Dibalik Keindahan Kebun Raya Bogor, Tersimpan Mitos yang Berkembang Secara Turun Temurun

Bogor merupakan salah satu kota yang tak bisa dipisahkan dari pariwisata Indonesia. Di kota hujan ini terdapat sebuah tempat wisata yang sangat terkenal bernama Kebun Raya Bogor, sebuah paru paru penghasil oksigen terbesar di kawasan Jabodetabek.

Tak hanya dikawasan dalam negeri saja, nama Kebun Raya Bogor bahkan sudah jauh termasyur hingga di mancanegara. Hal ini disebabkan karena memang keberadaan hutan di tengah kota ini memiliki bagian dalam sejarah Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Berkunjung di Kebun Raya Bogor, Dolaners akan dibuat seperti sedang berada negara lain. Bagaimana tidak, karena memang kawasan taman kota Kebun Raya Bogor ini setiap harinya selalu dibanjiri turis mancanegara dari berbagai negar, mulai dari Asia, Eropa, Amerika, hingga turis berkulit hitam. Berbeda dengan wisatawan lokal yang kebanyakan berkunjung untuk refreshing dan mencari udara segar, kebanyakan para wisatawan mancanegara ini datang untuk melakukan penelitian terhadap ribuan jenis tanaman khas hutan hujan tropis. Aneka jenis tanaman, termasuk bunga bangkai yang menjadi maskot dari wisata ini tumbuh berkembang. Bertolak dari keanekaragaman flora yang tak diragukan lagi keelokannya, tapi tahukah Dolaners bahwa Kebun Raya Bogor memiliki daya tarik yang tidak semua orang dari luar kota tahu. Berbagai kepercayaan yang berhubungan dengan hal mistik pun masih sangat kental melingkupi area ini. Berikut adalah beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat secara turun temurun hingga di era modern saat ini.

 

1. Sepasang pohon pengikat tali jodoh di Kebun Raya Bogor

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor via sportourism.id

Topik tentang percintaan rupanya masih menduduki ranking teratas yang sangat menarik di kalangan para kawula muda. Dan bagi Dolaners yang menyukai hal hal yang berbau dengan mitos percintaan, nampaknya harus berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Di kawasan hutan tengah kota terdapat sebuah spot yang kini sedang fenomernal. Dua pohon kembar yang berdampingan. Ya, banyak sekali pasangan kekasih yang mengabadikan moment duduk berdua di bangku tepat di antara kedua pohon di Kebun Raya Bogor  tersebut. Bahkan, jika akhir pekan tiba, tidak jarang para pasangan kekasih rela antri untuk bisa duduk berdua sembari berfoto selfie disini. Mengapa demikian? Mitosnya adalah jika sepasang kekasih duduk berdampiangan di antara kedua pohon tua di Kebun Raya Bogor tersebut maka mereka akan berjodoh, dan hubungan mereka akan berujung hingga ke pelaminan. Layaknya kedua pohon tersebut yang tumbuh menua bersama. Gimana, Dolaners pasti udah siap siap mau liburan ke Kebun Raya Bogor, sekalian antri buat foto romantis di antara kedua pohon ini. Hayo ngaku?

 

2. Jembatan Merah pemutus hubungan asmara

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor Jembatan Merah Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor via trisetie.wordpress.com

Jembatan Merah adalah satu icon yang bisa mewakili Kebun Raya Bogor selain bunga Bagkai. Dolaners yang mempercayai hal hal diluar nalar, pastilah tidak akan mempunya nyali untuk melewati Jembatan Merah ini bersama dengan kekasih bukan? Ya, hal ini banyak terjadi, dimana sepasang kekasih banyak yang ragu untuk melintasi jembatan iconik yang satu ini. Konon katanya, jika sepasang kekasih melintasi jembatan ini maka hubungan mereka tidak akan berlangsung lama. Hiii… ngeri juga ya kalo sampai putus sama kekasih hati cuman gara gara lewat Jembatan Merah. Walaupun sebenarnya tidak ada yang tahu pasti sejak kapan mitos ini muncul di masyarakat, namun yang pasti ketika zaman penjajahan Belanda, jembatan dan sungai di Kebun Raya Bogor ini dipenuhi dengan mayat mayat para pejuang. Gimana, Dolaners masih gak bernyali untuk melewati Jembatan Merah Kebun Raya Bogor  ini bareng pasangan? Takut hubungan kandas atau memang gak punya nyali di ketinggian nih? (hehe).

