5 Tempat Cetar di Jawa Barat Ini Pantas Kamu Jadikan Lokasi Me-refresh Otak

Liburan adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap orang. Bukan lagi sebagai pengisi waktu senggang saja, kini liburan sudah menjadi hal wajib yang harus dipenuhi. Hal ini berkaitan tentang sebuah penelitian bahwa memang dengan berlibur seseorang dapat mengembalikan kualitas berfikirnya dan menyegarkan jasmani serta rohani. Meski begitu berlibur tak harus dengan pergi ke luar negeri, dengan biaya yang mahal dan menghabiskan waktu yang tak sebentar.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Setiap wilayah dari kota paling barat Sabang hingga kota paling timur Merauke memiliki tempat tempat wisata dengan keistimewaannya tersendiri. Termasuk kamu yang berdomisiliki di sekitar kawasan ibukota Jakarta atau Jawa Barat misalnya. Tak perlu jauh jauh menyebrangi beberapa pulau untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan. Di wilayah Jawa Barat tersedia banyak wisata petualangan yang bisa kamu coba. Selain berlibur di tempat tempat wisata tersebut kamu juga bisa sekaligus mencoba dan belajar hal hal baru. Mau tau tempat wisata apa aja itu? Dan apa keistimewaa Jawa Barat? Simak penjelasannya sampai akhir ya.

 

1. Tak perlu jauh jauh ke luar negeri, di Indonesia kita punya Green Canyon juga loh!

Green Canyon Jawa Barat Green Canyon Jawa Barat - Dolan Dolen

Green Canyon Jawa Barat via mother-earth.xyz

Green Canyon adalah satu tempat yang ada di Jawa Barat dengan keistimwaan yang luar biasa. Bahkan Green Canyon disebut sebut sebagai tempat wisata alam yang memiliki kemiripan dengan salah satu tempat wisata di luar negeri. Berada di Green Canyon, Dolaners akan disuguhi pemandangan yang sangat memukau. Gagahnya stalaktit dan stalakmit yang menjuntai dan masih meneteskan air akan menyambut kedatangan Dolaners. Karena sir yang terus menerus keluar dari tebing tanpa henti ini, maka tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai daerah hujan abadi. Selain hanya mengagumi keindahan ciptaan Sang Kuasa, di Green Canyon ini Dolaners juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan. Salah satu aktivitas terfavorite disini adalah body rafting. Setelah puas menikmati semua yang ada di Green Canyon, di bagian akhir sungai, Dolaners akan dikejutkan dengan adanya sebuah air terjun bernama Palatar. Air Terjun Palatar seolah dihadirkan sebagai bonus pelengkap bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan Green Canyon di Jawa Barat.

 

2. Nikmati serunya berselancar di Bali-nya Jawa Barat

Pelabuhan Ratu Surfing Pelabuhan Ratu Surfing - Dolan Dolen

Pelabuhan Ratu Surfing by Photo Cornish 2013

Pelabuhan Ratu merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Jawa Barat. Keindahan yang menawan membuatnya tak pernah sepi dikunjungi wisatawan, apalagi saat akhir pekan. Sudah sejak lama Pelabuhan Ratu dikenal sebagai salah satu spot untuk melakukan olahraga surfing. Hal ini karena jenis ombak yang dimiliki pantai ini cukup besar dan cocok untuk berselancar. Bahkan disebut sebut bahwa Pelabuhan Ratu adalah destinasi selancar yang tak kalah menarik dengan Bali ataupun pulau mentawai. Tak hanya peselancar dari dalam negeri, turis mancanegara pun menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit mereka untuk menyalurkan hobby surfingnya. Bahkan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat tak jarang diadakah berbagai event yang berkaitan dengan surfing.

