Dolaners tercinta, mari sejenak mengintip rahasia kebudayaan Malang yang berada di provinsi Jawa Timur. Malang terkenal dengan ketatnya para pelajar yang berlomba-lomba mencari ilmu didaerah ini. Nah, apa yang menarik dari kebudayaan Malang? Dolaners bisa dapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut disisi.

Kekayaan Budaya dan Etnis

Kekayaan budaya dan etnis yang dimiliki daerah Malang sangatlah berpengaruh pada seni tradisional yang ada. Salah satu warisannya adalah topeng Malang atau wayang topeng Malangan. Namun, kesenian modern lambat laun mengikis keberadaan topeng Malang ini. Gaya yang dimiliki oleh kesenian ini merupakan wujud dari pertemuan antara 3 budaya yaitu budaya Madura, Tengger dan Jawa Tengahan. Tiga budaya tersebut bermula dari 3 sub kultur tadi yaitu Madura, Tengger dan Jawa Tengahan.

Etnis masyarakat daerah Malang terkesan religius, suka bekerja keras, dinamis serta menjunjung tinggi kebersamaan. Mereka bangga terhadap identitas terkenal mereka yang dikenal dengan julukan AREMA atau arek Malang.

Apresiasi Budaya Jawa Timur

Terdapat tempat sebagai wadah untuk menampung berbaga sarana apresiasi budaya Jawa Timur di Malang yang bernama Taman Krida Budaa Jawa Timur. Disini sering ditampilkan ragam budaya khas daerah Jawa Timur contohnya ketoprak, ludruk, wayang kulit, wayan orang, kuda lumping, sendra tari dan bantengan. Kesenian bantengan ini adalah hasil kreatifitas asli dari masyarakat Malang yang sudah sejak dulu dikenal oleh masyarakat disana akan tetapi baru sekarang kesenian ini dikenal hingga keluar daerah.

Bagi daerah Malang, kesenian bantengan sering ditampilkan hamdir pada setiap perayaan hari-hari besar baik event religi maupun event kemerdekaan. Disamping itu, beberapa event tahunan juga mewarnai daerah ini seperti:

Festival Malang Kembali

Festival ini diadakan untuk memperingati HUT Malang yang digelar pada 21 Mei. Festival ini mengingatkan situasi dimasa lalu dan mengubah jalanan protokol menjadi museum hidup sekitar 1 minggu lamanya festival ini digelar. Festival Malang Kembali juga dikenal dengan sebutan Malang Tempoe Doeloe.

Karnaval Lampion

Digelar ketika merayakan hari raya masyarakat Tiongkok yaitu hari raya imlek. Karnaval lampion digelar setiap tahunnya dengan bergelarkan berbagai bentuk lampion di area Klenteng dan sekitaran kawaasn di Kota Malang yang turut merayakan. Tidak jarang juga, penampilan barongsai juga dihadirkan untuk memeriahkan acara tahunan warga Tiongkok di Kota Malang.

Karnaval Bunga

Karnaval Bunga merupakan event yang menarik banyak perhatian para wiastawan. Berbagai model dan penampilan dengan tema bunga dihadirkan disini. Event Karnaval Bunga biasanya diadakan di sepanjang jalan Ijen Kota Malang dengan rute kisaran 2-3km.

Nah, sempatkan sejenak waktu Dolaners untuk mengunjungi daerah yang satu ini. Dolaners tentu akan merindukan suasana Malang yang mempesona.