8 Surga Pesisir di Pacitan yang Patut Untuk Dolaners Eksplore

Pacitan adalah sebuah kota yang tak bisa dianggap sepele jika berbicara mengenai pariwisata yang terkandung di dalamnya. Mulai dari wisata modern hingga alami, entah itu wisata hiburan, belajar, budaya, sejarah, semua ada di Pacitan. Terletak di kabupaten yang berada di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur, Pacitan memiliki keistimewaan yang unik. Dimana posisinya yang berhadapan secara langsung dengan Samudra Hindia tentu saja menjadikannya kaya akan potensi wisata pesisir. Bukan begitu Dolaners? Kekayaan alam inilah yang membuat Pacitan memiliki daya tarik yang sangat kuat para para Dolaners yang sedang ingin memanfaatkan waktu luang untuk berlibur. Tak heran jika kota Pacitan juga dikenal dengan nama Kota Pariwisata dan juga Kota Seribu Goa. Penasaran ingin tau ada apa aja di Pacitan? Yuk bersama tim Dolandolen kita menjelajahi keindahan kota Pacitan.

1. Pantai Banyu Tibo, sebuah mahakarya Sang Pencipta yang luar biasa mempesona

Pantai Banyu Tibo Pantai Banyu Tibo - Dolan Dolen

Pantai Banyu Tibo via ratjoen.in

Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu pantai di kawasan Pacitan yang akhir akhir ini namanya sedang diperbincangkan di kalangan para Dolaners, tentu saja karena keindahannya yang membuat orang penasaran. Terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai Banyu Tibo sangat direkomendasikan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata Dolaners berikutnya. Nama ‘banyu tibo’ sendiri di ambil dari Bahasa Jawa yang emmiliki arti ‘air yang jatuh’. Ya, diberi nama demikian karena memang di tepi pantai yang satu ini terdapat sebuah air tejun yang berhadapan langsung ke laut lepas. Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo Pacitan ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Sungai yang menjadi sumber ini tidak pernah kering, bahkan saat musim kemarau tiba airnya yang jernih tetap mengalir tiada henti. Aliran air sungai inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Gimana penasaran bangetkan ngebayangin ada pantai yang dipinggirnya ada air terjunnya. Nah pasti bingung kan, kayak gimana tuh indahnya?

 

2. Pesona Pantai Klayar yang tak pernah habis dimakan waktu

Pantai Klayar Pantai Klayar - Dolan Dolen

Pantai Klayar via beatifulindonesia.com

Pantai Klayar, tentu Dolaners sudah tidak asing lagi bukan dengan namanya? Ya, Pantai Klayar memang merupakan salah satu pantai yang sering diburu jika sedang berada di kota Pacitan. Selain memiliki pasir yang berwarna putih, keistimewaan lain yang dimiliki Pantai Kalayar adalah terdapatnya batu karang dengan bentuk menyerupai spink. Tak hanya itu, dikawasan Pantai Klayar juga terdapat sebuah air mancur alami dengan ketinggian mencapai kurang lebih 10 meter. Berlokasi di Kecamatan Donorojo, Pacitan, Pantai ini berrada kurang lebih sekitar 35 km perjalanan ke arah barat dari pusat kota Pacitan. Dengan membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 60 menit untuk bisa menginjakkan kaki di Pantai Klayar. Pantai ini terbilang masih alami, jalanan menuju pantainya pun cukup menantang. Hal ini karena banyaknya tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim serta ada beberapa bagian jalan yang harus lebih berhati hati jika melewatinya pada musim hujan. Oleh karena itu bagi Dolaners yang tidak biasa berkendara di medan ekstrim, lebih disarankan untuk menyewa supir yang sudah berpengalaman. Namun rasa lelah Dolaners akan terbayarkan begitu tiba di tujuan utama. Dolaners akan disambut dengan kecantikan gradasi warna air laut dari biru hingga hijau toska yang berpadu dengan putihnya pasir pantai membuat siapa saja yang memandang dipastikan jatuh cinta dengan pantai ini. Bebatuan karang yang kokoh dan menjorok membuat kecantikan Pantai Klayar di Pacitan ini tak kalah dengan Tanah Lot di Bali.

