Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya, peribahasa ini sangat cocok untuk menggambarkan kebudayaan tiap daerah Indonesia yang berbeda. Begitu juga Bandung dengan masyarakat Sunda yang ramah, ada banyak kebudayaan yang perlu Dolaners ketahui sehingga menjadikan kebudayaan Kota Bandung ini mampu memikat wisatawan, antara lain:

Angklung

Semenjak November 2010 kebudayaan kota Bandung berupa Angklung ini telah masuk dalam nominasi UNESCO Karya Agung Warisan Budaya Lisan Nonbedawi Manusia. Kepiawaian masyarakat Bandung dalam memainkan alat music bernada ganda ini tidak perlu diragukan lagi, alat music multitonal ini berkembang secara tradisional dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat music yang terbuat dari bamboo ini mampu menghasilkan nada 2,3 hingga 4 pada setiap ukuran entah besar atau kecil jika dimainkan dengan digoyangkan.

Kesenian Calung

Calung merupakan sepaket waditra dari bamboo yang dipasang pada sisi kanan dan kiri. Ujung satu diikat pada bagian tubuh penabuh sedangkan ujung lain diikatkan pada di sebuah tiang.

Pementasan Benjang

Benjang termasuk kategori kesenian tatar Sunda yang secara tradisional berkembang dan hidup di seputar Ujungberung Kota Bandung sampai saat sekarang. Saat pementasan biasanya juga diikuti ibingan atau sejenis tarian menyerupai silat yang didukung juga dengan uji kekuatan yang menyerupai gulat.

Kesenian Wayang Golek

Wayang golek sedikit berbeda dengan wayang pada umumnya yang berbentuk tipis dadi kulit hewan, Wayang Golek merupakan boneka yang terbuat dari kayu dengan hiasan ukir khas Sundaa. Kesenian Wayang Golek ini biasa dipentaskan dari jam 10 malam hingga 4 pagi yang mengusung cerita Ramayana dan Mahabarata. Kebudayaan kota Bandung berupa Kesenian Wayang Golek ini biasa dipentaskan saat acara pernikahan atau khitanan, namun seiring perkembangan jaman kesenian ini sering digunakan sebagai hiburan saat peresmian gedung.

Kebudayaan Kota Bandung ini layak dilestarikan dan menjadi warisan leluhur yang unik untuk anak cucu kita nantinya. Untuk para Dolaners, mengunjungi kota Bandung tidak lengkap bukan tanpa menikmati kebudayaannya yang unik dan tiada duanya ini.