Jawa Tengah

Provinsi dengan sejarah penuh warna, kini telah menjadi kota indah yang nyaman dan modern, namun masih mempertahankan ketenangan dan kedamaiannya.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi dipulau Jawa yang perlu dikenali oleh para Dolaners sekalian. Wah jangan sampai ketinggalan ya, informasi penting seputar Jawa Tengah. Nah, para Dolaners dapat menyimak lebih detail informasi terkait daerah Jawa Tengah berikut.

Geografi

Wilayah pantai selatan di Jawa Tengah ini mempunyai dataran rendah namun sempit dengan lebarnya 10-25 km. Bukit landai membentang sejajar dengan daerah pantai mulai Yogyakarta sampai Cilacap. Sungai terpanjang yang dimilikinya adalah sungai Bengawan Solosepanjang 572 km. Daerah Jawa Tengah ini juga memiliki mata air yang terletak dipegunungan Sewu Wonogiri.

Penduduk

Sebagian besar penduduk Jawa Tengah adalah masyarakat yang berasal dari suku Jawa, oleh karena itu daerah ini disebut dengan pusat budaya Jawa yang mana dikota Yogjakarta dan Surakarta terdapat pusat dari istana kerajaan Jawa yang hingga kini masih berdiri. Dikawasan perkotaan maupun pedesaan di Jawa Tengah juga terdapat suku minoritas yakni Tionghoa yang umumnya bergerak dibidan jasa dan perdagangan. Komunitas Tionghoa tersebut berbaur dengan masyarakat suku Jawa sehingga logatnya pn jga banyak yang sudah terpengaruh dengan logat dan bahasa Jawa. Didaerah perbatasan yaitu perbatasan Jawa Barat ada juga orang sunda yang umumnya berada di wilayah Brebes, Cilacap, dan Banyumas.

Iklim

Iklim yang dimiliki oleh Jawa Tengah adalah iklim tropis dengan rata-rata curah hujan tahunannya adalah 2.000 m dan rata-rata suhunya 21-320 C. Pada daerah Nusakambangan Barat dan Pegunungan Serayu Utara curah hujan yang dimilikinya tergolong tinggi. Sedangkan pada daerah Blora dan sekitarnya serta selatan kabupaten Wonogiri sering sekali terjadi kekeringan ketika musim kemarau datang.

Topografi

Tingkatan kemiringan lahan yang dimiliki oleh daerah Jawa Tengah adalah luas lahan 38% mempunyai kemiringan 0-2%, luas lahan 31% mempunyai kemiringan 2-15%, luas lahan 19% mempunyai kemiringan 15-40% dan luas lahan 12% mempunyai kemiringan lebih dari 40%.

Demografi

Provinsi Jawa Tengah memiliki sekitar 39.298.765 jiwa, sedangkan daerah yang memiliki penduduk paling banyak adalah Brebes dengan jumlah 2,342 juta jiwa disusul dengan Cilacap 2,227 juta jiwa dan Banyumas 1,953 juta jiwa. Umumnya penduduknya tersebar dipusat-pusat kota dengan kawasan pemukiman didaerah Semarang Raya, Solo Raya dan Salatiga Raya. 47% dari penduduknya merupakan angkatan kerja, sedangkan mata pencaharian utamanya adalah disektor pertanian 42,34% disusul dengan perdagangan 20,91% lalu industri 15,71% dan kemudian jasa 10,98%.

Information

Find More  

Places in Jawa Tengah

Find More  

Directory

Find More