Jawa Barat

Provinsi yang terkenal dengan Kebudayaan Sunda, merupakan salah satu kebudayaan unik yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia.

Buat para Dolaners, penting buat diketahui dan dikenal segala sesuatu tentang Jawa Barat yang pastinya nama provinsi ini telah akrab ditelinga para Dolaners sekalian. Jangan ngaku orang Jawa kalau belum mengenal lebih dekat dan lebih akrab dengan Wilayah Jawa Barat. Nah, inilah informasi tentang deskripsi lengkap tentang Jawa Barat yang akan sangat membantu para Dolaners sekalian untuk lebih mengenal tentang Jawa Barat.

Geografi

Provinsi Jawa Barat adalah satu dari ketiga bagian provinsi Jawa yang sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timurnya dengan Jawa Tengah, sebelah selatannya dengan Samudera Hindia dan sebelah baratnya dengan DKI Jakarta. Kawasan yang menghampar daerah pantai utara adalah dataran rendah dan bagian tengahnya adalah wilayah pegunungan yaitu serangkaian pegunungan dari barat sampai timur dari pula Jawa. Puncak tertinggi yakni gunng Ciremay yang berada dikawasan barat daya pada kota Cirebon. Sedangkan sungai yang penting adalah sungai Citarum dan Citarum dengan muaranya di laut Jawa.

Penduduk

Sebagian besat penduduk dari masyarakat Jawa Barat adalah Suku Sunda yang menggunakan bahasa Sunda. Sedangkan di Cirebon dan Kuningan menggunakan bahasa Cirebon yang memiliki kemiripan dengan bahasa Banyumas dengan dialek Brebes. Jawa Barat memiliki dua karakterisitik yang kontras melalui dua identitas sekaligus yakni masyarakat urban dengan daerah domisilinya wilayah Jabotabek dan sisanya adalah masyarakat yang tinggal dipedesaan.

Provinsi Jawa Barat menyandang peringkat tertinggi dengan 2, 02% tiap tahunnya di Indonesia. Tingginya pertubuhan penduduk tersebut diakibatkan dari tingginya tingkatan penduduk yang beriurbanisasi dikawasan sekitaran Jakarta. Menurut BPS, kabupaten Bogor adalah kabupaten yang paling banyak penduduknya yakni mencapai 5.495.842 juta jiwa yang disusul dengan kabupaten Bekasi denan penduduk 3.859.943 juta jiwa.

Iklim

Jawa Barat memiliki iklim yang tropis dengan suhunya 90 C pada puncak gunung Pangrango dan 340 dikawasan pantai utara dengan rata-rata curah hujan pertahunnya 2.000 mm. Akan tetapi pada beberapa daerah pegunungan rata-rata curah hujannya mencapai 3.000-5.000 mm tiap tahunnya.

Topografi

Bentangan gunung api baik yang aktif dan yang tidak aktif merupakan ciri utama dari daratan Jawa Barat yang membentang dari ujung Sumatera sebelah utara sampai ujung Sulawasi sebelah utara. Daratannya dibedakan dengan wilayah pegunngan yang curam disebelah selatan dengan tinggi lebih 1.500 m dari permukaan laut. Kawasan lereng bukitnya dilandai pada tengah ketinggian 100 1.500 m dpl, kawasan daratan luas sebelah utaranya mencapai ketinggian 0. 10 m dpl serta kawasan aliran sungai.

Demografi

Penduduk di Provinsi Jawa Barat berjumlah sekitar 52.47.473 dengan 65, 69 % tinggal didaerah perkotaan dan 34, 31 % tinggal dipedesaan. Persentase dari distribusi penduduk menurut kota/kabupaten beragam mulai 0, 41% dikota Banjar sampai persentase tertingginya yaitu 11, 08% dikabupaten Bogor.

Information

Find More  

Places in Jawa Barat

Find More  

Directory

Find More