Yogyakarta

Provinsi yang terdapat di Negara Indonesia sebagai hasil dari leburnya Negara Kadipaten Paku Alaman dan Negara Kesultanan Yogyakarta.

Provinsi Yogyakarta yang akrab disapa Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlokasi di sebelah selatan pulau jawa ini merupakan wilayah setara dengan provinsi yang terdapat di Negara Indonesia sebagai hasil dari leburnya Negara Kadipaten Paku Alaman dan Negara Kesultanan Yogyakarta. Untuk lebih membuka wawasan anda tentang Provinsi Jogyakarta ini mari kita simak informasi di bawah ini.

Geografi

Kota dengan semboyan “Hamemayu Hayuning Bawono” yang berarti mengalir dalam hembusan alam ini mempunyai luas area dalam km2 3.185,80 yang terbagi 4 buah kabupaten dan 1 buah kota yang terdiri atas: kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta yang terdiri atas 78 daerah kecamatan serta 438 kelurahan atau desa dan satu kotamadya. Jogyakarta yang berhati nyaman ini secara geografis berbatasan dengan Samudera Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki batas wilayah bagian timur Wonogiri, timur laut Klaten, bagian barat Purworejo, barat laut Magelang dan Samudera Indonesia di bagian selatan.

Penduduk

Suku bangsa Provinsi Yogyakarta yang terdiri dari Jawa, Tiongkok, Sunda Parahiyangan, Bali, dll. Mayoritas penduduk Provinsi Yogyakarta adalah suku jawa dimana penduduk aslinya masih menjunjung tinggi adat istiadat khas Jawa baik dalam hal bahasa Jawa, pakaian adat Jawa, rumah adat Jawa, kesenian Jawa seperti gamelan, karawitan, wayang dan masih banyak lagi masih sangat kental di Provinsi Yogyakarta. Lihat saja kemegahan bangunan Keraton Yogyakarta dengan para abdi dalem yang tetap bangga menunjukkan jati dirinya sebagai suku jawa.

Iklim

Untuk suhu minimal Provinsi Yogyakarta adalah 180C dan suhu maksimalnya sekitar 350C sedangkan suhu rata-rata di Provinsi Jogja sekitar 26,5 0C hingga hampir 290C. dengan kelembaban udara 65% hingga 84% dengan rata-rata 74%. Untuk curah hujan tertinggi biasanya pada bulan Februari dan terendah pada bulan Mei hingga Oktober. Karena Kota Yogya begitu dekat dengan jajaran pantainya mulai dari pantai selatan hingga pantai utara seringkali membuat Provinsi Yogyakarta diliputi suhu yang panas, namun tidak membuat kulit menghitam. Berbeda dengan wilayah di sekitar pegunungan seperi daerah Kali Urang yang begitu dingin.

Topografi

Provinsi Yogyakarta terletak pada 109, 40’ BT HINGGA 111’ BT dan 8, 30’ LS hingga 7,20’ LS. Dataran tinggi terletak di wilayah Sleman, Gunung Kidul dan Kulon Progo.

Demografi

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2014 sekitar 3,594 juta jiwa. Kepadatan penduduk tertinggi berda pada Kota Yogyakarta yaitu sebanyak 12.123 jika/km sedang kepedatan penduduk terendah adalah Kabupaten Gunung Kidul mencapai 46,63% dengan penghuni sekitar 461 jiwa/km meskipun dengan wilayah terluas di Provinsi DIY.

Provinsi Yogyakarta semakin memikat dengan segala aspek yang bisa dijadikan obyek menarik untuk dikunjungi. Keindahan dan eksotisme budaya di kawasan ini membuat Jogja selalu dirindukan.

Information

Find More  

Places in Yogyakarta

Find More  

Directory

Find More