Ibu kota Sumatera Utara, merupakan kota pusat ekonomi dan komersial terbesar di Sumatera, terus bertumbuh menjadi pusat bisnis dan menjadi pintu gerbang ke Sumatera Utara.

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara. Kota yang satu ini menjadi salah satu kota metropolitan terbesar se-Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Medan juga menjadi pintu gerbang untuk wilayah Indonesia bagian Barat serta pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat menarik di sana. Kota terbesar ketiga di Indonesia ini terletak pada kordinat 3⁰30’ – 3⁰43’ Lintang Utara dan 98⁰35’ – 98⁰44’ Bujur Timur. Luas dari kota yang satu ini adalah 26.510 hektare atau sekitar 265,10 km². Secara administratif, batas wilayah dari Medan adalah sebelah Utara yakni selat Malaka, di sebelah Selatan, Barat, dan Timur, Kabupaten Deli Serdang sebagai batasnya.

Kehidupan sosial masyarakat di Medan sebagian besar berprofesi sebagai pedagang. Sektor perdagangan menjadi sektor usaha paling besar yang dilakukan masyarakat di sana. Selain itu, profesi lain yang juga cukup banyak dimasuki oleh masyarakat adalah politik serta profesi lain yang membutuhkan keahlian seperti dokter, notaris, dan pengacara. Sedangkan untuk masalah iklim, Medan merupakan salah satu tempat yang terdapat banyak curah hujan sepanjang tahun. Bahkan di musim terkering pun tak jarang turun hujan. Suhu rata-rata tahunan di kota yang satu ini adalah 26.8⁰C. Februari menjadi bulan dengan curah hujan paling sedikit. Sedangkan Oktober menjadi bulan dengan curah hujan terbanyak di kota tersebut.

Selanjutnya adalah mengenai topografi dan demografi. Topografi tentu dipengaruhi oleh letak geografis Medan. Setelah Dolaners mengetahui letak geografis kota tersebut, maka topografi Medan cenderung lebih miring Utara dan tertelak pada ketinggian 2,5 – 37,5 mdpl. Sedangkan untuk demografi, penduduk yang terdapat di Medan telah mencapai 2.036.018 jiwa. Seperti daerah lainnya, jumlah wanita di kota ini lebih besar daripada jumlah pria. Adapun jumlah wanita adalah 1.010.175 jiwa dan jumlah pria yakni 995.968 jiwa. Itu adalah penduduk tetap yang bisa terpantau di kota tersebut. Sedangkan untuk penduduk komuter, jumlah yang diperkirakan adalah 500.000 jiwa. Sebuah jumlah yang fantastis untuk sebuah kota metropolitan terbesar ke tiga se-Indonesia.

Information

Find More  

Directory

Find More