Dolaners Bernyali? Coba Berwisata Malam di 10 Spot Terhoror Se-Jakarta ini!

Jakarta yang menjadi kota metropolitan yang sibuk dan serba modern ternyata menyimpan sisi lain yang tak banyak diketahui. Dolaners tak akan menyangka jika Jakarta memiliki ragam destinasi wisata malam yang tak biasa. Bisa dikatakan tak biasa karena memang sudah banyak terjadi kejanggalan kejanggalan tentang hal hala mistis serta cerita horor turun temurun dari masyarakat sekitar. Bahkan sudah banyak kisah horor yang diangkat ke layar lebar dan dijadikan film seperti Rumah Pondok Indah, Taman Langsat Mayestik, Terowongan Casablanca, Hantu Jeruk Purut dan tentu saja yang paling dianggap fenomenal adalah Si Manis Jembatan Ancol. Nah, kali ini kita bakal ngebahas wisata malam di Jakarta yang akan membuat bulu kudul Dolaners berdiri kaku. Mau tau dimana aja tempat tempat horornya? Yuk para giist hunter wajib nyimak ya.

1. Aroma daging manusia yang terpanggang masih sering tercium di Kemewahan Mall Klender

Mall Klender Mall Klender - Dolan Dolen

Mall Klender via panoramio.com/user/6430319

Dolaners yang orang Jakarta pasti taulah tentang keberadaan Mall Klender. Namun tahukah bahwa sebelum dibangun Mall Klender, dahulu pernah terjadi kejadian dahsyat yang mengguncang tempat ini. Cerita ini bermula pada tanggal 15 Mei 1998, dimana saat itu terjadi reformasi besar besaran. Kono saat terjadi peristiwa rusuh di tahun tersebut, gedung ini ikut menjadi sasaran. Yogya Mall sengaja dibakar. Kerusuhan tak hanya murni karena revormasi melainkan juga karena adanya kesenjangan sosial. Masyakarat kelas bawah dikabarkan iri kepada orang orang kaya yang berbelanja di Mall ini. Hal ini lah yang menjadikan mereka nekat membakar Yogya Departement Store ini, padahal di dalam mall tersebut masih banyak pekerja dan pembeli yang sedang berkegiatan. Tentu saja mereka yang saat itu sedang berada di dalam mall ikut terpanggang hidup hidup. Sejak saat itulah hal hal mistis sering terjadi disini, Dimana tiga hari setelah kejadian banyak masyarakat yang megaku sering melihat sosok gerombolan pegawai yang keluar dari sisa sisa reruntuhan bangunan yang terbakar. Keanehan tak hanya disitu, pernah ada cerita dimana seorang supir angkot yang sedang beroprasi kebetulan berada di kawasan Buaran dan disana banyak yang naik, namun setelah tiba di Yogya Mall Jakarta, semua penumpang tersebut turun. Seketika sang supir dibuat terkejut, karena memang bangunan mall telah hangus. Nah, setelah resmi dibangun kembali dan berganti nama menjadi Mall Klender cerita mistis yang berkembang tak lantas sirna, bahkan ada yang mengatakan diawal diresmikannya kejadian aneh masih sering terjadi.

 

2. Kemegahan Menara Saidah, sebuah gedung perkantoran yang kini menjadi tempat bersarang para mahkluk dunia lain

Menara Saidah Menara Saidah - Dolan Dolen

Menara Saidah via panoramio.com/user/2288725

Sebuah menara yang cukup megah yang terletak di kawasan Jalan Letjen MT. Haryono Jakarta ini konon telah ditinggalkan penghuninya sejak tahun 2007. Alasanya, mereka semua berbondong bondong pergi dikarenakan faktor kenyamanan. Sebelumnya banyak yang mengeluh jika sering melihat penampakan gaib yang cukup mengganggu ketenangan dari para karyaan yang berkerja di Menara Saidah Jakarta ini. Banyak kejadian di luar nalar yang sering terjadi disini. Seperti lambu dari lantai ke 28 yang sering tiba tiba menyala tanpa sendiri tanpa sebab. Adanya sosok kuntilanak merah yang sering menjaili para satpam yang bertugas disini. Bahkan sebuah cerita dimana mengatakan pernah ada dua orang satpam yang dimintai tolong untuk mengantar seorang wanita cantik menuju ke lantai 14, dia berkata bahwa ada pekerjaan yang tertinggal disana, dimana pada saat itu para karyawan lain sudah pulang. Awalnya tak ada yang janggal, hanya saja wajah wanita tersebut pucat dan tanpa ekspresi. Kemudian mereka menuju lantai 14 dengan menggunakan left, dan betapa terkejutnya setelah lift sudah menunjukkan ke lantai 14, tiba tiba sosok wanita tersebut menghilang. Sontak kedua petugas tersebut lari kebungungan. Entah berhubungan atau tidak, dahulu Menara Saidah ini dibangun diatas lahan pemakanan masyarakat setempat yang tanpa dipindahkan terlebih dahulu.

