5 Wisata Telaga Paling Menakjubkan di Dieng yang Wajib Kamu Sambangi

Berbicara soal pariwisata di Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Setiap wilayah di bumi pertiwi ini dipastikan menyimpan keindahan tempat wisata dengan keistimewan yang dimilikinya masing masing. Mulai dari wisata hiburan, pendidikan, sejarah, kebudayaan hingga wisata alam semua menarik untuk dijelajahi. Dan salah satu wilayah di Indonesia yang juga memiliki pariwisata yang tak bisa dianggap remah adalah Provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya di kawasan Wonosobo. Ada hal menarik apa aja disana? Mari menjelajahi tempat ini bersama.

Dieng, sebuah kata yang memiliki makna mendalam

Berada di Jawa Tengah, rasanya belum puas jika Dolaners belum berkunjung ke Dieng. Ya, Dieng merupakan sebuah dataran tinggi yang mmemiliki tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Tak hanya menyimpan satu atau dua lokasi wisata, Dieng menyimpan banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk Dolaners lewatkan.  Menurut sejarah, dataran tinggi dieng ini disebut sebut sebagai tempat tinggal para dewa dewi. Hal ini bersumber dari kata Dieng yang dalam bahasa Kawi berarti Tempat Dewa atau Gunung Dewa. Dataran tinggi dieng juga terkenal sebagai tempat yang kental dengan spiritual, hal ini berkaitan dengan banyaknya candi candi Hindu yang memiliki keunikan berdiri di sini.

 

Sebelum meluncur, kamu wajib tau dimana lokasi sesungguhnya Dataran Tinggi Dieng itu

Dataran tinggi dieng merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, yakni sekitar 30 km dari pusat kota Wonosono. Letak dari Dieng berada di sebelah barat wilayah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Berada pada ketinggian 2.093 mdpl, membuat dataran tinggi dieng memiliki udara yaang sejuk khas pegunungan lengkap dengan kabut yang terlihat ketika matahari tak menampakkan sinarnya di langit. Dengan kisahan suhu yang dimiliki yakni 15 hingga 20 derajat Celcius, dataran tinggi dieng menjadi salah satu destinasi favorite di Jawa Tengah.  Akses utama agar Dolaners bisa mencapai kawasan Dieng adalah dengan melewati Kabupaten Wonosobo. Selain kendaraaan pribadi beroda dua maupun empat, Dolaners bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, ojek, maupun taxi.

 

Tak hanya satu, Dieng menyimpan banyak lokasi wisata menakjubkan

Sudah sejak lama dataran tinggi dieng menjadi jujugan bagi para Dolaners yang sedang berada di Jawa Tengah. Bahkan bisa dikatakan Dieng merupakan salah satu wisata favorite yang ada di Pulau Jawa.  Hal ini wajar saja mengingat banyak tempat wisata tersimpan di kawasan ini. Salah satunya adalah wisata alam telaga. Tak hanya satu, dataran tinggi dieng memiliki beberapa wisata telaga yang sangat ajaib.

 

1. Telaga Menjer yang dipenuhi misteri percintaan

Telaga Menjer Telaga Menjer - Dolan Dolen

Telaga Menjer by @agungwahyud1

Telaga Menjer merupakan salah satu wisata telaga yang ada di kawasan dataran tinggi dieng. Terletak di ketinggian 1300 mdpl menjadikan hawa disekitar Telaga Menjer sangat sejuk. Telaga ini awalnya difungsikan sebagai PLTA dan pengairan yang gunanya adalah untuk membatu kebutuhan penduduk sekitar. Namun seiring berjalannya waktu, Telaga Menjer juga dikenal sebagai salah satu spot memancing favorite. Dan kini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Dengan kedalaman yang tak dangkal, Telaga Menjer dikabarkan bisa menenggelamkan Tugu Monas hingga separuh badan. Berada di Telaga ini akan menjadikan fikiran Dolaners yang kalut menjadi tenang, suasananya yang sepi sangat mendukung. Namun ingat, bagi Dolaners yang sedang merasakan pahitnya patah hati, tidak disarankan untuk mengunjungi Telaga Menjer sendirian ya. Terlalu sunyi jika Dolaners menenangkan fikiran yang sedang kalut disini sendirian. Jadi ada baiknya ajak para sahabat untuk turut meramaikan suasana selama Dolaners di Telaga Menjer ini.

