Denpasar

Denpasar menyuguhkan suasana kota yang penuh kenyamanan, hiburan dan atraksi paling menarik di Pulau Bali.

Dolaners pasti sudah sering mendengar nama Denpasar, Denpasar merupakan ibukota dari Provinsi Bali. Nah, oleh karena itu daerah Denpasar ini merupakan salah satu daerah yang memiliki andil penting untuk pulau Bali. Deskripsi selengkapnya tentang daerah ini dapat Dolaners simak berikut:

Geografi

Ketinggian daerah ini berada pada 0-75 m dari daerah permukaan laut dan berada pada letak posisi 8035’31”-8044’49” lintang selatan dan 115000’23”-11501’27” bujur timur. Luas wilayah Denpasar adalah 127, 78 km2 atau dari luas wilayah Bali sekitar 2,18%nya. Rata-rata tingkat curah hujannya adalah 244 mm setiap bulan dan meningkat cukup tinggi dibulan Desember. Sedang suhu udaranya berkisar 29,80 dengan kisaran paling rendahnya yaitu 24.30 C. Tanah yang dipakai 2.768 Ha merupakan persawahan dan 10.001 Ha adalah tanah kering sedang 9 Ha adalah tanah lainnya sebagai sisanya.

Penduduk

Penduduk Denpasar sekitar 68.4% menganut agama Hindu, selanjtnya disusul oleh agama Islam, Kristen, Budha dan Konghucu. Banyak penduduk pendatang dari daerah lain baik Indonesia maupun luar negri karena pesona Bali yang sangat memukau hingga menarik para pendatang untuk menetap dan menjadikan daerah ini sebagai daerah mata pencaharin.

Iklim

Iklim yang diiliki oleh Kota Denpasar Bali adalah tropis basah dan tropis kering dengan cuacanya yang panas dan lembab sehingga dalam tiap tahunnya terbagi menjadi musim basah dan kering dengan rata-rata suhunya 280 C.

Topografi

Secara umum daerah Denpasar miring kearah selatan dengan kisaran ketinggian dari atas permukaan lau adalah 0-75 m. Kemiringan lahannya sebagian besar berada dikisaran 0-5% sedangkan pada bagian tepi kemiringannya dapat mencapai sekitar 15%.

Demografi

Pengeboman Bali yang terjadi pada tahun 2002 menyebabkan depresi yang terjadi pada bidang pariwisata, imigrasi, pekerjaan maupun pengunjungnya. Seiring berjalannya waktu, Denpasar Bali terus berkembang dan melakukan perbaikan hingga tahun 2005-2010 pertumbuhannya pun lebih cepat daripada tahun-rahun sebelumnya pasca tragedi pengeboman.

Dear Dolaners, ada pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Nah, Dolaners sebaiknya mengenal daerah Denpasar tersebut supaya dapat timbul rasa sayang pada daerah yang terkenal di Pulau Bali.

Information

Find More  

Directory

Find More