Kini Kota Bandung menjadi satu dari tujuan wisata dan pendidikan, sehingga para Dolaners wajib mengunjungi kota metropolitan paling besar di Tatar Pasundan ini. Jangan beranjak dulu, yuk kita intip pesona Kota Bandung yang berlokasi sekitar 140 km sebelah tenggara Ibukota Negara kita ini.

Masyarakat dan Budaya

Kebudayaan masyarakat Kota Bandung salahsatunya bisa diintip dari sebuah kampong bernama Arjasari yang berlokasi di Batu Karut, Kecamatan Arjasari, Bandung yang memiliki rumah kecil Sunda yang disebut juga Bumi Alit sebagai tempat penyimpanan pusaka warisan leluhur dan penyebar agama Islam di wilayah tersebut semisal: tombak, keris, kujang dll. Pusaka tersebut begitu dikeramatkan oleh penduduk setempat sehingga saat 12 Robiul Awal saat peringatan Maulid Nabi pusaka tersebut akan dikeluarkan, dibersihkan, dan dibungkus dengan kain putih sebanyak 5 lapis untuk kemudian disimpan kembali. Para penduduk biasanya akan membawa makanan khas semisal: wajit, opak, rangginan dll. kebudayaan penduduk Arjasari diharuskan mengikuti semua rangkaian upacara tanpa melewatkannya sedikitpun. Hanya orang pilihan seperti sesepuh kampong dan juru kunci yang bisa melakukanya agar acara berjalan paripurna.

Kuliner

Kuliner top yang layak Dolaners cicipi di kota Bandung antara lain: Mie Kocok Bandung, Batagor, Karedok, Seblak, Basreng/Baso Goreng, Cireng, Keripik Setan dll. untuk pengusir dahaga Dolaners bisa menyruput bajigur atau es lilin yang manis dan sueger.

Transportasi

Saat Dolaners menyambangi tanah kelahiran artis Almh Nike Ardila ini Dolaners tidak perlu risau dengan problem transportasi, karena terdapat angkutan umum, bus kota/damri, Kereta Rel Diesel(KRD), Trans Metro Bandung dll.

Tujuan wisata

Destinasi wisata di Paris Van Java ini antara lain; Museum Geologi, Kebun Bunga Cihideung, Trans Studio Bandung, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Gunung Tangkuban Perahu yang sarat akan legendanya.

Kota Bandung yang sejuk dengan aksesoris berupa bunga dan pohon ini membuat masyarakat sekitar menjulukinya sebagai kota kembang. Saking indahnya sehingga pada jaman dahulu kota ini juga akrap disapa sebagai Paris van Java.