantainya yang beragam, hingga kebudayaannya yang beragam dan menarik untuk dipelajari. Namun ternyata tak hanya Jogja saja, sebuah kota yang juga merupakan dari kota Gudeg tersebut juga menyimpan keindahan tempat wisata yang tak kalah aduhai. Kota Klaten. Sebuah kota yang telah lama terkenal sebagai surganya sumber air. Ketika Dolaners mengunjungi sumber sumber mata air tersebut, tak hanya sekedar menikmati keindahannya saja, Dolaners juga bisa mencoba hal baru. Seperti salah satunya melakukan foto underwater. Hal ini dilakukan karena memang keindahan bawah air sumber mata air di Klaten ini tak kalah dengan panorama bawah laut. Penasaran di umbul mana saja yang cantik untuk dijadikan spot foto underwater? Simak penjelasan berikut ini ya!

1. Kejernihan Umbul Kapilaler tak kalah dengan air mineral kemasan

Umbul Kapilaler Umbul Kapilaler - Dolan Dolen

Umbul Kapilaler via instagram.com/rizal.bulugh

Umbul Kapilaler, sebuah tempat wisata berupa sumber mata air yang Dolaners tak pernah bisa membayangkan kejernihana airnya sebelumnya. Bahkan masyarakat setempat sering menyebut jika Dolaners berendam di sumber mata air ini maka sama halnya dengan Dolaners mandi menggunakan air mineral. Hal ini karena memang air yang ada di Umbul Kapilaler ini tak kalah jernih dari air mineral kemasan yang sering Dolaners minum. Umbul Kapilaler sendiri berada di sebuah lokasi yang memang sedikit agak jauh dari poros jalan. Apalagi letaknya bersebelahan dengan salah satu sumber mata air yang digunakan untuk salah satu merk air mineral kemasan. Mungkin hal inilah yang menjadikan kualitas airnya hampir sama. Kedalaman air di Umbul Kapilaler sekitar 1,5 meter hingga 1,6 meter. Jadi, mungkin di beberapa titik Dolaners harus jinjit jika ingin berdiri tanpa tenggelam. Tak hanya kejernihan dan kesegaran airnya, di Umbul Kapilaler ini, Dolaners juga bisa menyaksikan ratusan ikan yang bebas berenang kesana kemari. Jadi foto underwater ditemani ikan ikan kecil nan lucu yang cantik, siapa yang sanggup melewatkannya? Buruan ajak para sahabat Dolaners liburan ke Umbul Kapilaler ini, jangan nongkrong di mall mulu. (hehe)

 

2. Umbul Cokro Tulung yang mulai berkembang mengikuti zaman, namun tetap asri nan alami

Umbul Cokro Tulung Umbul Cokro Tulung - Dolan Dolen

Umbul Cokro Tulung via catatanperjalanan-outdoor.blogspot.co.id

Lain dari pada yang lain, umbul yang satu ini seolah memiliki konsep yang unik. Umbul Cokro Tulung namanya, bentuknya memanjang seperti sungai, sehingga Dolaners bisa berenang lebih bebas. Selain itu telah dibuat juga wahana wisata bermain air yang membuat tempat ini nampak sedikit modern, namun tanpa meninggalkan keasriannya yang alami. Pepohonan yang menaungi sepanjang sungai menciptakan nuansa teduh yang akan membuat Dolaners nyaman, meski seharian bermain di dalam air. Seiring berjalannya waktu Umbul Cokro Tulung sudah relatif ramai, meskipun masih kalah pamor jika dibandingkan dengan Umbul Ponggok. Ada lagi hal unik yang menjadi salah satu daya tarik dari Umbul Cokro Tulung ini. Ketika menjelang bulan suci Ramadhan, banyak masyarakat yang menjalankan ritual padusan. Yakni ritual membersihkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Umbul Cokro Tulung memang menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang paling digemari. Hal ini karena kedalam air di kolamnya yang hanya sekitar 80 centimeter saja, sehingga Dolaners tak perlu takut tenggelam, meski tidak bisa renang sekalipun. Dolaners sudah siap kan untuk menyaksikan keindahannya?

