5 Bangunan Bersejarah Terpopuler yang Menjadi Icon Kota Bandung

Bandung merupakan sebuah kota yang sedang bersiap untuk menajadi kota Internasional jujugan para wisatawan. Tanah Pasundan ini memang seakan diciptakan dikala Tuhan sedang tersenyum. Bagaimana tidak beragam potensi keindahan alam lengkap disini. Kota sejuk dengan keanekaragaman budaya serta pariwisata. Tidak hanya wisata alamnya saja, kota Bandung juga menyimpan ragam bangunann bersejarah yang seakan menjadi icon kota cantik ini. Berikut ini adalah 5 bangunan bersejarah terpopuler yang wajib Dolaners kunjungi.

1. Menapaki sejarah di Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika

Sebuah gedung bersejarah yang menjadi saksi bisu masa lalu. Gedung Merdeka Bandung ini sengaja dibangun karena dahulu digunakan sebagai tempat berlangsungnya Konferensi Tinggi Tingkat Asia Africa. Gedung Merdeka ini memiliki 2 bangunan utama seluas 7500 meter persegi, yaitu tempat sidang utama disebut Gedung Merdeka sedangkan disampingnya adalah museum konferensi Asia Afrika sebagai memorabilia KAA. Di bagian Museum KAA ini juga terdapat sebuah perpustakaan yang memang dibuka secara umum.

Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Cover - Dolan Dolen

Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika via sepanjangjk.wordpress.com

Jadi bagi Dolaners yang berkunjung ke Gedung Merdeka Bandung ini selain bisa menyalurkan hoby fotografi di sini Dolaners juga bisa menambah ilmu dengan cara berkunjung ke museum dan perpustakaannya juga.

Alamat :
Jl. Asia Afrika No.65, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat – Indonesia

Lihat Detail

 

2. Kemegahan tempat ibadah yang dihadirkan di tengah kota, Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung merupakan sebuah masjid utama di provinsi Jawa Barat. Masjid Raya Bandung ini terletak tepat di depan Alun Alun Bandung. Masjid yang berdiri kokoh ini meniliki dua buah menara kembar pada sisi kiri dan kanan masjid dengan ketinggian 81 meter yang dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu. Masjid dengan luas tanah keseluruhan 23.448 m² dan luas bangunan 8.575 m² ini mampu menampung kurang lebihnya sekitar 13.000 jamaah.

Masjid Agung Bandung Masjid Agung Bandung - Dolan Dolen

Masjid Agung Bandung via aureaperfume.com

Jadi bagi Dolaners yang kebetulan sedang menghabiskan waktu akhir pekan di Alun Alaun Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Agung Bandung.

Alamat :
Jalan Asia Afrika, Jawa Barat, Indonesia

 

3. Gedung Sate, White House ala Bandung – Paris Van Java

Gedung Sate Bandung sendiri merupakan kantor dinas bagi Gubernur Provinsi Jawa Barat. Namun yang menarik tempat ini dibuka untuk wisata umum. Di wisata Gedung Sate ini selain Dolaners bisa berkelilling keliling kawasan gedung sambil belajar mengenai hal hal baru. Terdapat banyak benda benda antik bersejarah baik yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan. Lukisan lukisan menarik. Ruangan ruangan yang digunakan untuk tugas pemerintahan. Di bagian belakang gedung terdapat taman gazebo yang megah dan asri.

Gedung Sate Gedung Sate Cover - Dolan Dolen

Gedung Sate via wikimedia.org

Di Gadung Sate Bandung ini Dolaners yang memiliki hobby fotografi bisa mengekspresikan bakat Dolaners. Dijamin foto yang dihasilkan akan memukau, dikarenakan pemandangannya yang menakjubkan.

Alamat :
Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Gratis

Lihat Detail

 

4. Meneropong gemerlap tata surya di Observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha adalah lembaga penelitian astronomi moderen yang pertama di Indonesia. Observatorium Bosscha Bandung merupakan fasilitas penelitian astronomi milik ITB. Kegiatan utama Observatorium Bosscha adalah penelitian dan pendidikan. Namun sejalan dengan Tridharma perguruan tinggi, Observatorium Bosscha juga memiliki program pengabdian masyarakat yang diantaranya adalah kunjungan siang dan kunjungan malam. Di sini Dolaners bisa belajar tentang ilmu tata surya, bahkan Dolaners juga bisa melihat bintang bintang yang bertebaran di langit jika melakuka kunjungan pada malam hari.

Observatorium Bosscha Observatorium Bosscha Cover - Dolan Dolen

Observatorium Bosscha via wisatatatarsunda.com

Sebagai pusat observasi yang pernah terbesar di masanya, observatorium atau Teropong Bintang Bosscha memiliki fasilitas atau peralatan penelitian berupa teleskop untuk alat penerawangan benda-benda angkasa luar, yakni :

  • Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
  • Teleskop Schmidt Bima Sakti
  • Teleskop Refraktor Bamberg
  • Teleskop Cassegrain GOTO
  • Teleskop Refraktor Unitron
  • Teleskop Surya
  • Teleskop Radio 2,3m

Alamat :
Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Kunjungan Siang : Rp. 15.000,-
Kunjungan Malam : Rp. 20.000,-

Lihat Detail

 

5. Berkunjung ke tempat tinggal fosil purbakala di Museum Geologi Bandung.

Bandung memang seperti tidak pernah kehabisan tempat wisata. Satu lagi tempat wisata sejarah yang dapat Dolaners temukan di Kota Bandung ini. Museum Geologi merupakan sebuah museum dengan koleksi kerangkan purbakala. Museum ini terbagi atas dua lantai dimana setiap lantai memiliki ruang tersendiri. Ruang tengah atau Ruang Orientasi berisi peta geografis Indonesia dalam bentuk relief yang tepat berada sejajar dengan pintu masuk museum. Ruang barat dikenal dengan istilah Ruang Geologi Bandung karena pada ruangan ini akan ditampilkan berbagai macam koleksi mengenai bumi, tata surya, fosil-fosil sejarah manusia menurut evolusi Darwin, keadaan geologi tanah Jawa, Maluku, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara dan Irian Jaya.

Museum Geologi Bandung Museum Geologi Bandung - Dolan Dolen

Museum Geologi Bandung via anekatempatwisata.com

Untuk bagian ruang timur merupakan ruangan yang menggambarkan mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Di ruangan ini banyak dipamerkan fosil-fosil makhluk purbakala, misalnya fosil gajah, badak, kerbau, hominid, dan lain lain. Untuk lantai duanya hampir serupa dengan lantai pertama.

Alamat :
Jl. Diponegoro No.57, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat 40122, Indonesia
Bagaimana Dolaners, tertarik untuk mengunjungi destinasi Bangunan Bersejarah Bandung diatas. Yang pasti semua akan terasa begitu indah dan berkesan jika mengunjunginya dengan orang terdekat ataupun sahabat terbaik Dolaners. Mari tetap jaga dan lestarikan peninggalan bersejerah yang ada di negeri ini! Dolaners punya rekomendasi bangunan bersejarah lainnya yang berlokasi di Tanah Pasundan ini dan patut untuk di explore? Bagikan di komentar yuk!

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.