 

2. Telaga Warna dengan seribu satu cahayanya yang penuh makna

Telaga Warna Telaga Warna - Dolan Dolen

Telaga Warna via diengjavanesia.com

Telaga warna merupakan salah satu landmark dari wisata dataran tinggi dieng yang ada di wilayah Wonosobo ini . Nama Telaga Warna sendiri diambil karena memang telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda. Telaga Warna ini memiliki legenda tersendiri. Saat terkena sinar matahari, telaga ini bisa memancarkan 3 warna berbeda. Yakni hijau, biru laut dan kekuningan. Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Namun secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut terjadi karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Tak hanya itu, konon katanya dahulu telaga warna ini menjadi tempat mandi bagi 7 bidadari cantik. Yang kemudian oleh warganya melegendalah sebuah cerita bahwa telaga ini dijadikan tempat untuk mencari makna kehidupan. Di sekitar telaga ajaib ini juga terdapat puncak perbukitan yang mengelilinginya. Dari puncak ini Dolaners bisa melihat keindahan Telaga Warna secara menyeluruh. Dan di dekat tepian telaga juga terdapat balkon yang bisa Dolaners gunakan untuk duduk santai sembari menikmati keindahan telaga di kala senja tiba.

 

3. Telaga Pengilon, tempat dimana kamu bisa melihat sisi baik dan buruk seseorang

Telaga Pengilon Telaga Pengilon - Dolan Dolen

Telaga Pengilon via flickr.com/photos/hastu

Bukan cuman air laut saja yang memiliki air jernih sebening kaca. Telaga Pengilon adalah salah satu wisata alam telaga yang juga meiliki air dengan kebeningan tembus pandang. Saking beningnya, Dolaners bahkan bisa menjadikannya cermin. Jika berdiri di tepian telaga, Dolaners akan bisa melihat wujud Dolaners di permukaan air Telaga Pengilon ini. Legenda yang berkembang di kalangan masyarakat secara turun temurun menceritakan kepada anak cucu bahwa Telaga Pengilon ini sanggup melihatmu dari dua sisi. Yakni sisi baik dan sisi buruk. Mencelupkan kaki di tepian danau sembari bermain main bersama para sahabat adalah hal mengasyikan yang bisa Dolaners lakukan di Telaga Pengilon ini.

 

4. Tak perlu mendaki Semeru, Telaga Dringo bisa jadi cerminan dari Danau Ranu Kumbolo

Telaga Dringo Telaga Dringo - Dolan Dolen

Telaga Dringo via diengadventure.com

Jika Dolaners belum memiliki nyali yang nyata untuk mendaki Gunung Semeru namun selalu penasaran dengan keindahan Danau Ranu Kumbolo, maka tak perlu khawatir karena di kawasan dataran tinggi Dieng, Dolaners bisa menemukan cerminan dari danau cantik tersebut. Tempat ini hanya berada di ketinggian 2222 mdpl sehingga Dolaners tak perlu bersusah payah mendaki dengan banyak tenaga. Bernama Telaga Dringo, suasana yang dihadirkan disini mirip dengan yang ada di Danau Ranu Kumbolo. Bermalam di pinggir telaga dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun kemudian bernyanyi dan bersenda gurau bersama para sahabat merupakan pengalaman yang akan membuat Dolaners tak bisa melupakannya.

 

5. Telaga Merdada, telaga ajaib yang hanya ada pada saat musim hujan

Telaga Merdada Telaga Merdada - Dolan Dolen

Telaga Merdada via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di kawasan dataran tinggi dieng. Telaga yang satu ini memiliki keistimewaan yang unik dimana kemunculannya hanya ada pada saat musim hujan saja. Hal ini karena Telaga Merdada tercipta oleh genangan air hujan yang melimpah. Dan saat musim kemarau sedang terjadi, Dolaners bisa berjalan kaki di atas telaga ini. Namun hal ini sangat tidak disarankan karena adanya lumpur tanah yang berbahaya. Tak hanya telaga yang ajaib, tempat ini juga menyimpan keindahan lain berupa adanya dua bukit kecil disekitarnya. Salah satu bukit tersebut berwarna merah dan bernama Semurup.


Gimana uda puas kan menjelajahi telaga telaga cantik yang ada di Kawasan Dieng? Tunggu apalagi cepet tentukan waktu libur kamu untuk mengunjungi dataran tinggi dieng. Tak hanya wisata alam telaga loh, masih banyak tempat wisata lain disini yang menarik untuk diulik.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.