 

3. Sosok ‘Harimau’ yang sering muncul di Makam Ratu Galuh Mangku Alam

Makam Ratu Galuh di Kebun Raya Bogor Makam Ratu Galuh di Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Makam Ratu Galuh di Kebun Raya Bogor via lovelybogor.com

Ratu Galuh Mangku Alam, adalah seorang wanita cantik istri dari Prabu Siliwangi. Beliau telah lama meninggal dan dimakamkan di sekitar kawasan Kebun Raya Bogor. Berjalan di sekitar makan Ratu Galuh Mangku Alam ini, Dolaners akan seolah merasakan sesuatu. Tak jarang orang yang mengaku bahwa ketika melintasi makam ini, bulu kuduk mereka berdiri dengan suasana hening nan sunyi yang ada. Menurut cerita yang berkembang dimasyarakat bahwa, konon katanta makam Ratu Galuh Mangku Alam ini dijaga oleh sesosok harimau yang merupakan jelmaan dari sang suami yakni Prabu Siliwangi. Percaya atau tidak, hal tersebut hanyalah mitos turun temurun yang hingga kini terus berkembang. Yang pasti, tetap jangan tutur kata dan tingkah laku ketika sedang berkunjung ke tempat seperti ini termasuk Kebun Raya Bogor.

 

4. Danau Gunting yang ‘dijaga’ mahkluk kasat mata

Danau Gunting Kebun Raya Bogor Danau Gunting Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Danau Gunting Kebun Raya Bogor via bersapedahan.wordpress.com

Danau Gunting adalah salah satu spot yang banyak difavoritekan para wisatawan. Berlibur di sebuh arena hijau yang sangat luas nan sejuk, sembari melihat keindahan danau, mungkin itu yang dicari beberapa wisatawan yang datang ke Kebun Raya Bogor ini. Apalagi letak dari Danau Gunting ini berdampingan dengan Istana Bogor. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi yang paling banyak diburu untuk pengambilan foto. Namun dibalik semua keindahan panorama tersebut, Danau Gunting ini menyimpan sebuah mitos yang cukup membuat orang enggan memancing sembarangan di danau berbentuk gunting tersebut. Menurut desas desus yang berkembang di masyarakat, jika Dolaners memancing tanpa izin kepada makhluk yang tidak kasat mata, jangan harap Dolaners bisa memancing dengan tenang. Ada yang bilang Dolaners akan dihantui penampakan sosok hitam dan besar di area ini yang disinyalir sebagai penunggu Danau Gunting. Masih mau coba mancing sembaranagn disini?

 

5. Pemakaman yang disinyalir Komplek Perumahan Abang None Belanda

Pemakaman None Belanda di Kebun Raya Bogor Pemakaman None Belanda di Kebun Raya Bogor - Dolan Dolen

Pemakaman None Belanda di Kebun Raya Bogor via youtube.com

Berjalan di jalur setapak di ujung pintu gerbang bagian belakang, maka Dolaners tidak hanya akan menemukan pepohonan liar yang begitu rindang. Namun juga akan menemukan sebuah komplek perumahan tua yang dijamin akan membuat bulu kuduk merinding. Hal ini benar saja terjadi, karena memang perumahan tersebut tidak dihuni oleh makhluk bernyawa melainkan oleh orang yang sudah meninggal. Jajaran pemakaman kuno ini sangat jarang dilewati karena banyak orang yang sudah mengetahui jika area ini terbilang cukup angker di Kebun Raya Bogor. Konon ada sebuah cerita bahwa beberapa pengunjung pernah melihat sesosok penampakan abang dan none none Belanda di area pemakaman yang usianya lebih tua dari Kebun Raya Bogor ini sendiri. Serem banget kan? Tapi buat Dolaners yang ingin melatih keberanian alias uji nyali, tak ada salahnya untuk mengunjungi spot mistis yang satu ini.


Percaya atau tidak, semua hal tersebut hanyalah mitos yang ada di Kebun Raya Bogor sudah diceritakan secara turun temurun. Mungkin Dolaners bisa mengambil sisi positif yang bisa dipetik dari mitos mitos tersebut dan membuang yang buruk buruk. Yang terpenting Dolaners harus terus berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.