Sulawesi Utara

Sebuah wilayah yang terletak paling utara di Pulau Sulawesi, terkenal dengan surga bawah lautnya yang penuh dengan keindahan dan keanekaragamannya.

Dolaners sebaiknya mengetahui sedikit banyak tentang salah satu provinsi di Sulawesi yaitu Sulawesi Utara. Ketika Dolaners mengetahinya maka Dolaners sudah berpartisipasi untuk peduli dan cinta tanah air Indonesia. Nah, berikut wacana Sulawesi Utara selengkapnya:

Geografi

Letak geografis daerah Sulawesi Utara berada pada 00 LU-30 LU dan 1230 BT-1260 BT. Selawesi Utara terletak tepat disebelah utara dijazirah utara dari pulau Sulawesi, daerah ini juga merupakan satu dari ketiga provinsi Indonesia yang berada pada sebelah utara khatulistiwa. Dua derah lainnya adalah daerah istimewa Aceh dan Sumatera Utara.

Penduduk

Suku terbesar di Sulawesi Utara adalah suku Minasaha. Suku minahasa terbagi menjadi sub-sub suku seperti Tombulu, Tontemboan, Tonsea, Touloer atau Tandano, Tonsawang atau Tombatu disebut juga Tondanow, Pasan atau Ratahan Ponosakan dan Bantik.

Iklim

Iklim didaerah ini adalah iklim tropis disertai angin muson, ketika bulan November-April angin barat bertiup dan membawa hujan didaerah pantai utara. Sedangkan bulan Mei-Oktober berubah menjadi angin selatan yang memberikan kekeringan. Curah hujannya tidak merata dengan kisaran angka pertahunnya sekitar 2.000-3.000 mm dan hari hujannya berjumlah 90-139 hari, sedang daerah yang memiliki curah hujan adalah Minahasa. Suhu rata-ratanya 250 C dan rara-rata maksimum suhu udaranya adalah 300 C sedang rata-rata minimum suhu udaranya adalah 22, 10 C. Kelembaban udaranya terhitung 73, 4% dan setiap kenaikan 100 m dapat membat suhu turun sekitar 0, 6%.

Topografi

Ada 41 buah gunung dengan kisaran ketinggiannya 1.112-1995 m. Sebagaian besar wilayahnya memiliki kondisi geologi wilayah vulkanik muda, erupsi dengan jumlah yang besar dan bentuk kerucut dari merapi aktif yang padam mengarungi daerah Minahasa bagian tengah, kepulauan Sangihe, Mongondow dan Bolaang. Sejumlah material dari hasil letusannya memiliki bentuk yang padat dan bahan vulkanik lepas lainnya. Semua jenis vulkanik tersebut berbentuk pegunungan atau otogenisa yang menghasilkan berkukit-bukit dan bergunung-gunung morfologi dengan relier topografiknya yang memiliki perbedaan cukup besar.

Demografi

Pada tahun 2010, jumlah penduduk yang berada di daerah Sulawesi Utara berjumlah sekitar 2.270.596 jiwa dengan 1, 28% laju pertumbuhan penduduk tiap tahunnya. Penduduk yang tinggal didaerah perkotaan sekitar 45% dan sekitar 55% lagi tinggal didaerah pedesaan.

Paparan Sulawesi Utara diatas dapat Dolaners jadikan referensi jika Dolaners ingin tahu lebih dalam tentang Sulawesi Utara. Untuk itu, jangan lewatkan moment penting untuk menyimak kehadiran wacana Sulawesi Utara ini.

Information

Find More  

Places in Sulawesi Utara

Find More  

Directory

Find More