Bandung

Kota yang dijuluki dengan nama Parijs van Java, dikenal juga sebagai kota belanja dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di seluruh penjuru.

Kabupaten Bandung yang terkenal dengan Peristiwa Bandung Lautan Api ini berada di Provinsi Jawa Barat, dengan ibukota Soreang. Kota ini memiliki letak geografis 1070 Bujur timur dan 6055’ Lintang Selatan. Kota ini memiliki batas wilayah sebelah utara adalah Kota Bandung, Cimahi, Sumedang, dan Kabupaten Bandung Barat. Sedang batas sebelah timur adalah Kabupaten Garut, untuk sebelah selatan adalah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut dan batas wilayah sebelah Barat adalah Ciajur.

Penduduk

Untuk penduduk asli Kota Bandung mayoritas adalah etnik Sunda dengan bahasa khas Sunda, dengan suku Jawa merupakan suku yang paling banyak selain etnik Sunda dari pada suku lainnya seperti arab, Tionghoa. Agama yang dianut oleh penduduk kota kembang ini antara lain: Islam, Katolik, Budha, hindu, Protestan dan Konghucu.

Iklim

Untuk rata-rata jumlah hari hujan 21,3 tiap bulannya, rata-rata curah hujan adalah200.4 mm. Iklim di kota Bandung seringkali terpengaruh oleh iklim yang bersumber dari pegunungan yang sejuk dan lembab dengan suhu sekitar 23,50C.

Topografi

Kabupaten bandung memiliki wilayah seluas 16,767 hektar. Kota ini berlokasi pada ketinggian lebih kurang 768 m diatas rata-rata permukaan laut, dengan wilayah bagian selatan yang lebih rendah daripada wilayah bagian utara. Bandung merupakan suatu daerah cekungan karena dikelilingi pegunungan wilayah bagian selatan yang memiliki ketinggian sekitar 675 diatas permukaan laut rata-rata (mean sea level) dan wilayah utara yang memiliki ketinggian sekitar 1050 diatas permukaan laut rata-rata(msl).

Demografi

Registrasi penduduk di Kota ini dengan wilayah seluas 16.729,50 Ha berjumlah 2. 693.500 jiwa, sehingga Bandung memiliki kepadatan penduduk 155 jiwa untuk setiap hektarnya. Untuk populasi penduduk asing yang bermukim adalah sekitar 4.301 jiwa penduduk. Menurut catatan imigrasi warga asing yang bermukim sementara di Bandung setiap bulan rata-rata berjumlah 5.849 jiwa dan imigran yang mendiami Kota andung rata-rata setiap bulannya sekitar 2.511 orang.

Bandung merupakan sebuah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan suasana yang nyaman menjadikan kotanya Mojang Priyangan ini memiliki keunikan baik dari suku sunda yang ramah dengan neng geulish dan akang kasepnya. Berkunjung ke Jawa Barat rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi Bandung.

Information

Find More  

Directory

Find More