Jawa Timur

Provinsi yang memiliki pesona wisata yang unik, kaya akan berbagai tempat alternatif liburan sehingga akan memikat wisatawan untuk mengunjunginya.

Dolaners tercinta, Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang beribukota di Surabaya. Tentunya sebagian dari Dolaners sudah sangat mengenal kawasan Jatim dengan baik, namun tak ada salahnya mengulas tentang deskripsi Jawa Timur supaya Dolaners makin sayang pada daerah yang satu ini.

Geografi

Batas utara provinsi Jawa Timur adalah laut Jawa, sebelah timurnya selat Bali, sebelah selatannya dengan samudera Hindia dan batas sebelah baratnya adalah provinsi Jawa Tengah. Pulau terbesar dikawasan Jawa Timur adalah Madura yang dipisahkan oleh daratan Jawa serta selat Madura. Sekitar 150 km dari sebelah utara terdapat pulau Bawean sedangkan dibagian timurnya terdapat pula pulau-pulau dan yang paling timur merupakan kepulauan Kangean serta yang paling utara adalah kepulauan Masalembau. Pada bagian selatan terdapat pula pulau kecil yaitu pulau Sempu dan Nusa Barung.

Penduduk

Sebagian besar penduduk kawasan Jawa Timur adalah penduduk dari suku Jawa. Suku Jawa menempati hampir pada seluruh kawasan Jawa Timur. Pulau Madura dan Tapal Kuda terutama pada daerah pesisir sebelah selatan dan utara didiami oleh suku Madura.

Pulau Bawean didiami oleh suku Bawean, suku Osing menempati daerah Banyuwangi dan orang Samin menempati wilayah Bojonegoro dan sebagian tinggal disaerah pedalaman. Kawasan ini juga sebagai tempat tinggal dari masyarakat pendatang yang berdomisili disana.

Iklim

Iklim yang dimiliki oleh Jawa Timur adalah tropis basah. Rata-rata curah hujan daerah ini adalah 1.900 mm tiap tahunnya dan memiliki musim hujan sekitar 100 hari. Kisaran suhunya sekitar 21-340 C, didaerah pegunungan suhunya lebih rendah bahkan didaerah lereng gunung Semeru tepatnya Ranu Pani suhunya mencapai 40 C. Hal tersebut menyebabkan salju lembut turun.

Topografi

Menurut karakteristik dari daerah siatas permukaan laut, Jawa Timur dapat terbagi atas 3 kelompok kawasan yaitu:

  1. 0-500 m meliputi 83% dari luas daratan dan memiliki morfologi yang relatif datar.
  2. 500-1000 meliputi 11% dari luas daratan dan memiliki morfologi bukit-bukit dan gunung-gunung.
  3. 1000 m meliputi 6 % dari daratan dan memiliki morfologi yang terjal.
Demografi

Pada tahun 2010 jumlah penduduk di Provinsi Jawa Timur adalah 37.476.757 jiwa. Penduduk terbanyak menempati daerah Malang dan disusul dengan Surabaya.

Dolaners tercinta, itulah deskripsi tentang daerah Jawa Timur mulai dari geografi, penduduk, iklim, topografi dan demografi. Ketika Dolaners mengenal deskripsi seputar Jawa Timur maka Dolaners akan lebih akrab dengan daerah ini.

Information

Find More  

Places in Jawa Timur

Find More  

Directory

Find More