Yogyakarta

Setiap daerah pasti memiliki kebudayaan yang khas begitu juga Provinsi Yogyakarta sampai penghuni dan para wisatawan memberi gelar sebagai kota Budaya, disamping gelar yang disandang Provinsi Yogyakarta seperti: kota pelajar, kota gudeg dan masih banyak lagi. Penasaran bukan kebudayaan apa saja yang membuat Provinsi Yogyakarta semakin tersohor dan semakin lama semakin memikat para wisatawa. Adapun kebudayaan serta kesenian yang masih dilestarikan masyarakat Provinsi Yogyakarta antara lain:

  • Keseniaan wayang
    Kesenian wayang dengan diiringi lantunan lagu dari para sinden dan berbagai music mulai dari gemelan, gong, kenong dll membuat wayang semakin digemari masyarakat Jawa bahkan wisatawan asing. Kebudayaan berupa kesenian wayang yang masih lestari ini alurnya sangat bagus karena banyak mengandung pelajaran yang bisa dijadikan tuntunan dalam hidup bermasyarakat.
  • Sendratari bertajuk Ramayana
    Kebudayaan Provinsi Yogyakarta ini menceritakan tokoh yang berperilaku baik dengan tokoh Ramayana yang bertarung dengan tokoh yang berperilaku jahat yang diperankan oleh Rahwana. Sendratari bertajuk Ramayana ini biasanya digelar di Candi Prambanan dengan panggung terbuka.
  • Kesenian karawitan
    Kebudayaan khas Provinsi Yogyakarta ini merupakan sebuah kesenian yang diramaikan oleh lantunan tembang dari Wiraswara dan Waranggono dengan iringan music tradisional berupa gemelan yang dimainkan oleh satu orang kelompok yang disebut Wiyaga. Kesenian ini masih sangat lestari bahkan di Keraton Yogyakarta juga sering diadakan pementasan.
  • Kain Batik
    Provinsi merupakan salah satu kota penghasil batik di Indonesia selain kota Pekalongan dan Solo. Hingga kini batik Provinsi masih memikat untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan bahkan masyarakat Provinsi Yogyakarta sendiri sangat bangga mengenakan batik khas Provinsi Yogyakarta. Ada tiga jenis batik hasil kerajinan Provinsi Yogyakarta antara lain:
    • Batik lukis merupakan proses produksi kain batik menggunakan teknik yang secara langsung diaplikasikan pada sebuah kain berwarna putih.
    • Batik cap merupakan batik yang berasal dari sebuah kain yang berhiaskan corak batik dengan tekstur yang dibuat dengan dicap menggunakan alat dari tembaga dan bisa dibuat dalam waktu 2 hingga 3 hari.
    • Batik tulis merupakan batik yang berasal dari sebuah kain yang berhiaskan corak batik dengan tekstur yang langsung dibuat dengan tangan serta memakan waktu sangat lama sekitar 2 hingga 3 bulan.
    • Kesenian tari
      Tarian khas Provinsi Yogyakarta antara lain: Tari Bedaya, Tari Serimpi, Tari Merak, Tari Beksan Nirbaya, Tari Beksan Lawung Ageng.
    • Rumah Adat Bangsal Kencono di Keraton Yogyakarta
      Kebudayaan khas ini merupakan bangunan berbentuk pendopo yang didepannya berdiri dua buah patung raksasa yang memegang alat pemukul / Gupolo dengan cirri khas halaman yang cukup luas disertai sangkar burung dan dihiasi beberapa tanaman.

Sebenarnya masih banyak kebudayaan Provinsi Yogyakarta yang bisa anda temukan hanya di Provinsi Yogyakarta. Jika anda penasaran mari kunjungi Provinsi Yogyakarta sekarang juga.