 

3. Pantai Srau, saudara kembar Pantai Klayar yang tak kalah jelita

Pantai Srau Pantai Srau - Dolan Dolen

Pantai Srau via pasirpantai.com

Ada sebuah pantai di Pacitan yang disebut sebut memiliki kemiripan dengan Pantai Klayar yang fenomenal. Ya, Pantai Srau. Sudah sejak lama memang pantai yang satu ini menyandang status ‘mirip’ dengan Pantai Klayar. Sebenarnya Pantai Srau memiliki ciri khasnya sendiri yakni warna pasir pantainya yang sangat putih serat batu batuan karang yang menjorok ke arah laut. Berlokasi di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Dolaners harus menempuh akses sekitar 25 km ke arah barat, jika berangkat dari kota Pacitan. Akses jalan menuju Pantai Srau ini terbilang cukup berkelok kelok dengan jalan yang relatif kecil. Namun hal tersebut tidak serta merta menjadikan Pantai Srau jauh dari dunia luar. Terbukti bahwa keindahan Pantai Srau pernah dibingkai dalam film layar lebar berjudul Tania yang diperankan oleh beberapa artis papan atas seperti Wulan Guritno, Ferly Putra dan masih banyak lagi.

 

4. Pantai Watukarung yang siap membuat Dolaners terpesona

Pantai Watukarung Pantai Watukarung - Dolan Dolen

Pantai Watukarung via panoramio.com/user/6254862

Pantai Watukarung merupakan sebuah pantai pasir putih di pesisir Pacitan yang hampir serupa dengan Panta Srau. Selain panorama yang indah, pantai ini juga memiliki ombak yang besar sehingga sering digunakan untuk arena surfing. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batuan karang, pada waktu waktu tertentu, Pantai Watukarung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat para surfer serasa di surga. Berlokasi di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku, Pacitan, jarak Pantai Watukarung dengan Kota Pacitan sekitar 25 sampai 30 km yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Bagi Dolaners yang ingin berwisata ke pantai ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena kondisi jalan menuju pantai ini terbilang cukup kecil dengan banyak tanjakan dan turunan menjadikan Dolaners harus benar benar waspada selama berada di perjalanan.

 

5. Pantai Karang Bolong, Uluwatu ala Pulau Jawa

Pantai Karang Bolong Pantai Karang Bolong - Dolan Dolen

Pantai Karang Bolong via islahagus.blogspot.co.id

Satu lagi pantai di Pacitan yang sedang fenomenal sejak kemunculannya di media sosial beberapa waktu lalu. Pantai Karang Bolong merupakan sebuah wisata pesisir yang sedang banyak dicari. Hal ini karena pantai yang satu ini memiliki keistimewaan dimana Dolaners dapat menikmati panorama keindahan pantai selatan yang apik. Tak hanya itu, tebing tebing kokoh berbalut tumbuhan hijau yang menjulang tinggi juga turut melengkapi keindahan Pantai Karang Bolong. Letak tebing tebing ini berada di tepi barat pantai dan menjorok ke laut. Sekilas Pantai Karang Bolong tidak jauh berbeda dengan Pantai Uluwatu yang ada di Pulau Bali. Diberi nama ‘karang bolong’ pantai ini juga memiliki cerita tersendiri. Dimana tebing tebing yang ada di sekitar pantai memiliki beberapa lubang kecil yang jika ombak sedang datang air terasa akan menyembur dari dasar ke atas. Terletak di Kelurahan Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan, akses jalan untuk menuju pantai ini terbilang belum sempurna, terlebih jika hujan baru saja turun. Sehingga Dolaners tidak disarankan mengunjungi Pantai Karang Bolong saat sedang musim hujan.

