Bali

Pulau Dewata menawan hati, memiliki kemegahan tradisi yang diwariskan oleh para leluhur yang selalu dipegang teguh dan dilestarikan oleh pewarisnya.

Bali, siapa yang asing dengan pulau dan provinsi ini? Tak ada lah ya pastinya. Bali merupakan satu dari sekian banyak profinsi yang ada di Indonesia dengan ibukota Denpasar. Luas daerah ini mencakup 5.636,66 km2 atau secara keseluruhan dari luas Indonesia sekitar 0,29%. Pulau ini memiliki gunung tertinggi yaitu gunung agung dengan ketinggian yang dimilikinya 3.148 meter. Keindahan yang dimiliki oleh pulau Bali membuatnya dikunjngi oleb banyak wisatawan baik dalam maupun luar negri yang menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata favorit mereka dengan julukan pulau dewata, pulau seribu pura dan pulau surga.

Bali memiliki kemegahan tradisi yang diwariskan oleh para leluhur yang selalu dipegang teguh dan dilestarikan oleh pewarisnya seperti kegiatan rutin dalam persembahyangan menggunakan anekaragam sesajen dipura maupn dijalanan. Tradisi tersebut merupakan ciri dari kentalnya keyakinan agama melalui sebuah persembahan dengan sujud yang tulus dan tunduk kepada Dewata.

Sejarah

Sekitar tahun 3000-2500 SM diperkirakan penghuni pertamannya adalah orang-orang yang bermigrasi dari Asia. Dibagian barat dari pulau yaitu desa Cekik telah ditemukan peralatan batu dimasa saat itu dan pada akhir zaman prasejarah datanglah ajaran Hindu serta tulisan dengan menggunakan bahasa sansekerta pada 100 SM dari India. Kebudayaan Bali dipengaruhi dengan kat oleh kebudayaan India setelah abad ke-1 Masehi dengan proses yang semakin cepat.

Pada 12 Oktober 2002, seorang teroris melakukan pengeboman dikawasan wisata pantai Kuta. Hal ini menyebabkan banyak korban jiwa baik meninggal maupun cidera dan menjadi liputan Internasional sehingga menjadi pukulan berat bagi pulau Bali dan negri Indonesia. Seiring perbaikan yang dilakukan, perlahan pulau ini mulai berbenah untuk mengembalikan citranya sebagai pulau dewata.

Transportasi
  • Jika dijangkau dari pulau jawa maka wisatawan dapat menggunakan pelayanan kapal feri dari pelabuhan Gilimanuk dengan pelabuhan Ketapang sekitar 30-45 menit.
  • Berbagai transportasi ketika telah sampai di Pulau Bali adalah dokar atau delman, angkot, ojek, taksi, komotra, persewaan mobil dan bus. Baru-baru ini juga telah diluncurkan trans Sarbagita ber AC yaitu Denpasar, badung, Gianyar dan Tabanan dengan tarif Rp 3.500.
Pariwisata

Banyak sekali tujuan wisata yang dapat dijadikan sebagai referensi wisata favorit disana baik dari wisata alamnya yang indah maupun budaya seninya yang memikat karena unik dan menariknya. Adapun tepat wisata tersebut adalah pantai kuta, pantai sanur, danau beratan bedugul, tanah lot, pura besakih, kintamani dan masih banyak lagi.

Cinderamata

Cinderamata yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Pulau Bali sangatlah beragam seperti berbagai model kaos dengan tulisan-tulisannya, rok pantai, sandal jepit, blangkon, gantungan kunci, aneka kerajinan tangan dan sebagainya.

Sekian tentang pulau Bali yang indah hingga dijuluki sebagai pulau dewata, pula surga dan pulau seribu pura. Buktikan keindahan pulau yang selalu dirindukan para wisatawannya ini.

Information

Find More  

Places in Bali

Find More  

Directory

Find More