Lagi Main ke Medan? 9 Wisata Alam Menakjubkan ini Pantang Dolaners Lewatkan!

Medan merupakan sebuah kota di bangian barat Indonesia. Kota ini terkenal dengan masyarakatnya yang masih sangat menjunjung tinggi nilai nilai kebudayaan leluhur. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kota yang terkenal dengan bahasa bataknya ini telah menjadi jujugan bagi para Dolaners. Tak hanya terkenal dengan ragam kebudayaannya saja, Kota Medan juga menyimpan sejuta pariwisata yang pastinya akan membuat siapa saja yang melihat merasa takjub. Jika Dolaners sedang berwisata ke Medan, 9 Wisata Alam ini wajib untuk dikunjungi!

1. Sebuah air tejun di atas bukit yang indah, Air Terjun Sipiso Piso

Sipiso Piso merupakan nama dari salah satu air terjun yang ada di Kota Medan. Air Terjun Sipiso Piso ini tergolong air terjun yang tinggi. Bagaimana tidak ketinggian air terjunnya mencapai 120 meter. Air terjun yang berada di Medan ini terletak di atas bukit. Sebelum Dolaners melihat Air Terjun Sipiso-Piso ini dari dekat, Dolaners bisa berkunjung terlebih dahulu ke gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Dolaners akan melihat hamparan keindahan Tanah Karo, Medan. Dari gardu pandang ini juga, Dolaners dapat menikmati keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Air Terjun Sipiso Piso Air Terjun Sipiso Piso - Dolan Dolen

Air Terjun Sipiso Piso via jayanjayan.com

Dengan perpaduan hijaunya pepohonan pinus yang rimbun dan suara gemuruh air terjun, membuat suasana hati dan pikiran Dolaners terasa damai dan tenteram.

Alamat :
Tongging, Merek, Karo, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Jam Buka :
06.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

2. Pulau Samosir, pulau cantik di atas air

Sebuah keajaiban yang diberikan Tuhan kepada alam Kota Medan. Sebuah pulau cantik yang terletak di tengah danau. Pulau Samosir namanya. Meski terletak di tengah danau, namun pulau ini berpenghuni dan terdapat aktivitas seperti yang ada di kota kota besar pada umunya. Banyak sekali situs-situs bersejarah yang dapat Dolaners kunjungi dan pelajari di Pulau Samosir ini, dan semua situs bersejarah tersebut akan memberikan pengetahuan baru mengenai sejarah tentang suku Batak bagi Dolaners.

Pulau Samosir Pulau Samosir - Dolan Dolen

Pulau Samosir via 1001wisata.com

Selain itu Dolaners juga dapat mengunjungi lokasi wisata danau Sidihoni dan Aek Natonang yang merupakan dua buah danau kecil yang terdapat didesa Pangururan, serta air terjun Batu Sawan yang mempunyai rasa seperti air perasan jeruk purut. Disamping itu, luangkan waktu Dolaners untuk berkunjung ke Pusuk Buhit yang terkenal dengan tujuh mata airnya.

Alamat :
Pulau Samosir, Sumatera Utara – Indonesia

Lihat Detail

 

3. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, tempat berendam para raja

Jika Bandung punya Kawah Putih Ciwidey, Medan juga tak mau kalah. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja merupakan sebuah wisata alam kepunyaan Medan yang keindahannya tak bisa diungkap dengan kata kata. Ada dua tempat yang bisa Dolaners kunjungi di area obyek wisata Kawah Putih Tinggi Raja ini. Yang pertama adalah bukit kapur yang dilalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang mata, ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut yang dilewati air panas menjadikan bebatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan. Aliran air panas yang melalui semak-semak pepohonan yang mengering dan berkumpul menjadi satu membentuk sebuah danau yang berwarna biru kehijauan yang amat cantik.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja Kawah Putih Dolok Tinggi Raja - Dolan Dolen

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja via taniameliala.wordpress.com

Tempat kedua berada di bawah tebing. Disini Dolaners bisa menikmati atau bermandi air. Terdapat sebuah aliran sungai yang sejuk dan air terjun yang mengalir dari bukit di atas menjadikan tempat ini tujuan berendam.

Alamat :
Dolok Marawa, Silau Kahean, Simalungun, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Danau Toba, danau terbesar di Indonesia

Danau Toba meupakan danau terbesar yang ada di Indonesia. Disini Dolaners bisa menikmati keindahan alam danau dengan tambahan pulau cantik di tengahnya. Uniknya pulau tersebut berpenghuni dan terdapat aktivitas masyarakat Medan pada umumnya. Jika Dolaners berada di Samosir, gunakan waktu untuk menjelajahi pulau dengan mengendarai mobil di sekitar tepi pulau. Sewalah motor untuk menjalajahi bagian tempat yang indah ini sambil rasakan hembusan angin yang sejuk. Meskipun jalannya tidak beraspal dan berliku-liku, jalanan ini memberikan pemandangan danau yang spektakuler dari puncak tertinggi pulau.

Danau Toba Danau Toba - Dolan Dolen

Danau Toba via maritim.go.id

Jika Dolaners menginap di Tuk Tuk maka cara tebaik untuk menghabuskan waktu adalah dengan berjalan kaki santai menuruni jalan sambil melihat pemandangan alam yang elok. Dua Tempat yang menjadi favorit saat sedang berada di kawasan Wisata ini adalah Balige dan Brastagi.