 

3. Aura horor akan kamu rasakan ketika berada di Depo Kereta Api Stasiun Manggarai di malam hari

Depo Kereta Api Manggarai Depo Kereta Api Manggarai - Dolan Dolen

Depo Kereta Api Manggarai via flickr.com/photos/chris-railway

Stasiun Kereta Api Manggarai, siapa yang mengetahui? Stasiun ini merupakan salah satu stasiun besar yang ada di wilayah Jakarta. Di areal yang ada di stasiun ini juga digunakan sebagai tempat meletakkan banyak gerbong yang sudah tidak terpakai, entah itu karena sudah lapuk dimakan usia atau memang akibat gerbong tersebut telah mengalami kecelakaan yang otomatis sudah tidak dapat digunakan. Suasana horor akan semakin terasa karena di kawasan belakang stasiun ini banyak bangunana ynag sudah tidak terbakai lagi, ditambah lagi tingginya tumbuhan ilalang yang birdiri liar di kawasan ini. Konon cerita horor sering bermunculan disini, dari mulai sosok penampakan anak kecil yang sering terlihat bermain layang layang dan berlari larian, penampakan genderuwo, hingga sosok wanita yang sering muncul di tengah malam. Karena keangkeran yang dimiliki ini, Depo Kereta Api Stasiun Manggarai Jakarta pernah dijadikan lokasi syuting salah satu acara gost hunter di televisi.

 

4. Kamu termasuk gost hunter? Coba jelajahi Lubang Buaya Pondok Gede, disana kamu akan menemukan banyak keanehan

Museum Lubang Buaya Museum Lubang Buaya - Dolan Dolen

Museum Lubang Buaya via wisatapedia.id

Jika Dolaners ingin mengenal sejarah Indonesia lebih dalam, maka Museum Lubang Buaya adalah pilihan lokasi wisata paling tepat. Museum Lubang Buaya ini berlokasi di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur. Di tempat inilah, dahulu sebanyak tujuh orang pahlawan revolusi kita mati disiksa dan dibunuh. Kekejaman tak berhenti disitu, banyak orang yang menjadi keganasan dari Gerakan 30 September juga tak luput dari pembunuhan di tempat ini. Konon, di tempat ini terdapat banyak buaya putih yang berasal dari sungai yang tak jauh dari tempat pembantaian masal pada saat itu. Meski kini di tempat yang sama telah berdiri sebuah museum, namun cerita horor tentang keangkeran tempat ini tak lantas lenyap begitu saja. Menurut warga sekitar, di Museum Lubang Buaya ini masih sering terdengar suara jeritan seperti orang kesakitan yang meminta tolong. Jeritan tersebut terdengar jelas dari dalam gedung museum. Banyak yang percaya jika suara suara tersebut berasal dari arwah para korban pembantaian yang masih belum tenang.

 

5. Sesekali cobalah berkunjung ke Museum Taman Prasasti, sebuah tempat persemayaman terakhir dimana patung-patung kunonya seakan hidup