 

3. Umbul Ponggok, primadona spot foto underwater yang tak pernah sepi diburu

Umbul Ponggok Umbul Ponggok - Dolan Dolen

Umbul Ponggok via youtube.com/channel/UC1_pn50LCqEgjC0qS3i4knQ

Sejak dua tahun belakangan ini salah satu tempat wisata alam yang ada di Klaten semakin hari kian dipenuhi wisatawan. Ya, tempat wisata tersebut adalah Umbul Ponggok. Hal ini wajar terjadi, karena memang Umbul Ponggok memiliki keistimewaan yang harus Dolaners tahu. Memiliki sebuah kolam yang cukup luas, Dolaners tak perlu berdesakan dengan sesama pengunjung jika ingin menikmati kesegaran sumber mata airnya. Namun, Dolaners juga harus tetap waspada dan berhati hati karena kolam disini memiliki kedalaman rata rata 1,5 hingga 3 meter. Untuk bisa samapi di tempat wisata Umbul Ponggok ini, akses yang harus Dolaners lewati terbilang cukup mudah. Tempat ini hanya berjarak kurang dari 1 jam di sebelah utara Kota Klaten. Selain tak butuh waktu lama, kondisi jalan yang akan Dolaners lalui pun cukup bagus. Bahkan kendaraan roda empat seperti mobil, cukup leluasa untuk masuk. Karena sudah banyak wisatawan yang datang, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Kamar mandi dan tempat ganti, peralatan snorkeling, hingga penjual gorengan semua tersedia di wisata alam sumber air yang satu ini. Untuk Dolaners yang belum ahli berenang pun tak perlu khawatir karena disini juga tersedia live vest yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau. Gimana asyik banget kan? Yang lain aja uda pada kesini, masak Dolaners belum?

 

4. Seperti namanya, Umbul Manten memang sangat pas dijadikan pengambilan foto pre-wedding. Awas yang jomblo baper (hehe)

Umbul Manten Umbul Manten - Dolan Dolen

Umbul Manten via webwisata.com

Satu lagi wisata sumber mata air yang memiliki nama sangat unik, yakni Umbul Manten. Seperti yang telah Dolaners tahu, kata ‘umbul’ berarti sumber mata air dan ‘manten’ berarti pengantin. Dinamakan demikian, karena menurut cerita, dahulu ada sepasang pengantin yang baru saja menikah. Oleh orang tuanya, kedua orang pengantin ini dilarang untuk keluar rumah setelah petang selama 40 hari. Namun, dasarnya pengantin baru agak bandel, mereka nekat untuk keluar rumah selepas matahari terbenam. Naas, kedua pengantin ini justru malah hilang. Nah, di dekat lokasi kejadian tersebut terdapat sebuah mata air yang akhirnya hingga saat ini dikenal dengan nama Umbul Manten. Berada di Umbul Manten, Dolaners akan merasakan atmosfir yang berbeda. Hal ini karena tempatnya memang agak sedikit sunyi. Pepohonan yang sangat rindang mengelilingi kolam menyulitkan sinar matahari untuk masuk langsung dari atas. Tapi meski demikian, air yang memenuhi kolam mata air ini sangat jernih dan menyegarkan. Dengan kedalaman yang hanya mencapai 1,5 meter, Dolaners tak perlu khawatir tenggelam. Tak hanya itu saja, Umbul Manten juga masih relatif sepi, sehingga Dolaners bisa dengan puas melakukan pengambilan foto bawah air. Bahkan untuk lokasi pre wedding tempat yang satu ini juga pantas diacungi dua jempol. Apa… Dolaners suda siap foto prewedd? Sama siapa emang? (hehe)


Gimana amazing banget kan tempatnya? Pasti udah punya rencana dong mau ngajak siapa aja liburan kesana. Yang pasti jangan pergi sendirian! Kayak jomblo aja (hehe). Jadi…. kapan siap berangkat?

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.