Alamat :
Danau Toba, Medan, Sumatera utara – Indonesia

Lihat Detail

 

5. Danau Linting sebuah danau vulkanik yang cantik

Medan Sumatera Utara tak hanya memiliki danau toba yang sudah tersohor akan keindahannya, tapi juga memiliki Danau Linting. Sebuah danau yang tak kalah cantik dengan warna biru tosca yang memanjakan mata Dolaners. Ketika memasuki kawasan Danau Vulkanik Linting ini, Dolaners langsung disuguhi oleh indahnya pemandangan danau dan pepohonan di sekitarnya.

Danau Linting Danau Linting - Dolan Dolen

Danau Linting via wisatasumutpaten.com

Tidak jauh dari lokasi Danau Linting, terdapat dua gua alam yang masih alami. Dolaners bisa menikmati goa yang dikelola oleh masyarakat perorangan di Medan ini dengan tarif Rp. 2.000 jika memasuki areal goa, dan Rp. 5.000 untuk masuk ke dalam goa.

Alamat :
Rumah Rih Sinembah Tj. Muda Hulu, Deli Serdang, Sumatera Utara – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

6. Air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Ketinggian air terjun ini mengalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) yang berada di Jawa Timur. Jika dilihat dari kejauhan, Air Terjun Sigura-Gura ini sungguh menakjubkan. Ketinggian air terjun yang luar biasa menjadikan suara dentuman air terjun yang jatuh terdengar begitu jelas. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba.

Air Terjun Sigura-gura Air Terjun Sigura gura - Dolan Dolen

Air Terjun Sigura-gura via indahnya-ibupertiwi.blogspot.co.id

Sungai sungai tempat aliran air terjun Sigura gura juga kerap dijadikan tempat untuk ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah nasional dan internasional. Menjadi salah satu destinasi alam favorit yang ada di Medan.

Alamat :
Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara – Indonesia

 

7. Naik naik ke puncak gunung, Wisata Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung aktif yang berada di kawasan Sumatera Utara. Seperti kebanyakan wisata gunung pada umumnya, di Wisata Gunung Sibayak ini Dolaners bisa meyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak gunung. Selain keindahan pemandangan puncaknya, aliran air dari sela-sela batuan gunung akan sangat menyegarkan Dolaners. Penduduk banyak yang memanfaatkannya sebagai sumber air minum. Air nya dingin dan sangat jernih. Terlepas dari kawasan puncak, Gunung Sibayak masih menyimpan kemegahannya.

Wisata Gunung Sibayak Wisata Gunung Sibayak - Dolan Dolen

Wisata Gunung Sibayak via dvinugspt.wordpress.com

Kawasan lainnya yang sering dijadikan objek berfoto bagi para pendaki adalah kawah Gunung Sibayak. Di dalam kawah ini terletak batu cadas dengan kawah belerang seluas 40.000 meter. Kandungan solfatara membuatnya tak berhenti menyemburkan uap panas. Bagian yang landainya dapat dijadikan tempat Dolaners untuk beristirahat sejenak di dalam tenda.

Alamat :
Jaranguda Merdeka, Karo, Sumatera Utara – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

Lihat Detail

 

8. Bukit Lawang yang menyimpan sejuta flora dan fauna

Bukit Lawang merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Bukit ini terletak di kaki gunung Leuser. Jika mendengar kata gunung Leuser, pasti yang ada di benak Dolaners adalah hewan primata lucu berupa orang hutan yang menjadi penghuni tetapnya. Namun Bukit Lawang tidak hanya terkenal karena adanya pusat rehabilitasi orang utan, tapi juga merupakan tempat pelestarian beberapa flora dan fauna yang dilindungi. Badak, gajah, dan harimau adalah hewan-hewan yang menghuni hutan di Bukit Lawang. Flora yang terkenal adalah bunga Rafflesia Arnoldi, yang diameternya dapat mencapai tiga meter.

Bukit Lawang Bukit Lawang Medan - Dolan Dolen

Bukit Lawang via topindonesiaholidays.com

Yang tak kalah menarik adalah wisata Tubing. Karena lokasi Bukit Lawang yang dekat dengan arus sungai Bahorok, dan arus sungai yang deras, wisata ini cocok untuk Dolaners yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin. Dengan biaya yang terjangkau, Dolaners dapat menyewa ban dan satu orang pemandu untuk wisata ini.

Alamat :
Kec. Baharok, Kab. Langkat, Sumatera Utara – Indonesia

 

9. Permata di dalam hutan, Air Terjun Dwi Warna Sibolangit

Di dalam lebatnya hutan sibolangit ternyata tersembunyi keajaiban alam yang menakjubkan. Air Terjun Dwi Warna, disebut demikian karena memang mempunyai dua warna. Yakni jernihnya air yang terjun dari ketinggian, namun begitu sampai di dasar, kumpulan air tersebut seakan membentuk menjadi kolam berwarna biru muda. Bermain air merupakan salah satu cara untuk menikmati segar dan dinginnya Air Terjun Dua Warna. Untuk itu, bagi Dolaners yang ingin melakukan kegiatan tersebut sebaiknya membawa beberapa perlengkapan atau pakaian ganti.

Air Terjun Dwi Warna Sibolangit Air Terjun Dwi Warna Sibolangit - Dolan Dolen

Air Terjun Dwi Warna Sibolangit via mhdharis.wordpress.com

Tidak ketinggalan, Dolaners juga bisa menyalurkan hoby fotografi Dolaners karena tentu saja disini terdapat banyak spot menarik untuk diabadikan.

Alamat :
Sibolangit, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 25.000,-

Lihat Detail

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.