Bukit Cumbri, Menikmati Negeri di Atas Awan ala Wonogiri

Mungkin selama ini jika berbicara tentang pariwisata yang ada di Indonesia, nama Wonogiri masih jarang sekali terdengar dan dibicarakan. Namun hal tersebut tidak berarti jika salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Tengah ini tidak memiliki pariwisata yang pantas untuk dikunjungi. Justru di balik kebisuan namanya, Wonogiri memiliki potensi wisata tersembunyi yang keindahannya tidak bisa dianggap remeh. Bahkan baru baru ini ada sebuah destinasi wisata di Wonogiri yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial karena keindahannya yang menghipnotis. Mau tau tempat apa itu? Yuk, menjelajah keindahan Wonogiri bareng bareng.

Perkenalkan ini dia Bukit Cumbri dengan keindahannya yang menghipnotis

Bukit Cumbri Bukit Cumbri - Dolan Dolen

Bukit Cumbri via https://instagram.com/rismautama

Bukit Cumbri merupakan satu dari ribuan bukit yang ada di Indonesia. Namanya semakin dikenal dikalangan para Dolaners sejak kemunculannya di media sosial. Karena memang kecanggihan media sosial terbukti ampuh untuk mengenalkan dan menaikkan popularitas dari suatu lokasi. Keindahan panoramanya yang bak surga di dunia, menjadikan Bukit Cumbri tak salah jika dijadikan destinasi buruan bagi para penikmat traveling. Iming iming yang diberikan tempat wisata yang berada di pinggir kota Wonogiri ini memang sangat menggiurkan. Berada di ketinggian 638 mdpl menjadikan Bukit Cumbri memiliki keistimewaan tersendiri. Dari ketinggoan Dolaners akan disuguhi pemandangan bagai berdiri di atas awan.

 

Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Bukit Cumbri, kamu wajib memiliki perencanaan yang matang!

Merencanakan untuk berlibur ke suatu tempat yang belum pernah Dolaners kunjungi sebelumnya, tentu saja harus memiliki perecanaan terlebih dahulu. Banyak aspek yang harus Dolaners ketahui dan mengerti. Salah satunya adalah akses jalan dan transportasi agar bisa sampai ke tempat tujuan. Begitu pula jika Dolaners ingin berkunjung ke Bukit Cumbri. Bukit Cumbri sendiri terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri dan juga masuk di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo. Ya, memang Bukit Cumbri ini berada di lokasi yang merupakan daerah yang terbagi ke dalam 2 wilayah, yakni Wonogiri dan Ponorogo.

Akses Jalan Bukit Cumbri Akses Jalan Bukit Cumbri - Dolan Dolen

Akses Jalan Bukit Cumbri via kluyuranindonesia.blogspot.co.id

Untuk bisa sampai ke Bukit Cumbri, rute yang harus Dolaners lewati yakni menyusuri jalan Wonogiri menuju Ponorogo atau Purwantoro menuju Ponorogo. Tak perlu khawatir karena jalanannya sudah lumayan bagus, hanya saja Dolaners harus pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Namun , seperti halnya daerah perbukitan, jalanan menuju Bukit Cumbri ini lumayan memiliki tanjakan yang menantang, sehingga kondisi tubuh Dolaners harus dalam keadaan fit. Dari tempat parkir kendaraan hingga sampai ke puncak Cumbri di tempuh dengan berjalan kaki yang berute lumayan menanjak. Untuk Dolaners yang sudah terbiasa hiking, tidak akan bermasalah. Dan, untuk Dolaners yang tergolong pemula, trek menuju Bukit Cumbri bisa dijadikan tempat “latihan” hiking.

 

Dari kejauhan gagahnya Puncak Cumbri sudah menantimu

Puncak Cumbri Puncak Cumbri - Dolan Dolen

Puncak Cumbri via wijapuccino.blogspot.co.id

Setelah melakukan trekking hampir 1 jam, maka kini didepanmu akan terhampar sebuah puncak yang indah bernama puncak Cumbri. Keindahan puncak Cumbri ini tak kalah dengan Tebing Keraton yang ada di Bandung, Tebing Cadas Gantung di Majalengka, ataupun Eling Bening di Ambarawa. Di Bukit Cumbri ini memiliki 2 puncak yang menawan, yang satu menghadap kebarat dan memiliki ketinggian yang lebih rendah dari pada yang menghadap ke arah timur. Berada di puncak Cumbri ini Dolaners akan disuguhi pemandangan yang menawan. Dari puncak ini Dolaners seolah sedang berada di atas awan dan bisa melihat kota Wonogiri lengkap beserta bukit bukit lain yang ada di sekitarnya. Namun keamanan harus tetap menjadi prioritas, selama berada di sini Dolaners harus ekstra berhati hati. Hal ini karena Puncak Cumbri memiliki struktur tanah yang tidak rata dimana banyak batuannya yang lebih tinggi dari yang lain, bahkan di sisi kanan dan kirinya cenderung curam.

 

Menikmati sunrise dari Puncak Cumbri sungguh kenikmatan Tuhan yang tak bisa didustakan di Bukit Cumbri

Sunrise Bukit Cumbri Sunrise Bukit Cumbri - Dolan Dolen

Sunrise Bukit Cumbri via wijapuccino.blogspot.co.id

Waktu terbaik untuk Dolaners berkunjung ke Bukit Cumbri ini adalah di pagi hari. Apalagi jika mendapatkan sunrise ketika sedang berada di puncaknya, pastilah keistimewaan yang tiada duanya. Jerih payah mendaki rasanya akan terbayar dengan keindahan yang Dolaners dapatkan. Bagi Dolaners pecinta fotografi yang akan mengabadikan moment menyambut muculnya sinar mentari, datanglah ketika hari biasa. Hal ini karena jika hari libur, Bukit Cumbri biasanya akan sangat ramai pengunjung, sehingga untuk bisa berfoto Dolaners harus berdesak desakan dengan pengunjung lainya. Berpose di puncak Cumbri dengan background keindahan panorama Wonogiri yang asri, pastilah foto Dolaners akan bernilai seni tinggi. Dan tentu saja ketika Dolaners mengunggah di media sosial, akan membuat iri banyak orang.


Gimana, sudah tidak memandang Wonogiri dengan sebelah mata lagi kan kamu? Bukit Cumbri adalah salah satu pembuktian bahwa Wonogiri juga memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan kota kota lain. Ingat, kemanapun kamu berlibur jangan lupa selalu jaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan ya. Selamat berlibur.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.