Jawa Timur

Dear Dolaners, saatnya menapaki tentang seberang lintas daerah Jawa Timur. Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang patut untuk dikenal profilnya oleh Dolaners sehingga nantinya Dolaners memiliki wacana yang jelas tentang daerah ini.

Transportasi

Jawa Timur dapat dijangkau dengan menggunakan jalur transportasi darat, laut dan udara. Melalui transportasi darat, kota-kota di Jawa Timur dihubungkan dengan transportasi antarkota yang umumnya beroperasi selama 24 jam penuh. Setiap daerah kota di Jawa Timur telah memiliki angkutan kota atau angkot dan didaerah pedesaan juga memiliki angkutan pedesaan atau angkudes. Sedangkan taksi dapat dijumpai disejumlah daerah seperti Surabaya, Gresik, Madiun, Kediri dan Malang.

Transportasi darat lainnya kereta api yang sudah dibangun sejak zaman Belanja. Jalur kereta api ini terdiri dari jalur utara, tengah, lingkar selatan, serta jalur timur. Transportasi laut dapat melali pelabuhan internasional Tanjung Perak Surabaya dan pelabuhan pendukung lainnya. Sedangkan jalur udara dapat melalui bandara

Kuliner

Makanan khas dari daerah Jawa Timur adalah rujak petis dan rawon. Setiap daerah di Jawa Timur juga memiliki makanan khas tersendiri seperti daerah Surabaya dengan khas masakan rjak cingur, lontong balap dan semanggi. Lalu gresik dengan nasi krawu dan otak-otak bandeng dan masih banyak lagi.

Pariwisata

Sejumlah pariwisata terkenal maupun tidak terlalu terkenal dapat dinikmati sebagai objek wisata di Jawa Timur. Contohnya seperti wisata religi ziarah wali, gunung bromo, pantai-pantai di Pacitan, ragam wisata goa, museum dan masih banyak lagi.

Dolaners tercinta, tak perlu bingung untuk mengunjungi Jawa Timur karena banyak hal menarik disini dari kulinernya maupun pariwisatanya. Jadi, Dolaners sebaiknya menyempatkan waktu berkunjung ke daerah Jawa Timur.