 

6. Pantai Teleng Ria yang terpampang indah di tengah kota

Pantai Teleng Ria Pantai Teleng Ria - Dolan Dolen

Pantai Teleng Ria via mufatismaqdum.wordpress.com

Pantai Teleng Ria merupakan sebuah pantai yang memiliki keistimewaan dimana lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Pacitan. Untuk bisa menjangkau pantai ini, Dolaners hanya perlu menempuh jarak sekitar 3,5 km saja dari pusat kota Pacitan. Waktu tempuh yang diperkirakan akan Dolaners lewatipun cukup dengan 15 hingga 30 menit saja. Karena bentuknya yang menjorok ke laut, warga sekitar juga sering menyebut Pantai Teleng Ria dengan sebutan teluk. Pantai Teleng Ria sendiri masuk ke dalam jajaran pantai selatan dengan pasir putih yang membentang luas sepanjang 3 km. Berada di Pantai Teleng Ria, Dolaners bisa menikmati indahnya pasir putih, laut yang biru dengan background rangkaian Gunung Limo. Yang istimewa lagi, ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga Dolaners bisa memanfaatkannya untuk bermain di laut, mandi, ataupun berenang. Namun ingat, teteap harus wasapada ya! Puas bermain, di Pantai Teleng Ria ini Dolaners bisa membawa buah tangan berupa hasil laut yang segar. Oleh oleh tersebut bisa Dolaners beli di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di sekitar tepi pantai.

 

7. Pantai Buyutan, tempat menyepi paling nyaman di Pacitan

Pantai Buyutan Pantai Buyutan - Dolan Dolen

Pantai Buyutan via infopacitan.com

Tak jauh dari Pantai Klayar ada sebuh pantai dimana sangat cocok bagi Dolaners yang sedang ingin menyepi dari hiruk pikuk keriuhan masalah hidup ketika berada di kawasan Pacitan. Bernama Pantai Buyutan, pantai yang satu ini terbilang masih perawan. Tidak banyak wisatawan yang datang untuk meramaikan pantai ini, sehingga membuat Buyutan Beach menjadi pantai yang sangat bersih dengan pasir putih yang lembut. Air Pantainya pun masih sangat jernih berwarna biru. Dengan kondisi alam seperti ini, diharapkan bagi siapa saja yang berkunjung untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan pantai. Pantai Buyutan sendiri berlokasi di Kecamatan Donorojo, Pacitan. Untuk bisa sampai ke lokasi, Dolaners harus menempuh perjalanan sekitar 44 km dari pusat Kota Pacitan menggunakan kendaraan pribadi, karena memang hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa langsung mengantar Dolaners ke Pantai Buyutan.

 

8. Pantai Kali Uluh, surga surfing di Jawa Timur

Pantai Kali Uluh Pantai Kali Uluh - Dolan Dolen

Pantai Kali Uluh via indonesiakusatuhati.blogspot.co.id

Siapa bilang di Pacitan gak bisa surfing. Pantai Kali Uluh merupakan sebuah pantai dimana sering dijadikan jujugan bagi para pecinta olahraga surfing. Hal ini dikarenakan pantai yang satu ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat pas jika dijadikan lokasi surfing. Pantai Kali Uluh sendiri adalah salah satu pantai di Pacitan yang memiliki akses jalan cukup baik. Hal ini karena melewati jalur lingkar selatan. Rute yang bisa Dolaners lalui untuk bisa smpai ke Pantai Kali Uluh yakni melalui kawasan JLS sampai fly over gayam, kemudian belok kiri melewati pasar gayam. Dari sini Dolaners teruskan perjalanan hingga bertemu dengan fly over kedua. Jalan lurus hingga menemukan Desa Klasem. Sesampainya di pertigaan setelah gapura masuk Desa Klasem, Dolaners harus meneruskan perjalanan hingga bertemu pertigaan kedua. Di sana ambil lajur kanan. Ikuti jalan yang ada sampai tiba di Pantai Kali Uluh. Deburan ombak laut serat angin yang bertiup segar sudah bisa Dolaners rasakan dari kejauhan. Pemandangan batu karang yang tersebar di tepi pantai turut menambah keindahan Pantai Kali Uluh yang siap menyambut kedatangan Dolaners ketika ekplore di Pacitan.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.