Makassar

Kota yang memiliki wilayah dengan posisi yang strategis karena tempatnya tepat berada pada persimpangan jalur arah utara dan selatan provinsi Sulawesi Selatan.

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Tempat yang satu ini memiliki wilayah dengan posisi yang strategis karena tempatnya tepat berada pada persimpangan jalur dari arah utara dan selatan provinsi Sulawesi Selatan. Untuk titik kordinat, wilayah Makassar berada pada 119⁰ Bujur Timur dan 5,8⁰ Lintang Selatan serta ketinggian tempat yang bervariasi mulai 1 hingga 25 mdpl. Adapun penduduk yang tinggal di tempat ini adalah penduduk dengan keragaman etnis yang terdiri dari berbagai suku. Adapun penduduk Makassar mayoritas adalah terdiri dari suku Bugis dan suku Makassar. Untuk penduduk lain yang juga menempati Makassar berasal dari Toraja, Tionghoa, Jawa, Buton, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk masalah iklim, Makassar memiliki iklim tropis. Curah hujan signifikan pun terjadi selama selang waktu satu tahun dan biasanya curah hujan lebih besar dibandingkan cuaca panas. Pengaruh yang dibawa oleh singkatnya musim kemarau menjadikan iklim yang ada di Makassar pun menjadi terasa aneh. Untuk bulan yang paling kering di tempat ini adalah pada bulan Agustus. Sedangkan Januari menjadi bulan yang sering terdapat hujan.

Untuk bulan terhangat, Mei menjadi bulan paling hangat di wilayah ini. Hal lain yang harus diketahui dari Makassar adalah laju pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah tersebut. Bisa dikatakan bahwa wilayah yang satu ini menjadi wilayah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia karena sektor perdagangan menjadi sektor yang banyak dilirik oleh masyarakat. Pesatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat pun juga diiringin dengan dibangunnya berbagai infrastruktur seperti Bandara, jalan tol, serta sarana bermain.

Sedangkan untuk jumlah penduduk yang tinggal di Makassar, ada sekitar 1.408.072 jiwa. Jumlah pria lebih sedikt bila dibandingkan dengan jumlah wanita. Untuk jumlah pria, terdapat sekitar 696.101 sedangkan jumlah wanita terdapat 711.791 jiwa. Jumlah tersebut berdasarkan data badan pusat statistik pada tahun 2013 lalu. Dari data tersebut, masyarakat wilayah ini mengalami pertumbuhan sebanyak 2% selama satu tahun karena pada tahun 2012 lalu, jumlah penduduknya adalah 1.369.606 jiwa.

Information

Find More  

Directory

Find More