Jawa Timur

Menyinggung tentang kebudayaan, Jawa Timur memiliki banyak nilai seni dan budaya yang membuat daerah ini sangat menarik untuk dibanggakan. Budaya tersebut pun juga tidak terlepas dari nilai moral dan etika maupun keindahannya. Nah, Dolaners, jangan lewatkan pembahasan tentang budaya Jawa Timur disini.

Adat Istiadat

Pengaruh adat istiadat Jawa Tengahan, mewarnai adat dan istiadat suku Jawa di Jawa Timur khususnya Jawa Timur bagian barat. Hal ini membuat wilayah ini dikenal dengan Mataraman yang menunjukkan bahwa wilayah tersebut masa lampaunya adalah daerah kekuasaan dari kesultanan Mataram. Wilayah tersebut terdiri dari eks karesidenan Madiun dan eks karesidenan Kediri.

Adapun lainnya di Jawa Timur yakni pada wilayah eks karesidenan Surabaya dan Malang, hanya memiliki pengaruh yang sedikit oleh budaya Mataraman karena daerah ini cukup jauh dari Yogjakarta dan Surakarta sebagai pusatnya kebudayaan. Beragam upacara adat yang biasa dilakukam adalah tingkepan, sepasaran, pitonan, sunatan dan pacangan.

Kesenian

1. Tari remo

Tarian ini berasal dari Jombang tepatnya didesa Ceweng kecamatan Diwek, Jawa Timur yang diciptakan oleh para pengamen tari pada masa itu. Pada awalnya, tari ini merupakan sebuah tarian yang digunakan sebagai pengantar pada pertunjukan ludruk. Akan tetapi, pada perkembangannya tari remo ini sering ditarikan terpisah untuk menyambut tari kenegaraan maupun untuk festival dalam kesenian daerah. Isi dari tarian ini adalah cerita perjuangan pangeran didalam sebuah medan laga. Seiring berjalannya waktu, tarian ini lebih akrab ditarikan oleh perempuan dan pada akhirnya muncullah tari remo putri.

2. Parikan

Parikan yang memiliki nama lain kidungan adalah salah satu dari kesenian tradisional yaitu ludruk. Dalam pertunjukan ludruk yang murni, seniman ludruk setidaknya haruslah bisa parikan sekitar 2 jam tanpa putus. Disamping itu, parikan itu dituntut kontemporer yakni sesuai dengan kondisi serta situasi sosial yang ada dan tidaklah boleh monoton. Prosesnya diawali dengan parikan yang telah dihafalkan dan dilanjutkan dengan spontanitas setelah 3-4 parikan yang telah dihafalkan tadi.

3. Ludruk

Ludruk adalah drama tradisional dari sebuah grup kesenian dengan pagelaran cerita tentang rakyat dan kehidupan sehari-harinya disertai dengan iringan musik dan gamelan.

Adat istiadat serta kesenian yang mencakup tari remo, parikan dan ludruk merupakan budaya Jawa Timur yang dilestarikan hingga saat ini disamping banyak seni dan adat khas lainnya. Jadi Dolaners, jangan sampai melewatkan dan melupakan Budaya Jawa Timur yang selalu terkenang dihati.