Jawa Barat

Para Dolaners perlu tahu tentang Jawa Barat mulai dari jalur masuknya, sejarah, masyarakat dan budaya serta kuliner disana. So, perhatikan informasi terkait dengan Jawa Barat ini ya Dolaners supaya para Dolaners sekalian tidak buta dengan informasi wilayah ini.

Jalur Masuk

Untuk dapat sampai ke Jawa Barat ini dapat dilakukan melalui transportasi darat, laut dan udara. Bermacam infrastruktur penerbangan, pelabuhan dan perjalanan darat telah dibangun dengan jumlah dan fasilitas yang memadai. Tantangan besar Pemerintah Jawa Barat untuk menghandle sarana transportasi terus diupayakan demi menyukupi permintaan penduduknya karena daerah ini merupakan provinsi terpadat di Indonesia pada tahun 2010 menurut sensus penduduk pada saat itu. Dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk perbaikan hinga kini bandar udara, jalan yang bebas hambatan, rel kereta, pelabuhan laut maupun jalan umum antar provinsi dapat digunakan.

Sejarah

Sejarah dari daerah bermula dari komunitas masyarakat nenek moyang sunda dipesisir barat dari ujung pulau Jawa yakni pesisir Pandeglang. Dulunya pesisir ini menjadi tempat singgahnya pedangang dari India, Arab dan China. Masyarakat disana mengikuti sistem religi Pitarapuja yang berarti memuja roh para leluhur yang dibuktikan dengan diteukannya sejumlah menhir.

Masyarakat dan Budaya

Masyarakat didaerah Jawa Barat terkenal dengan kekayaan budaya yang agamis dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur disana. Perilaku sosial dengan falsafah silih asih, asah dan asuh menjadi semboyan tersendiri dengan makna saling mengasihi, berbagi pengetahuan dan menyayangi antar sesama masyarakat sehingga nilai kebajikan yang kuat dan melekat disana muncul secara jelas dalam masyarakatnya.

Tatanan kehidupan masyarakat Jawa Barat lebih mengedepankan dan menjunjung keharmonisan seperti tertera dalam pepatah “ Herang Caina Beunang Laukna” yang memiliki makna menyelesaikan dan menuntaskan suatu masalah tanpa memunculkan masalah yang baru atau berprinsip yang saling menguntungkan. Dilihat dari SDM yang dimilikinya, Jawa Barat mempunyai jumlah penduduk paling besar di Indonesia sebagai provinsi yang berpenduduk berpendidikan lebih banyak. Selain itu daerah ini juga lebih didominasi oleh penduduk pendatang diluar wilayah ini.

Kuliner

Jika para Dolaners sangat hobi dengan wisata kuliner, maka di Jawa Barat para Dolaners akan menemukan banyak makanan yang dijual secara murah dipinggiran sampai makanan mewah dan berkelas direstoran. Oleh-oleh yang khas pun bisa kamu bawa pulang dari sana dengan macam yang tidaklah sedikit terutama didaerah Bandung yang sangat terkenal dengan pernak-perniknya.