Sulawesi Selatan

Mengulas tentang adat dan budaya masyarakat Indonesia seolah tak akan pernah bisa habis. Hal ini karena Indonesia menyimpan beragam budaya di berbagai wilayahnya yang menarik untuk diulas, salah satunya adalah kebudayaan di Sulawesi Selatan. Sulsel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ibu kotanya bernama Makassar. Provinsi yang satu ini menyimpan beragam budaya yang layak untuk dieksplorasi seperti rumah adat, pakaian adat, tari-tarian khas, senjata tradisional, bahasa Daerah, serta lagu asli Sulawesi Selatan.

Rumah dan Pakaian Adat

Sebelum Dolaners berkunjung ke wilayah Sulawesi Selatan, Dolaners tentu harus paham tentang adat budaya masyarakat Sulsel. Untuk rumah adat, Sulawesi Selatan memiliki sebuah rumah adat yang disebut Tongkonan. Tempat yang satu ini merupakan rumah adat masyarakat Toraja. Adapun kolong rumah yang ada di bawah rumah adat tersebut biasa digunakan untuk kandang. Sedangkan untuk pakaian adat, masyarakat Sulawesi Selatan memiliki pakaian adat yang berbeda antara pria dan wanita. Untuk pria, terdiri dari penutup kepala, baju bella dada, sarung (atau yang sering disebut masyarakat sebagai tope), keris yang terbungkus emas, serta gelang khas Sulsel yang disebut pottonaga. Sedangkan untuk wanita, biasanya memakai ikat kepala, tope, baju lengan pendek, ikat pinggang, serta berbagai perhiasan lainnya.

Tarian dan Senjata Tradisional

Untuk tari-tarian, masyarakat Sulawesi Selatan memiliki tarian khas yakni tari kipas, tari Basaro, dan tari Bo’da. Ketika tarian ini memiliki makna yang mendalam jika sehingga sangat cocok untuk dieksplorasi oleh Dolaners. Sedangkan untuk senjata tradisional, Badik merupakan senjata asli masyarakat Sulawesi Selatan yang hingga saat ini masih digunakan.

Suku, Bahasa, dan Lagu Daerah

Suku yang mendiami Provinsi Sulawesi Selatan cukup banyak di antaranya adalah suku Bugis, Mandar, Makassar, dan Toraja. Untuk bahasa, masyarakat menggunakan bahasa yang berbeda-beda seperti bahasa Makassar, Toraja, Bugis, dan Mandar. Sedangkan untuk lagu khas, ada beberapa lagu yang bisa didengarkan seperti Angin Mamiri, Marencong, dan Pakarena. Itulah beberapa kekayaan budaya yang terdapat di Sulawesi Selatan. Jika Dolaners berkunjung ke sana, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa rumah adat yang hingga saat ini masih dijaga dengan baik.