Jakarta

Merupakan ibu kota Republik Indonesia, menjadi perhatian utama nasional, pusat roda sejarah dan kehidupan modern Indonesia.

Jakarta merupakan salah satu wilayah yang menjadi ibu kota berlokasi tepat di utara Pulau Jawa, di muara sungai Ciliwung, Teluk Jakarta. Jakarta memang kota yang sering dilanda banjir, bukan hanya karena kondisi sungai dan banyaknya bangunan, namun juga memiliki letak geografi Jakarta pada ketinggian dengan rata-rata 8 meter di bawah permukaan laut. Sungai ciliwung tersebut menjadi pembelah kota Jakarta yang menjadi 4 bagian yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat yang berbatasan dengan Provinsi Banten, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Selain itu Jakarta juga terdapat kabupaten Kepulauan Seribu yang merupakan kabupaten yang administratif yang berada di Teluk Jakarta dan memiliki jarak sejauh 45 km (28 mil) sebelah utara kota terdapat 105 pulau.

Jakarta yang memiliki curah hujan yang tinggi dan memiliki suhu udara yang panas dan kering atau yang biasa disebut dengan iklim tropis. Pada titik letak kota Jakarta yang berada di bagian barat Indonesia membuat Jakarta mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari dengan curah hujan hingga 350 milimeter. Pada kedua bulan tersebut Jakarta memang sering di landa banjir besar. Sedangkan Jakarta akan mengalami musim kemarau yang panas pada bulan Agustus, September dan awal Oktober suhu udara di daerah Jakarta mencapai 40 C.

Untuk kependudukan di kota Jakarta ini memang sangat padat penduduk, pada tahun 2011 menurut data BPS jumlah penduduk di Jakarta ialah 10.187.595 jiwa, akan tetapi jumlah tersebut bertambah pada siang hari yang dikarenakan adanya pendatang para pekerja yang berasal dari kota Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok.

Melihat dari penduduk di wilayah Jakarta tersebut, demografi Provinsi DKI Jakarta terhitung sebanyak 9.607.787 jiwa yang tinggal daerah perkotaan, sedangkan yang berada didaerah pedesaan berjumlah 0,00 persen. Dengan ini semua penduduk berada di kota.

Berdasarkan keadaan topografinya, wilayah Provinsi DKI Jakarta dikategorikan sebagai daerah datar dan landai. Ketinggian tanah ke pantai hingga ke kanal banjir berada pada kisaran 0 hingga 10 mdpl diukur dari titik nol Tanjung Priok. Daerah kawasan ini termasuk kategori daerah yang kerap tergenang oleh air dan disebut dengan daerah rawa. Air akan tergenang pada daerah ini khususnya pada musim hujan. Tidak hanya itu, di DKI Jakarta Dolaners juga akan menemukan kawasan perbukitan rendah berketinggian antara 50 hingga 75 m yang tepatnya terletak di selatan kanal banjir

Information

Find More  

Places in Jakarta

Find More  

Directory

Find More