Museum Taman Prasasti Museum Taman Prasasti - Dolan Dolen

Museum Taman Prasasti via wikimedia.org

Museum Taman Prasasti, siapa yang belum pernah mendengar namanya? Museum Taman Prasasti Jakarta adalah salah salah satu tempat wisata yang bisa dibilang angker. Dahulu, Museum Prasasti hanyalah sebuah makan para kompeni Belanda. Bernama, Kebon Jahe Kober, pemakanan ini kemudian disulap menjadi sebuah museum oleh Pemerintah pada tahun 1977. Berbicara soal pemakaman, Dolaners pasti setuju dong dengan nuansa horor yang selalu lekat dengan tempat peristorahatan setiap insan ini? Suasana angker adalah kesan pertama begitu Dolaners akan memasuki area museum ini. Begitu Dolaners melewati pintu masuk Taman Prasasti, hamparan nisan yang tersebar di seluruh penjuru akan langsung menyambut kedatangan Dolaners. Hal yang semakin menambah nuansa mistis adalah banyak berdirinya oatung oatung kuno berbentuk malaikat yang ada di setiap penjuru tempat ini. Jika ingin membuktikannya sendiri, silahkan Dolaners bisa beruji nyali dengan datang pada saat petang hari ini Museum Taman Prasasti Jakarta ini.

 

6. Sebuah kisah klasik tentang sesosok gadis pramuka yang selalu bediri di tepi danau Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur

Bumi Perkemahan Cibubur Bumi Perkemahan Cibubur - Dolan Dolen

Bumi Perkemahan Cibubur via berandadevi.blogspot.co.id

Dolaners pasti sudah tahu dong tentang keberadaan wisata Bumi Perkemahan Cibubur yang berada di Jakarta Timur? Taman wisata yang satu ini memang sudah sangat dikenal, karena sering dijadikan lokasi untuk menggelar acara besar seperti acara perkantoran, gathering atau bahkan perkemahan anak sekolah. Ada sebuah spot yang memiliki kisah mistis yang membuat areal ini tampak begitu sunyi dan menyeramkan, yakni sebuah danau yang berada di Bumi Perkemahan ini. Konon katanya sering terjadi kejadian dimana ada sesosok gadis berseragam pramuka yang sering menampakkan diri dekat danau tersebut. Sosok gadis pramuka ini seperti sedang melamun sembari menghadapa ke arah danau. Namun anehnya begitu Dolaners ingin mencoba untuk mendekati atau sekedar menyapa, tiba tiba sosok tersebut menghilang dan berganti menjadi kabut tipis serta ditemani semilir angin yang akan Dolaners temukan. Kejadian tersebut tidak hanya sekali terjadi, menurut masyarakat sudah beberapa kali pengunjung melapor karena mengalama kejadian serupa. Penasaran ingin mengalami?

 

7. Batavia Cafe di kawasan Kota Tua Jakarta bisa kamu jadikan tempat wisata malam, dijamin kamu bakal mendapatkan sesuatu yang mengejutkan

Cafe Batavia Cafe Batavia - Dolan Dolen

Cafe Batavia via happyduckling.wordpress.com

Salah satu tempat yang wajib untuk disinggahi ketika berada di kawasan Kota Tua Jakarta adalah Batavia Cafe. Tak hanya tertarik untuk mengisi perut, bangunannya kuno yang masih melekat juga semakin menambah daya tarik tersendiri bagi Dolaners. Tak sedikit wisatwan yang mengambil foto dengan background cafe ini, Semakin malam suasananya akan semakin terasa asyik. Dibalik keramaian yang dihadirkan kawasan Kota Tua di malam hari terselip beberapa cerita horor yang sudah berkembang sejak lama dimasyarakat. Di malam malam tertentu, sosok nonik Belanda penghuni salah satu toilet yang ada di Batavia Cafe selalu menampakkan dirinya. Selain itu menurut warga sekitar, banyak pengguna jalan yang ketika melintasi kawasan ini di tengah malam, kemudian dikejutkan dengan hadirnya sosok pria tegap berbaju Belanda kuno yang sedang berjalan di sekitar Cafe Batavia Jakarta ini. Yang lebih membuat merinding, ketika Dolaners mencoba untuk mendekatinya, sosok tersebut akan menghilang seketika dan hanya angin dengan aroma mistis yang akan Dolaners dapati. Tak percaya? Silahkan mencoba sendiri.

