Jakarta

Banyak dikenal masyarakat sebagai kota termodern di kepulauan Indonesia, Jakarta juga merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia.

Kota Jakarta merupakan wilayah administrative terkecil dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota. Kota yang menjadi salah satu kota tersohor di Nusantara ini memiliki deskripsi yang layak anda simak sebagai antisipasi saat mengunjungi Kota Jakarta ini. Jakarta merupakan sebuah kota yang menjadi pusat DKI Jakarta yang memiliki luas 48,13 km2 dan terbagi menjadi 8 buah kecamatan dan 44 kelurahan. Kota Jakarta secara astronomis terletak antara 106022’42 hingga 106058’18 BT dan 5019’12 hingga 6023’54 LS. Batas wilayah Kota Jakarta sebelah timur adalah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, sebelah selatan adalah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, sebelah barat adalah Jakarta Barat, dan sebelah utara adalah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Penduduk

Penduduk asli Jakarta adalah masyarakat betawi, selain itu bernaung juga suku semisal suku Jawa, Sunda, Batak, Tionghoa, Minangkabau, Melayu dll. Sehingga menjadikan penduduk kota ini begitu padat dengan kebudayaan yang beraneka ragam.

Iklim

Kota Jakarta mempunyai iklim tropis dan bersuhu udara rata-rata 27oC yang berasa kering dan panas sedang untuk suhu tahunan rata-rata 250C hingga 380C . Karena letaknya yang berada di Indonesia bagian barat Jakarta memiliki curah hujan rata-rata 350 milimeter dengan musim penghujan yang mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari. Sehingga tingginya curah hujan pada bulan tersebut menjadikan Jakarta kerap dilanda musibah banjir. Musim kemarau mencapai puncaknya pada bulan agustus dengan curah hujan rata-rata 60 milimeter. Suhu udara mampu mencapai 40oC pada awal September dan Oktober sehingga membuat hawa yang begitu panas.

Topografi dan Demografi

Kawasan Jakarta merupakan kawasan yang berpenduduk padat. Topografi wilayah kota ini merupakan daerah datar dan landai. Jumlah penduduk Kota Jakarta pada tahun 2013 untuk perempuan adalah 452.278 sedang laki-laki berjumlah 454.323 jiwa.

Kota Metropolitan ini mempunyai keunikan dan keunggulan sendiri dengan segala perkembangan kotanya yang pesat membuat para orang rela berurbanisasi ke Jakarta untuk mengadu nasib. Sebagian mereka mampu menggapai kesuksesan meski tidak sedikit juga yang harus kecewa.

Information

Find More  

Directory

Find More