Bali

Ketika mengunjungi pulau Bali, disana kamu akan menemukan budaya yang amat khas yaitu tari barong. Barong adalah salah satu dari beragam seni pertunjukan di Bali yang merupakan tarian tradisional ditandai dengan topeng dan kostum badan yang dipakai oleh satu atau dua orang dalam menarikannya. Terdapat beberapa jenis barong di Bali yaitu barong landung, barong ket, barong bangkal, barong macan, barong kedingkling, barong gagombrangan, barong gajah, barong asu dan barong brutuk.

Mitos Tarian Barong

Masyarakat Bali mempercayai bahwa pada Barong terdapat makhluk-makhluk halus dan makhluk tersebut merupakan kaki tangan dari ratu Gede Mecaling yaitu penguasa alam gaib yang berada di Laut Selatan Bali dengan kediaman di pura dalem ped, Nusa Penida. Pada waktu itu, pendeta sakti memberi maskan untuk membuat sebuah patung yang mirip dengan ratu Gede Mecaling dengan sosok tinggi besar, bertaring dan hitam kemudian mengaraknya mengelilingi desa. Ternyata tipuan menggunakan cara tersebut sangatlah manjur, para makhluk halus menjadi ketakutan ketika melihat sosok bentuk tiruan dari bos mereka dan kemudian mereka menyingkir. Sampai saat ini, masih menjadi sebuah tradisi dibanyak desa yang dilakukan secara berkala untuk melakukan arakan barong landung sebagai penangkal bencana yang dilakukan oleh masyarakat.

Perkembangan Tari Barong

Awalnya tari barong hanyalah digambar dengan 4 kaki, akan tetapi dengan perkembangan saat ini barong tidaklah hanya dilabangkan dengan gambar binatang dengan empat kaki namun dapat juga dengan dua kaki hingga sosok manusia. Dari segi mitologi Hindu, barong dianggap sebagai pelindung makhluk hidup sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa barong ini merupakan sosok pelindung untuk makhluk hidup sekaligus membawa manfaat serta kebaikan bagi sekelilingnya.

Pementasan Tari Barong dan Tiketnya

Tarian barong ini dapat disaksikan pada beberapa tempat yaitu di pura dalem ubud pada jam 19.30 WITA dan di desa Batubulan tepatnya dibeberapa sanggar kesenian pada jam 09.30 WITA.

Untuk menyaksikan penampilan dari pertunjukan tari barong Bali baik wisatawan mancanegara maupun domestik dikenakan tarif sebesar Rp 50.000 tiap orangnya. Fasilitas yang didapatkan dari tarif tersebut sudah termasuk panduan cerita ang dicetak lengkap dengan pilihan bahasa yang diinginkan seperti bahasa Inggris, Indonesia, Perancis, Jepang dan Mandarin

Tips

Tips yang penting dan mendukung kegiatan wisata kamu di Pulau Bali adalah akan sangat baik jika kamu fasih dan menguasai bahasa Inggris karena Dolaners dapat bertemu dan berbincang langsung dengan para turis mancanegara sekaligus dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada mereka.

Nah, Dolaners perlu menyaksikan pementasan tarian khas budaya seni tari barong ini ketika kamu berkunjung ke Pulau Bali karena wisatamu tak lengkap jika melewatkan untuk menyaksikan tarian yang satu ini. Selain tari barong yang sangat khas, banyak pula jenis tarian terkenal dari Pulau Bali ini seperti pendet, tari kecak dan lainnya yang tidak kalah menariknya.