8 Rahasia Dibalik Raja Ampat yang Keindahannya Menghipnotis Mata!

Raja Ampat memang merupakan gambarah nyata dari surga yang ada di dunia. Seakan diciptakan khusus untuk Indonesia, Raja Ampat begitu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Panorama keindahan alamnya memang tak main main. Mulai dari suasana almanya yang tenang, kejernihan air lautnya yang sebening kristal berwarna biru, kemilau pasir outihnya yang menyilaukan mata dan tentu saja yang tak boleh terlewatkan adalah ragam kecantikan terumbu karangnya, yang sekaligus menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Tak hanya dari dalam negeri, wisatawan mancanegara pun turut berburu liburan di Raja Ampat. Bahkan yang lebih istimewa lagi, Raja Ampat menjadi satu dari 10 destinasi wisata menyelam langganan di dunia yang selalu dipilih. Wow... keren banget kan! Namun ada beberapa hal yang tak banyak orang tahu tentang Raja Ampat yang termasyur itu. Mau tau apa saja rahasia itu? Simak penjelasan ini ya, jangan sampek terlewat sedikit pun lho!

1. Amazon bawah laut yang menghipnotis

Raja Ampat Underwater Raja Ampat Underwater - Dolan Dolen

Raja Ampat Underwater via wallpapers13.com

Raja Ampat memang memiliki banyak keistimewaan yang dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa. Terletak di coral triangle dunia, menjadi salah satu keistimewaan Raja Ampat. Karena hal inilah, di surga bawah laut ini terdapat sekitar 75% dari semua spesies terumbu karang yang ada di dunia. Tak ketinggalan pula ragam spesies ikannya. Mulai dari hiu, paus hingga si fosil hidup, coelacanth semua tersedia lengkap di bawah laut Raja Ampat. Suasana bawah lautnya bagaikan hutan rimba, karena hal inilah Raja Ampat juga dikenal dengan sebuatn ‘Amazon bawah laut’.

 

2. Tak semua orang bisa bebas berkunjung di surga bawah laut Raja Ampat

Raja Ampat pada dasarnya adalah taman nasional, sehingga sengaja tak dikembangkan dan dipromosikan sebagai tujuan wisata. Jumlah orang yang berkunjung pun dibatasi. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan agar kelestarian alam Raja Ampat selalu terjaga. Hal ini sebenarnya bukan yang pertama diterapkan di tempat tempat indah Indonesia, di Jawa Timur ada pula Pulau Sempu yang berlokasi di kota Malang. Pulau Sempu adalah cagar alam sehingga tak sembarang orang dapat berkunjung, memerlukan izin untuk berkunjung kesana. Bedanya Pulau Sempu terlanjur dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata sehingga justru dimanfaatkan untuk tempat wisata yang sembarang orang boleh memasukinya.

 

3. Kita sedang liburan ke Eropa atau Indonesia?

Raja Ampat Resort Raja Ampat Resort - Dolan Dolen

Raja Ampat Resort via misoolecoresort.com

Segala macam keindahan dan keistimewaan Raja Ampat tak serta merta menjadikannya dikerumuni banyak wisatawan setiap harinya. Hal ini berkaitan dengan budget yang harus dikeluarkan. Biaya paket wisata ke Raja Ampat bisa lebih mahal dari biaya berwisata ke Eropa. Untuk paket lengkap menginap hingga menyelam di dunia bawah laut Raja Ampat, Dolaners harus menyiapkan dana sekitar 28 juta hingga 84 juta rupiah. Wow…. lumayan juga ya?

 

4. Jangan lupa bawak permen untuk ‘mereka’ !

Anak-Anak Raja Ampat Anak Anak Raja Ampat - Dolan Dolen

Anak-Anak Raja Ampat via rbappeda.blogspot.co.id

Ada sebuah kebiasaan unik yang akan Dolaners temukan ketika berada di Kabupaten Raja Ampat ini. Layaknya seorang anak kecil yang kegirangan saat ayahnya pulang kerja membawakan oleh-oleh, begitu pula dengan masyarakat lokal akan senang jika Dolaners memberi mereka pinang atau permen. Oleh-oleh itu dianggap sebagai lambang perdamaian antara pengunjung dengan warga lokal. Wah lucu juga ya keunikannya ini? Kapan kapan coba ah… (hehe)

 

5. Toleransi tinggi masyarakat Raja Ampat, perlu ditiru lho!

Seperti kebanyakan wilayah di bagian timur Indonesia, di Kabupaten Raja Ampat, mayoritas penduduknya juga beragama Kristen. Serta barulah sebagan kecilnya beragama Islam, namun hal tersebut tak serta merta memcah belah keduanya. Tingkat toleransi masyarakat di wilayah ini sangat tinggi. Bahkan dalam satu marga, ada beberapa anggota keluarga menganut agama yang berbeda adalah hal yang wajar disini.

 

6. ‘Stand Up Comedy’ yang sudah jadi tradisi masyarakat Raja Ampat

Jika ada pepatah yang berkata bahwa ‘makan tak makan yang penting kumpul’, maka hal tersebut juga berlaku ketika Dolaners berada di Kabupaten Raja Ampat. Disini, ada suatu tradisi bernama para-para pinang’ yaitu merupakan tradisi dimana semua orang duduk bersama, berbincang sambil saling melempar candaan dan cerita lucu secara bergiliran. Hal seperti inilah yang akan mendekatkan satu dan yang lainnya seperti saudara sendiri. Cobalah untuk bergabung bersama mereka. Dijamin akan menjadi pengalaman Dolaners yang tak terlupakan.

 

7. Jika biasanya ada istilah kampung sebelah untuk tetangga, kalo disini pulau sebelah tetangganya

Tergolong sebagai wilayah kepulauan, menjadikan 80% wilayah Kabupaten Raja Ampat adalah laut berwarna biru jernih yang mampu menghipnotis para pecinta olah raga menyelam. Dan 20% sisanya berupa 610 pulau, dimana hanya ada 35 pulau yang berpenghuni. Salah satu hal unik di Raja Ampat ini adalah, saking banyaknya pulau, jika Dolaners mendengar orang lokal berkata “ingin pergi ke sebelah”, maka hal tersebut bisa berati ‘pergi ke pulau sebelah’ (hehe). Bayanginnya aja pasti bikin penasaran kan Dolaners?

 

8. Kutukan akan datang kepada mereka yang serakah

Dan yang terakhir, yang paling mengerikan adalah, berdasar adat yang berlaku, warga lokal Raja Ampat dilarang mengambil kekayaan bahari daerahnya secara sembarangan, harus hati hati dan tak boleh serakah. Jika ada yang melanggar, ketua adat akan memberinya hukuman sosial, mulai dari membangun jalan, hingga hukuman kutukan! Widiw… ngeri banget.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.