5 Hal yang Menjadikan Gunung Prau Cocok Untuk Pendaki Pemula

Travelling memang merupakan salah satu kegiatan yang akhir akhir ini sangat digandrungi para kawula muda. Jika dahulu berlibur hanya dijadikan sebagai mengisi waktu luang, maka berbeda dengan zaman sekarang yang menjadikan liburan sebagai kebutuhan yang wajib dilakukan. Berkunjung ke suatu tempat yang indah bersama para sahabat, mengukir cerita adalah beberapa hal menarik dari travelling. Dan salah satu tempat yang kini sedang banyak diburu para Dolaners adalah wisata gunung. Ya, hiking salah satu kegiatan yang sedang gencar dilakukan untuk mengisi waktu berlibur. Tenang saja mendaki gunung tak selamanya se-ekstrim yang Dolaners bayangkan kok. Bagi Dolaners yang tergolong sebagai pendaki pemula, maka bisa mencoba hiking di Gunung Prau. Gunung Prau sendiri terletak di provinsi Jawa Tengah. Penasaran kenapa Gunung Prau cocok bagi pendaki pemula? Yuk mari simak penjelsan berikut ini.

1. Trek yang santai dijamin akan menggoda untuk datang ke Gunung Prau

Trek Gunung Prau Trek Gunung Prau - Dolan Dolen

Trek Gunung Prau via wisatalagi.blogspot.co.id

Berbeda dengan gunung gunung lain yang memerlukan keahlian khusus dalam menahklukannya, maka untuk bisa mencapai ke puncak Gunung Prau, Dolaners akan dibuat lebih gampang. Trek untuk bisa sampai di tujuan utama sangatlah mudah. Bahkan bagi Dolaners yang tergolong pendaki pemula, dipastikan akan bisa tanpa harus sudah payah melewatinya. Meski begitu tetap saja yang namanya mendaki akan menimbulkan rasa capek. Ya… bisa dikatakan mendaki Gunung Prau gampang gamapang capek gitu deh (hehe). Oleh karenanya sebelum mendaki, Dolaners tetap harus memiliki kondisi badan yang fit. Dan jangan lupa juga patuhilah larangan larangan yang tertulis di peraturan sebelum Dolaners mendaki.

 

2. Layaknya Jogging, Dolaners akan mendapatkan keringat ringan di Gunung Prau

Meski trek yang dilalui Dolaners untuk bisa mencapai ke puncak Gunung Prau terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh pendaki pemula, namun tetap saja yang namanya mendaki pasti capek bukan? (hehe). Ada beberapa yang bilang bahwa capek-nya naik gunung itu berbeda dengan capek-nya aktivitas olahraga lain. Capek-nya naik gunung itu bisa dibilang capek maksimal, dimana urat-urat tulang Dolaners akan serasa remuk redam, namun tetap membuat ketagihan untuk terus mendaki ke puncak puncak gunung lain. Hayo ya kan? Siapa yang setuju angkat tangan (hehe). Jadi anggap saja mendaki Gunung Prau ini seperti sedang menlakukan jogging yang rutin Dolaners lakukan.

 

3. Gunung Prau yang berupa kembar dengan Papandayan

Gunung Prau Kembaran Papandayan Gunung Prau Kembaran Papandayan - Dolan Dolen

Gunung Prau Kembaran Papandayan via emanuelndeluwele.blogspot.co.id

Gunung Papandayan. Bagi Dolaners yang merupakan pecinta kegiatan hiking, pastinya sudah tidak asing lagi dengan gunung tersebut. Namun tak perlu jauh jauh ke Papandayan, di Jawa Tengah Dolaners juga bisa menyaksikan keindahan yang hampir serupa loh! Ya, Gunung Prau namanya. Dua gunung ini, Papandayan dan Prau memang sedang naik daun. Hal ini karena disebut sebut bahwa keduanya memiliki view yang hampir serupa. Untuk bisa sampai ke puncaknya juga tidak harus melewati trek yang menguras tenaga, namun tetap menjanjikan pemandangan yang luar biasa bagusnya. Bedanya dengan Papandayan, trek Gunung Prau sedikit dipenuhi tanjakan yang cukup miring.

 

4. Bukit Teletubbies lengkap dengan Golden Sunrise ala negeri dongeng

Bukit Teletubbies Gunung Prau Bukit Teletubbies Gunung Prau - Dolan Dolen

Bukit Teletubbies Gunung Prau via diengbackpacker.com

Yang paling menarik dari Gunung Prau adalah dengan trek yang tak begitu susah, namun dapat pemandangan yang ”Sumpah ini amazing bangettt”. Di Gunung Prau, mulai dari pos kedua (dari jalur Patak Banteng) Dolaners bisa menyaksikan pemandangan kota Wonosobo dari ketinggian. Apalagi begitu sampai di puncaknya, bukan hanya kota Wonosobo saja tapi juga Telaga Sikidang yang aduhai sekali keindahannya. Jika sampai di puncak gunung sebelum matahari terbit, maka sudah dipastikan Dolaners akan bisa menikmati keindahan golden sunrise di antara celah Gunung Sindoro, Sumbing, dan Merapi. Belum lagi jejeran Bukit Teletubbies yang ala negeri dongeng itu. Udah deh pokoknya, Dolaners yang hobby foto, pasti akan dipuaskan disini.

 

5. Sekali mendaki, Dolaners bisa lanjut melancong ke Dieng

Mendaki di jalur pendakian Gunung Prau, Dolaners akan mendapatkan banyak keistimewaan. Salah satunya adalah lokasinya yang dekat dengan salah satu tempat wisata terkenal akan membuat Dolaners mendapatkan dua tujuan wisata sekaligus. Pertama yang pasti puncak Gunung Prau dan kedua adalah kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Keistimewaan tak berhenti disitu, di jalur pendakian ini, Dolaners juga bisa melancong ke beberapa tempat wisata lain yang menggiurkan, seperti menikmati nuansa mistis di Candi Arjuna, Cantiknya Telaga Sikidang, memanjakan lidah dengna bersantap Mie Ongklok, atau juga menyaksikan maha karya Sang Pencipta lewat golden sunrise di Bukit Sikunir. Satu lagi hal wajib yang sayang untuk Dolaners lewatkan. Jika Dolaners memiliki waktu panjang, sempatkan diri untuk menginap di salah satu homestay yang berdekatan dengan komplek Candi Arjuna. Kapan lagi bisa melihat matahari terbit dengan bingkai candi yang rupawan?

Telaga Sikidang Dieng Telaga Sikidang Dieng - Dolan Dolen

Telaga Sikidang Dieng via javaexotictour.com

 

Gimana, Dolaners mau ragu untuk naik gunung? Cobain deh mendaki Gunung Prau, dijamin pasti bakal nagih mendaki gunung gunung lain di Indonesia. Eit, jangan lupa tetap lestarikan alam dengan tidak membuang sampah semabarangan dan tidak merusak ekosistem yang ada ya. Selamat mendaki. Salam lestari.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.