Nusa Tenggara Barat

Wilayah utara yang bergunung-gunung dipenuhi oleh pepohonan tinggi dan semak-semak yang lebat, di bagian selatan, wilayahnya gersang dipenuhi oleh padang rumput.

Dolaners ingin ke Nusa Tenggara Barat namun belum mengenal daerah itu? Di artikel ini Dolaners akan disuguhkan deskripsi tentang Nusa Tenggara Barat berikut kebudayaan yang ada. Nusa Tenggara Barat terdiri dari dua pulau yakni Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dengan total luas wilayah yang dimiliki 20.153,15 km2.

Menjadi daerah yang termasuk memunyai kekayaan alam bagus Nusa Tenggara Barat terletak antara 115° 46′ – 119° 5′ Bujur Timur dan 8° 10′ – 9 °g 5′ Lintang Selatan. Oleh karena itu dari deskripsi wilayah menjadikan Nusa Tenggara Barat termasuk kedalam provinsi memiliki cakupan luas daerah sedang.

Penduduk yang menghuni daerah ragam etnik Nusa Tenggara Barat ternyata bisa dikatakan sedang. Dari data yang dihasilkan, angka penduduk mencapai 4.504.279 jiwa. Dengan jumlah total tersebut angka terbanyak terdapat di Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah penduduk 1.105.582 jiwa. Sedangkan angka terkecil di duduki oleh Kabupaten Lombok Utara hanya dengan jumlah penduduk 200.072 jiwa.

Bagi Dolaners yang memerhitungkan deskripsi iklim daerah ini data statistik lembaga meteorologi yang didapatkan, pada tahun 2001 temperatur maksimum berkisar antara 30,9° – 32,1° C, sedangkan temperatur minimum menyentuh kisaran angka antara 20,6° – 24,5° C. Dolaners yang menginginkan sensasi berjemur temperatur tertinggi akan ditemui pada bulan September. Namun Dolaners merasa menginginkan cuaca sejuk akan ditemui pada bulan November dengan predikat temperatur terendah. Termasuk daerah tropis Nusa Tenggara Barat memiliki rata-rata kelembaban cukup tinggi, yakni antara 48 – 95 %.

Selong menjadi kota paling tinggi dalam satu provinsi ini, yaitu 148 m dari permukaan laut. Sementara Raba menjadi kota terendah yang hanya mencapai 13 m dari permukaan laut. Gunung Rinjani menjadi status gunung tertinggi yang ada di pulau Lombok sekaligus menjadi gunung yang memiliki daya tarik wisatawan Indonesia. Sedangkan Gunung Tambora juga memiliki status gunung tertinggi di Pulau Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m.

Suku Sasak akan menjadi suku dengan status penduduk yang paling banyak ditemui. Sebab suku Sasak provinsi Nusa Tenggara Barat mencapai 68%. Suku paling rendah yang tinggal adalah suku Jawa yang hanya 2%. Sedangkan agama yang mnjadi mayoritas merupakan agama Islam dengan total 96%.

Demikian deskripsi Nusa Tenggara Barat yang kami berikan untuk Dolaners. Provinsi ini menyuguhkan beberapa keindahan alam yang luar biasa. Dolaners bisa mencari mulaai dari kekayaan biota laut sampai di pemandangan gunung. Dolaners tertarik untuk kesini?

Information

Find More  

Places in Nusa Tenggara Barat

Find More  

Directory

Find More