Kota terbesar, paling utara Indonesia, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, lebih dikenal dengan kehidupan bawah laut bunakennya yang penuh keindahan.

Kota Manado merupakan sebuah kota yang berada di Sulawesi Utara sekaligus sebagai Ibukota provinsi dari wilayah tersebut. Kota ini berlokasi di Laut Sulawesi bagian tepi tepatnya di Taman Nasional Bunaken yang berada di Teluk Manadocukup dekat dengan pantai Menado.

Geografi

Kota Manado ber lokasi di Ujung sebelah utara pulau Sulawesi yang memiliki letak geogr afis antara 124040’ hingga 124050’ bujur timur dan 1030’- hingga1040’ lintang utara. Wilayah daratan dengan luas 15.726 hektar sedang panjang garis pantai sekitar 18,7 kilometer sehingga akrab juga disebut jota Pantai. Batas wilayah Kota Menado sebelah timur dan selatan adalah kabupaten Minahasa, sebelah barat berupa teluk Manado, dan sebelah utara adalah Selat Mantehage dan Kabupaten Minahasa sebelah Utara.

Penduduk

Penduduk asli kota Manado adalah sub dari suku Tombulu dengan mayoritas adalah dari suku Minahasa. Hal ini karena wilayah Kota Manado yang berada diwilayah Minahasa. Suku lain yang bermukim di kota ini antara lain: suku Gorontalo, Jawa, Makasar, Sangir, Arab, Tionghoa, dan masih banyak lagi.

Iklim

Iklim di kota Manado adalah tropis dengan iklim paling basah terjadi pada bulan Januari dan iklim paling kering terjadi pada bulan Agustus dengan curah hujan rata-rata 3.187 mm per tahunnya. Rata-rata suhu 240C hingga 270C, kelembaban nisbi sekitar 84%, intensitas rata-rata penyinaran cahaya matahari 53%.

Topografi

Kota Manado dikelilingi deretan pegunungan dan perbukitan, daerah daratan kota mayoritas adalah perbukitan dengan daratan rendah sebagian berada di wilayah pantai. Ketinggian daratan dengan interval antara 0 hingga 40% dan gunung Tumpa menempati puncak paling tinggi.

Demografi

Jumlah penduduk manado mengalami kenaikan pada setiap tahunnya dari tahun 2013 sebanyak 499.175 jiwa, 510.029 pada tahun 2014 dan 522.025 jiwa pada tahun 2015. Hal ini selain dipengaruhi oleh tingginya angkakelahiran juga dari factor migrasi dan urbanisasi dari luar kota Menado.

Manado memiliki keunikan tersendiri dan khas yang merupakan bagian kebudayaan Indonesia yang mampu mewujudkan ciri keragaman Nusantara. Kota ini layak Dolaners kunjungi untuk menikmati obyek wisata, kuliner, dan keragaman lain yang unik.

Information

Find More  

Directory

Find More