Malang

Kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dijuluki dengan nama kota pelajar, atau banyak juga yang menjuluki sebagai Kota Bunga.

Dolaners tentu akrab bukan dengan daerah Malang. Daerah yang memiliki potensi wisata memukau dan sebagai daerah tujuan para pelajar untuk menuntut ilmu disana. Oleh sebab itu, tak heran jika Malang terkenal dengan hal-hal menarik dengan segala pesona yang dimilikinya.

Geografi

Daerah Malang terletak pada daerah dataran tinggi yang mencapai 440-667 m diatas wilayah permukaan laut. Daerah ini juga merupakan daerah yang memiliki potensi wisata karena alamnya yang indah dan dikelilingi oleh pegunungan.secara astronomis daerah ini berada pada 112, 060 – 112, 070 Bujur Timur dan 7, 060 – 8, 020 Lintang Selatan.

Penduduk

Mayoritas penduduk Malang adalah masyarakat yang berasal dari suku Jawa akan tetapi suku Jawa yang berada di kota ini lebih mempunyai temperamen keras dan egaliter daripada masyarakat Jawa pada umumnya. Selain suku Jawa, Malang juga berpenduduk suku Madura, Tionghoa, Arab dan lainnya. Disamping itu para pelajar juga membentuk sebuah komunitas tersendiri dan menjadikan Malang sebagai kota pelajar karena domisili dari penduduk pendatangnya yang menyandang gelar pelajar.

Sebagian besar penduduk yang berdomisili di Malang menganut agama Islam dan sisanya menganut kepercayaan lain. Sedangkan gaya bahasa dari masyarakat yang ada disana terkesan blak-blakan dan egaliter sebagai cermin dari masyarakat yang lugas, tegas dan tidak suka basa-basi.

Iklim

Daerah Malang ini memiliki putaran 2 iklim dengan 2 musin yaitu musim kemarau dan musim hujan. Menurut pengamatan yang dilakukan oleh stasiun klimatologi Karangploso, curah hujannya relatif tinggi pada bulan Desember, Januari, Februaru, Maret dan April. Sedangkan pada bulan Mei, September dan Juli, curah hujannya relatif rendah.

Topografi

Malang merupakan daerah dataran tinggi dengan beberapa gunung yang mengelilinginya, sedang daerah dataran rendah atau lembahnya berada pada ketinggian 250 – 500 m diatas permukaan laut yang berada ditengah-tengah wilayah Malang. Dataran tingginya adalah daerah perbukitan kapur dipegunungan Kendeng, lebih tepatnya dibagian selatan dengan ketinggian 500 – 300 m dari permukaan laut serta daerah lereng Kawi Arjuno yang terletak dibagian barat dengan ketinggian 500 – 3.300 m dari permukaan laut.

Demografi

Pada tahun 2014, jumlah penduduk Malang mencapai 857.891 jiwa dan memiliki tingkat pertumbuhan 3,9% tiap tahunnya. Kepadatan penduduknya mencapai 7800 jiwa/km2 dengan luas yang dimiliki 110, 06 km2.

Dolaners, akrabi daerah Malang dengan informasi seputar deskripsi akurat tentang Malang. Kenali hingga ke dasarnya agar Dolaners lebih sayang pada daerah ini.

Information

Find More  

Directory

Find More