Siapa sih yang belum mendengar tentang Kota Yogyakarta atau lebih dikenal dengan kota Jogja ini, pastinya sudah bukan? Namun sudahkah kamu mengenal dan mengetahui tentang Kota Yogyakarta yang selalu dirindukan oleh setiap pengunjungnya ini? Nah, penting untuk diketahui sekilah tentang Jogja dari mulai sejarah, rute atau jalur masuk, masyarakat hingga kulinernya. Hal-hal tersebut sangatlah perlu diketahui agar kamu lebih mengenal tentang Kota Yogyakarta ini.

Jalur Masuk

Untuk dapat menjamah tanah Jogja ini kamu dapat melakukannya melalui penerbangan domestik maupun Internasional. Terdapat pula sebuah stasiun yang dekat dengan jalan malioboro yaitu stasiun kereta tugu. Setiap harinya, stasiun ini memiliki kereta yang cepat dan murah dari daerah Jawa kedaerah lainnya. Selain itu, terdapat pula pelayanan kereta yang cepat dari Surabaya dan Jakarta. Banyak pula bus yang beroperasi ke candi prambanan dan candi borobudur secara berkala. Yang tidak kalah unik, disana juga ada banyak motor dan sepeda yang disewakan dengan harga yang relatif murah.

Masyarakat

Masyarakat di Kota Yogyakarta terkenal dengan sopan santun dan keramahannya. Jikalau kamu menunjukkan adab yang sopan santu dengan mereka maka kamu akan diterima oleh masyarakatnya. Kota Yogyakarta ini merupakan kota yang damai apabila dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Akan tetapi penduduk kota jogja ini kebanyakan merupakan pendatang yang sekedar berwisata, berlibur, bekerja dan menjadi pelajar. Jadi masyarakat yang mendominasi sangatlah beraneka ragam pula.

Kuliner

Kota yang selalu dirindukan ini menyuguhkan banyak kuliner yang nikmat. Contohnya seperti wingko babat, bakpia, enting-enting kacang, yangko dan masih banyak lagi, namun yang paling terkenal dari Kota Yogyakarta adalah gudeg yang juga merupakan makanan khas andalan dari Jogja ini. Gudeg adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar nangka muda yang dikombinasikan dengan bumbu-bumbu tradional. Gudeg ini terkadang juga dicampur dengan ayam dan telur dan ketika menghidangkannya akan lebih nikmat jika ditambah dengan kulit sapi yang dimasak hingga empuk lalu dimakan bersama dengan nasi. Karena masakan ini adalah masakan khas Kota Yogyakarta maka tak sedikit restoran yang menjual dan menjadikan gudeg ini sebagai menu utamanya.

Kota Yogyakarta yang hangat dengan suasana budaya dan alam yang indah. Pastikan kamu tertarik dan segera mengunjunginya karena tentu saja jika kamu mengunjunginya kamu akan merindukan kota pelajar yang damai ini.