Jawa Barat

Proses dan perlindungan dari pengembangan budaya dan bahasa yang ada di Jawa Barat secara nyata dimulai dengan diadakannya konggres Jawa Barat. Kongres Jawa Barat ini sebagai sebuah wadah berkumpul dan berbaurnya para tokoh dari masyarakat Jawa Barat untuk mendiskusikan beragam persoalan kemasyarakatan dan sosial yang terdapat disana.

Budaya yang terdapat di Provinsi Jawa Barat banyak mendapatkan pengaruh dari budaya Sunda. Selain itu disana juga ada seni bela diri semacam pencak silat yaitu tarung drajat yang berasal dari provinsi Jawa Barat ini.

Kebudayaan

Budaya yang terus dijaga oleh masyarakat Jawa Barat asli adalah nilai-nilai luhurnya sebagai warisan dari nenek moyangnya. Komitmen kuat yang dimiliki masyarakatnya adalah nilai-nilai kebajikan yang diekspresikan dengan ungkapan “ ulah unggut kalinduan, ulah gedag kaanginan” yang bermakna konsekuen dan konsisten pada kebenaran serta keserasian dari hati nurani dan rasionalitas.

Seiring berjalannya waktu dari masa ke masa, penduduk Jawa Barat semakin bertambah dengan datangnya penduduk dari luar daerah yang berniat menetap maupun menjadikan daerah ini sebagai mata pencaharian. Hal tersebut menyebabkan percampuran dari ragam budaya dari masyarakat yang berbeda-beda daerah tersebut yang tentu saja memberikan pengaruh yang tidaklah sedikit disana. Jadi tidak heran jika saat ini telah banyak perubahan dari segi kemasyarakatannya karena pengaruh penduduk yang dibawa dari daerah lain.

Jika dilihat dari aspek SDM atau sumber daya alam yang dimilikinya, Jawa Barat ini memiliki proporsi terbesar melalui tingkat pendidikan masyarakatnya mulai jumlah dari lulusan strata 1 sampai strata 3. Hal ini berpengaruh pada pemikiran dan pola hidup yang bertingkat pula

Seni Tari

Beberapa seni tari yang terkenal di daerah Jawa Barat ini adalah tari jaipongan, merak, topeng, tari dari cianjuran, cirebonan dan masih banyak lagi. Disamping itu senjata tradisional yang dimilikinya biasa disebut dengan kujang dan rumah adatnya dinamai keraton kesepuhan Cirebon.

Pelancongan

Selain budaya yang melekat dimasyarakat, para Dolaners juga dapat melancong dengan tujuan wisata yang banyak sekali disana seperti pantai Pangandaran, pantai pelabuhan ratu, kebun raya Bogor, gunung tangkuban perahu, ciater, taman safari, keraton kesepuhan, taman nasional Pangrango dan masih banyak lagi tempat lainnya yang menarik di Jawa Barat ini.