 

8. Museum Fatahillah, salah satu spot tempat berkumpulnya para arwah

Taman Fatahillah Kota Tua Taman Fatahillah Kota Tua - Dolan Dolen

Taman Fatahillah Kota Tua via sunda-spirit.com

Museum Fatahillah, siapa yang tahu tentang keberadaan bangunan megah yang satu ini. Tak hanya itu, museum ini juga terkenal menyimpan cerita mistis yang patut untuk Dolaners jadikan lokasi uji nyali berikutnya. Bangunan yang mulai dibangun dari tahun 1620 ini telah mengalami beberapa kali pemugaran. Meski begitu, banyaknya cerita mistis yang berkembang secara turun temurun di masyarakat sekitar tak pernah luntur tergerus zaman. Mulai dari seringnya terlihat sosok tiga anak kecil yang sedang berlarian tengah malam di depan Museum Fatahillah, Lonceng kematian yang terdengar berbunyi selama tiga kali, hingga penjara bawah tanah yang hingga kini masih menyisakan bau amis dari darah para tahanan yang sering tercium oleh masyarakat yang kebetulan sedang melewati kawasan ini. Hingga terdengarnya suara jeritan minta tolong yang sangat jelas terdengar dari kawasan Museum Fatahillah Jakarta ini. Gimana gak percaya? Coba aja tengah malam datang ke sini dan rasakan sensasi horor yang bakal Dolaners temukan.

 

9. Sesosok anak kecil akan menyambutmu sambil menawarkan bermain gamelan bersama di Museum Wayang

Museum Wayang Jakarta Museum Wayang Jakarta - Dolan Dolen

Museum Wayang Jakarta via jakarta.go.id

Jika kebetukan sedang berada di kawasan Kota Tua Jakarta, cobalah untuk mampir ke Museum Wayang. Museum dengan nama asli Oude Bataviasche Museum ini menyajikan beragam wayang yang tersebar dari seluruh Indonesia. Sudah dipastikan, berkunjung ke museum ini wawasanmu tentang kebudayaan Indonesia khususnya wayang, akan semakin bertambah. Dibalik keaneka ragaman budaya yang dihadirkan di Museum Wayang, ternyata terselip sebuah kisah tentang kejadian janggal yang pernah terjadi disini. Pernah ada seseorang yang menceritakan pengalaman mistisnya, ketika itu dia sedang melihat ada seorang pengunjung (anak kecil) ang sedang mengamati wayang si Gale gale dari Sumatera, namun tiba tiba wayang tersebut bergerak dengan sendirinya seolah ingin menarik. Saat itu juga si pengunjung anak kecil ini langsung lari ketakukan mencari kedua orang tuanya, si bapak yang sedang mengamati dari kejauhan pun tak kalah terkejutnya. Kejadian aneh tak berhenti disitu. Salah satu wayang pemberian warga keturunan cina juga pernah ‘berulah’ . Wayang tersebut tak bisa dipindahkan dari tempat dimana pertama kali diletakkan, petugas mengaku bahwa wayang tersebut sangat berat terasa ketika akan diangkat. Namun, beliau menyadari bahwa setiap wayang yang ada di museum ini memang memiliki ‘nyawa-nya’ sendiri. Hiii……

 

10. Kisah horor turun temurun dari Rumah Kentang Prapanca yang membuat bulu kuduk berdiri

Rumah Kentang Prapanca Rumah Kentang Prapanca - Dolan Dolen

Rumah Kentang Prapanca via travel.detik.com

Siapa yang tak pernah mendengar tentang cerita rumah kentang? Ya, cerita horor ini memang pernah diangkat ke layar fim. Cerita tersebut bermula ketika, dahulu ada seorang ibu yang sedang mendapat pesanan masakan. Sang ibu merebus kentang ke dalam sebuah kuali besar, karena dianggap masih lama, kemudian beliau tertidur. Dan tanpa pengawasan sang anak yang masih balita bermain di kuali hingga jatuh tercebur ke dalamnya. Anak tersebut ikut terebus dan mati secara mengenaskan. Semenjak kejadian tersebut banyak hal hal aneh yang terjadi di sekitar kawasan Rumah Kentang Prapanca Jakarta ini. Yang umum terjadi adalah setiap orang yang melewati kawasan ini selalu mencium bau kentang. Bahkan dari dalam mobil sekalipun. Menurut ahli spiritual, aroma kentang yang tercium merupakan tand adanya genderuwo yang bersarang di rumah tersebut. Gimana mau membuktikan sendiri kebenarannya?


Gimana? Bulu kuduk Dolaners sudah berdiri semua? Segera agendakan wisata malam kamu di Jakarta. Ajak temen temen pecinta hal hal mistis juga boleh kok. Jangan lupa selalu utamakan keselamatan ya…

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.