Denpasar

Kebijakan pengembangan budaya daerah Denpasar menitikberatkan pada keindahan alam khas yang dimiliki oleh lingkungan Denpasar tersebut. Munculnya berbagai fasilitas seperti berbagai hotel maupun pembangunan yang dilakukan disegenap objek wisata menjadikan Denpasar sebagai kota yang memiliki barometer budaya, tradisi, adat dan pariwisata yang maju dan layak dibanggakan dalam rangka menyuguhi keindahan Denpasar bagi para pengunjungnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Kebudayaan

Karena merupakan inti dari pulau Bali maka disana juga terdapat beberapa museum yang melestarikan kebudayaannya sehingga jika Dolaners ingin mengetahui tentang sejarah maupun asal usul Denpasar ini, Dolaners dapat dengan mudah mengetahui informasinya. Tarian khas seperti kecak, barong dan lainnya juga memiliki asal usul khas yang melambangkan masyarakat terdahulu yang hingga kini masih tetap dijaga kelestariannya. Selain itu berbagai macam rutinitas dilaut, dipura maupun upacara-upacara adat kerakyatan juga masih diperingati hingga sekarang.

Pariwisata

Objek wisata di daerah Denpasar memiliki nilai kebudayaan yang khas dinilai dari unsur sejarahnya, disamping itu adat yang masih dilestarikan dari generasi ke genarasi selalu dijunjung tinggi dan dipertahankan dengan tujuan agar keaslian dari tradisinya tidak luntur. Beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi yaitu museum Bali, taman Puputan, pasar kreneng, pura Sakenan, pura Agung Jagadnata, puri Santrian dan masih banyak lagi.

Kuliner

Ketika Dolaners mengunjungi Denpasar, tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Denpasar. Nah inilah beberapa diantaranya sekaligus lokasinya:

  1. Nasi ikan mak beng di dekat hotel Radisson
  2. Jebak, singkatan dari jejak Bali kuliner di jalan Teuku Umar
  3. Nasi ayam kedewatan di jalan Tukad Badung
  4. Babi guling chandra di jalan Teuku Umar
  5. Dll

Oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari sana adalah dodol Bali, kacang Rahayu, salak Bali, kerupuk ceker ayam, pia legong dan oleh-oleh khas lainnya yang bisa dibeli di toko krisna, toko Erlangga, pasar Kumbasari dan lokasi oleh-oleh terdekat dengan objek-objek wisata. Selamat berkunjung Dolaners, nikmati pesona Denpasar yang selalu setia menanti kunjungan para Dolaners sekalian.