 

3. Di Gunung Haruman Garut, kamu bisa terbang bebas layaknya burung merpati dengan Paraglidding

Paragliding Gunung Haruman Garut Paragliding Gunung Haruman Garut - Dolan Dolen

Paragliding Gunung Haruman Garut via garut.co

Jika Dolaners termasuk orang yang suka dengan tantangan, maka wajib mencoba kegiatan yang satu ini ketika berkunjung ke Jawa Barat. Paraglidding, merupakan salah satu jenis olahraga udara yang membutuhkan nyali sangat kuat. Terbang diatas udara dengan ketinggian lebih dari 1.300 mdpl membuat setiap orang tentu saja akan mengeluarkan keringat dingin. Selain keberanian, emosi yang harus terkontrol dan ketenangan dalam membawa diri adalah hal wajib yang harus dimiliki bagi yang ingin mencoba paraglidding ini. Bagi Dolaners yang belum pernah mencoba olahraga paraglidding tak perlu khawatir karena pada saat terbang, seorang pemandu akan ikut bersama menemani Dolaners. Rasa takut Dolaners akan terobati dengan rasa kagum begitu ketika berada di atas udara Dolaners bisa menikmati pemandangan kota Garut, Jawa Barat secara keseluruhan. Seolah bagai merpai yang terbang dengan bebasnya menikmati keindahan alam ciptaan Yang Kuasa. Bahkan tak jarang bagi mereka yang telah mencoba merasa ketagihan dan ingin melakukan kegiatan olahraga ini lagi dan lagi.

 

4. Cobalah menguji adrenalinmu dengan berarung jeram di Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik Arung Jeram Sungai Citarik - Dolan Dolen

Arung Jeram Sungai Citarik via nazwadzulfa.wordpress.com

Arung Jeram adalah salah satu kegiatan olahraga air yang saat ini sedang banyak diminati, terutama dikalangan anak muda di Jawa Barat. Meski olahraga ini cukup membutuhkan nyali, namun tak sedikit yang penasaran untuk mencoba. Dilakukan dengan cara beregu, sambil menaiki perahu karet, Dolaners harus terus mendayung mengikuti arus sungai. Tak perlu khawatir, karena di setiap rombongan, Dolaners akan didampingin oleh seorang pemandu yang sudah profesional dan mengantongi sertificate Internasional. Tak jarang jika bertemu dengan bebatuan, maka perahu Dolaners akan terbalik. Namun disinilah keseruan yang menyenangkan. Melakukan kegiatan yang mengasyikan sambil tertawa berasama para sahabat adalah kebahagian yang tak bisa dilukiskan dengan kata kata. Bagi Dolaners yang tak bisa berenang, jangan khawatir. Karena selama melakukan kegiatan arung jeram, Dolaners akan dibekali dengan peralatan keamanan seperti jaket pelampung, dan helm.

 

5. Di kaki Gunung Guntur, kamu bisa merasakan refleksi alami langsung dari semesta

Gunung Guntur Gunung Guntur - Dolan Dolen

Gunung Guntur via epictio.com

Gunung Guntur merupakan salah satu tempat yang sering diburu para pencinta hiking di Jawa Barat. Namun tahukan Dolaners, bahwa tak hanya mendaki, di Gunung Guntur kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya loh? Mungkin istilah sambil menyelam minum air sangat cocok bagi Dolaners yang ingin menjadikan Gunung Guntur di Jawa Barat sebagai tujuan destinasi. Hal ini karena sembari mendaki gagahnya gunung ini, Dolaners juga bisa menikmati segarnya air panas yang berada di kaki gunungnya. Dan yang membuat semakin istimewa adalah air panas disini berasal dari sumber mata air secara langsung. Jadi setelah lelah mendaki sampai ke puncak Gunung Guntur, saat dalam perjalanan turun, Dolaners bisa mengembalikan tenaga dengan cara berendam di air panas. Dijamin deh, pegel pegel di badan akan langsung hilang. Dan tubuh Dolaners akan terasa ringan seperti tanpa beban. Sehingga sudah siap deh untuk melakukan rutinitas seperti seharusnya. Gimana, kamu masih ragu mau liburan ke Cipanas, Jawa Barat?


Udah tau kan sekarang mau pergi kemana kalo sedang gabut? Jangan lupa ajakin pasangan juga ya dalam liburan kamu di Jawa Barat. Buat yang jomblo, ajakin gebetan juga gapapa. Kalo masih gak punya, ya udah ajakin sahabat aja, pasti punya dong (hehe). Ingat, kamu harus terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya! Selamat berlibur ke Jawa Barat!

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.